Istri Pria yang Injak Al-Qur'an di Sukabumi Turut Jadi Tersangka!

Istri Pria yang Injak Al-Qur'an di Sukabumi Turut Jadi Tersangka!

Siti Fatimah - detikJabar
Kamis, 05 Mei 2022 21:42 WIB
CER (25) dan SL (25), suami istri di Sukabumi yang buat geger lewat konten injak kitab suci Al-Quran
CER (25) dan SL (25), suami istri di Sukabumi yang buat geger lewat konten injak kitab suci Al-Qur'an (Foto: Siti Fatimah/detikJabar)
Sukabumi -

CER (25), warga Sukabumi yang viral karena menantang dan menginjak Al-Qur'an, ditangkap Polres Sukabumi Kota. Dia ditangkap bersama istrinya berinisial SL (25) di daerah Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi.

"Keduanya merupakan pasangan suami istri yang terikat dengan pernikahan siri secara agama sejak 2016. Keduanya dapat kami amankan tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB di bilangan Warung Kiara," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin di Mapolres, Kamis (5/5/2022) malam.

Dia mengatakan, perkara itu diawali dengan pembuatan video viral di media sosial. Dalam video tersebut, terdapat seorang laki-laki, yaitu CER, yang melakukan penodaan agama dengan mengeluarkan kata-kata menantang seluruh umat Islam dan menginjak kitab suci Al-Qur'an.


"Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, terduga tersangka dapat kami amankan. Perlu saya sampaikan pada malam hari ini bahwa kedua tersangka suami dan istri beragama Islam," ujarnya.

Konten Injak Al-Qur'an Diunggah Istri

Berdasarkan hasil penyidikan, aksi itu dilatarbelakangi oleh kondisi tidak harmonisnya hubungan pasutri tersebut. "Si suami sering meninggalkan istrinya dalam kurun waktu yang cukup lama tanpa ada alasan yang jelas. Istri merasa kesal atas tindakan tersebut," ujarnya.

Dia menegaskan, keduanya beragam Islam namun mereka mengaku pemahaman terhadap agama masih cukup dangkal. Pada Rabu (4/5), si istri, yang memiliki akses ke media sosial suaminya, memposting video tersebut karena merasa kesal dan sempat terlibat cekcok saat sedang liburan ke Palabuhanratu.

Dari tangan kedua terduga, pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu unit smartphone Android dan potongan gambar video viral. Keduanya saat ini dalam penanganan Satreskrim Polres Sukabumi Kota.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video berdurasi 14 detik viral dan ramai diperbincangkan. Dilihat dari video yang beredar, seorang pria mengaku bernama Dika Eka mengenakan kaus dan celana biru. Dia menarasikan dirinya menantang seluruh umat beragama Islam dan kemudian menginjak Al-Qur'an.

"Saya atas nama Dika Eka dengan sadar, saya tantang semua yang beragama muslim," ucap pria tersebut.

Berbagai pihak mengecam tindakan tersebut. Di antaranya datang dari Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, dan warga yang beragama Islam.

(bbn/yum)