Ucang-ucang Angge: Lirik Lagu, Arti, dan Cara Bermainnya

Ucang-ucang Angge: Lirik Lagu, Arti, dan Cara Bermainnya

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Selasa, 13 Sep 2022 11:51 WIB
Permainan tradisional anak, Ucang-ucang Angge
Foto: Jurnal Imajeri, Setiadi & Firdaus (2019) UMS. Permainan tradisional anak, Ucang-ucang Angge
Bandung -

Detikers tahu permainan Ucang-Ucang Angge? Ialah salah satu nama lagu permainan anak-anak. Lagu ini dilantunkan saat seorang anak sedang seolah bermain kuda-kudaan di kaki orang dewasa, misalnya orangtua atau kakaknya.

Permainan anak Ucang-ucang Angge menjadi warisan turun-menurun yang juga berkembang di daerah lain dengan ciri khas masing-masing. Bisa dikatakan, permainan ini hampir punah sebab semakin ditinggalkan.

Ucang-ucang Angge merupakan permainan yang pada umumnya dilakukan oleh orang tua bersama anaknya. Permainan ini biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang sambil mengasuh anaknya.


Selain itu, permainan ini mampu membuat anak kecil tertawa terbahak-bahak dan merasa keasyikan. Cara ini juga ampuh agar anak tidak rewel dan menjadi cara menjalin hubungan batin dengan anak.

Ucang-ucang Anggé merupakan permainan yang dinyanyikan oleh seorang anak sambil ucang-ucangan, atau mengayunkan kedua kaki sembari duduk di kursi atau golodog. Kakinya diayun-ayunkan ke depan ke belakang beberapa kali.

Dilansir dari laman Warisan Budaya Tak Benda Kemdikbud, permainannya dilakukan dengan cara seseorang duduk di tempat yang lebih tinggi, misalnya di atas kursi atau ranjang dengan kedua kakinya tergantung di atas lantai. Bisa juga dengan cara tiduran seperti pada gambar di atas. Berikut cara mainnya:

1. Pada permainan Ucang-ucang Angge ini, orang tua akan bertindak sebagai pengayun dan si anak sebagai yang diayun.

2. Orang tua berbaring dengan mengangkat kedua kaki yang ditekuk pada lutut, sedangkan posisi kaki dirapatkan.

3. Anak kemudian duduk di kaki orang tua yang sudah dirapatkan itu. Dudukkan di atas kedua punggung kaki, sedangkan kedua tangannya dipegang oleh si orang tua atau kakaknya.

4. Setelah posisi anak nyaman, orang tua akan mengayun anaknya naik turun sambil mendendangkan syair lagu anak Ucang-ucang Angge. Lagu boleh dinyanyikan bersamaan, atau satu sama lain saling bergantian.

5. Di akhir gerakan, si Ibu meninggikan nada pada larik 'Ari gog...gog cungungung' sembari menaikkan ayunan sehingga si anak meninggi dalam ayunan si Ibu. Gerakan terakhir ini dilakukan berulang kali, bisa sampai tiga kali atau hingga si pengayun lelah.

Ucang-ucang angge dapat juga dilakukan dengan si orang tua tidur telentang dengan kedua kaki diangkat ke atas, kemudian si anak naik dan duduk di ujung kaki yang terangkat seolah sedang naik di atas pelana kuda.

Jika sambil berbaring, wajah pengayun biasanya saling berhadapan dengan posisi si anak. Sehingga yang menjadi kudanya di bawah, dan kedua tangan si anak dipegang dari bawah.

Pada lirik 'ari gog gog cungungu', gerakan kaki diangkat lebih tinggi. Waktu kaki diturunkan, dekatkan wajah anak pada wajah si pengayun. Biasanya anak akan tertawa riang.

Dalam jurnal Teks Permainan Anak Ucang-ucang Angge: Analisis Struktur dan Konteks Penuturan oleh David Setiadi dan Asep Firdaus, dijelaskan bahwa berdasar konteks penuturan, permainan anak Ucang-ucang Angge merupakan permainan yang ingin menanamkan nilai-nilai kebersamaan antara orang tua dan anak sejak dini.

Hal inilah yang jarang ditemukan dalam permainan masa kini yang cenderung pada sifat individualis. Kehadiran orang tua dapat terasa kasih sayangnya kepada anak sejak dini. Artinya selain berfungsi sebagai pola asuh, permainan ini dapat pula dijadikan sebagai model pendidikan kasih sayang orang tua kepada anak.

Permainan ini terlaksana melalui perpaduan antara lagu dengan gerakan. Berikut lirik lagu Uncang-uncang Angge beserta artinya. Pada lirik 'Uncang-uncang angge merupakan tanda gerakan harus dimulai, kemudian 'Ari gog, gog cungungung' sebagai tiruan gonggongan anjing.

Lirik Lagu Ucang-ucang Angge

Ucang-ucang angge
mulung muncang ka parangge
Digog-gog ku anjing gede
Anjing gede nu pa lebe
Ari gog, gog cungungung
Ari gog, gog cungungung

Artinya:
Ucang-ucang angge
Mengambil kemiri ke Parangge
Digong-gong Anjing Besar
Anjing Besar milik Pa Lebe
Ari gog, gog bersenandung
Ari gog, gog bersenandung

Nah detikers, itulah tadi penjelasan lengkap seputar permainan tradisional Uncang-uncang Angge. Apakah kamu bisa memainkannya? Mari kita lestarikan permainan tradisional agar terjaga eksistensinya.



Simak Video "Lestarikan Permainan Tradisional dengan Membuat Layangan"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/aau)