17 Gedung Tertinggi di Dunia yang Desainnya Menakjubkan

17 Gedung Tertinggi di Dunia yang Desainnya Menakjubkan

Rully Desthian Pahlephi - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 15:20 WIB
Burj Khalifa dikenal sebagai bangunan ikonik yang ada di Dubai. Gedung tertinggi di dunia itu dibuka pada tanggal 4 Januari 2004, tepat 12 tahun lalu.
Foto: Getty Images

Banyak gedung tertinggi di dunia yang sekarang berhasil menjadi ikon suatu negara dan berhasil menarik wisatawan untuk berkunjung. Hal ini bisa terjadi karena banyak orang yang ingin melihat secara langsung gedung yang menjulang begitu tinggi.

Gedung-gedung yang menjulang ini tersebar di seluruh dunia, mulai dari Eropa, Amerika, Asia, hingga daerah Timur Tengah. Selain punya daya tarik berupa tinggi yang menjulang, gedung-gedung ini juga punya desain yang menakjubkan.

Kalau kamu suka dengan pemandangan gedung pencakar langit, maka kamu harus mengunjungi gedung-gedung tertinggi di dunia. Berikut ini adalah daftar 17 gedung tertinggi di dunia sampai saat ini.


Daftar Gedung Tertinggi di Dunia

A panoramic view of the Dubai city skyline with the Burj Khalifa shown in the center.  The Burj Khalifa is the tallest building in the world.Foto: iStock

1. Burj Khalifa

Saat ini, Burj Khalifa masih memegang predikat sebagai gedung tertinggi di dunia. Burj Khalifa yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab ini memiliki tinggi yang menjulang hingga 828 meter dan di dalamnya terdapat 163 lantai.

Waktu yang dibutuhkan untuk membangun gedung tertinggi ini adalah selama enam tahun, yaitu dari 2004-2010. Biaya pembangunannya pun sangat fantastis, yaitu US$ 1,5 miliar yang setara dengan Rp 22 triliun (asumsi kurs Rp 14.700).

Shanghai Tower sunsetShanghai Tower sunset. Foto: AFP

2. Shanghai Tower

Urutan kedua sebagai gedung tertinggi di dunia ditempati oleh Shanghai Tower. Sesuai dengan namanya, gedung ini terletak di kota Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok.

Gedung yang memiliki 128 lantai ini berfungsi sebagai kantor, hotel, dan juga tempat wisata. Shanghai Tower dibangun pada tahun 2009 hingga 2015 dan memakan biaya sebanyak Rp 17,4 triliun.

photo of Abraj Al Bait (Royal Clock Tower Makkah) and Umrah pilgrims at the Grand Mosque. makkah, saudi arabia 14 august 2019Foto: iStock

3. Makkah Royal Clock Tower

Bagi kamu yang pernah mengunjungi kota Mekkah, pasti pernah melihat gedung yang satu ini. Makkah Royal Clock Tower memiliki tinggi 601 meter dan terletak di Mekkah, Arab Saudi.

Gedung ini dibangun pada tahun 2015 dan menelan biaya yang sangat besar, sekitar Rp215,5 triliun. Makkah Royal Clock tower yang terlihat begitu mewah ini juga merupakan menara dengan jam tertinggi di dunia.

4. Ping An Finance Center

Posisi keempat sebagai gedung tertinggi di dunia adalah Ping An Finance Center. Gedung yang terletak di kota Shenzhen ini memiliki tinggi hingga 598 meter.

Ping An Finance Center didirikan pada tahun 2010 hingga 2017 dan memakan biaya sebanyak Rp 21,6 triliun. Gedung ini memiliki fungsi sebagai kantor, hotel, pusat perbelanjaan, hingga pusat konferensi.

Seoul, South Korea - September 8, 2017: Lotte World Tower in Seoul, South Korea. It is the 5th tallest building in the world.Foto: iStock

5. Lotte World Tower

Benua Asia lagi-lagi menyumbang gedung tertinggi di dunia. Kali ini berada di negara Korea Selatan, dengan Lotte World Tower yang memiliki tinggi 554 meter.

Gedung ini memiliki bentuk arsitektur yang menarik karena memiliki desain yang melengkung. Lotte World Tower selesai dibangun pada tahun 2017 dan menelan biaya hingga Rp 47,6 triliun.

JERSEY CITY, NJ - JUNE 14: The full Strawberry Supermoon rises behind lower Manhattan and One World Trade Center in New York City on June 14, 2022, as seen from Jersey City, New Jersey.  (Photo by Gary Hershorn/Getty Images)Foto: Getty Images/Gary Hershorn

6. One World Trade Center

Gedung yang satu ini berlokasi di New York, Amerika Serikat. Memiliki tinggi 541 meter merupakan gedung tertinggi keenam di dunia sekaligus gedung tertinggi di Amerika.

Gedung ini berfungsi sebagai kantor untuk beberapa perusahaan. Bangunan yang juga terkenal dengan sebutan gedung WTC ini menelan biaya sebesar US$ 3,9 miliar atau setara dengan Rp 47,8 triliun.

7. Guangzhou CTF Finance Centre

Urutan ketujuh dalam kategori gedung tertinggi di dunia ditempati oleh Guangzhou CTF Finance Centre. Gedung ini terletak di Guangzhou dan memakan waktu hingga enam tahun dalam proses pembangunannya, yaitu sejak 2010-2016.

Gedung pencakar langit ini memiliki tinggi 530 meter dan terdapat 111 lantai di atas tanah dan 5 lantai di bawah tanah. Guangzhou CTF Finance Centre memerlukan biaya sebesar Rp 21,7 triliun dalam proses pembangunannya.

Tianjin CTF Finance CenterFoto: Seth Powers

8. Tianjin CTF Finance Centre

Daftar selanjutnya dari gedung tertinggi di dunia adalah Tianjin CTF Finance Centre. Gedung ini memiliki tinggi hingga 530 meter. Di dalamnya terdapat hotel, apartemen dan juga kantor.

Tianjin CTF Finance Centre membutuhkan waktu 6 tahun dalam proses pembangunannya, yaitu antara tahun 2013-2019. Tianjin CTF Finance Centre memerlukan biaya sebesar 8 miliar Yuan atau setara lebih dari Rp 17 triliun (asumsi kurs Rp 2.177).

9. CITIC Tower

Menara ini berlokasi di Beijing dan memiliki tinggi hingga 527 meter. Bangunan ini juga terkenal dengan nama China Zun dan merupakan gedung tertinggi di Ibu kota Tiongkok.

CITIC Tower memiliki 109 lantai di atas permukaan tanah dan juga 8 lantai di bawah tanah. Gedung ini menghabiskan biaya sebesar Rp 54,3 triliun dan menghabiskan waktu selama 5 tahun untuk membangunnya.

gedungFoto: Kurnia/detikTravel

10. Taipei 101

Gedung Taipei 101 terletak di Taiwan yang awalnya memiliki nama Taipei World Financial Center. Gedung ini memiliki tinggi sekitar 503 meter dan menempati urutan kesepuluh dalam kategori gedung tertinggi di dunia.

Taipei 101 memakan waktu empat tahun dalam proses konstruksinya, yaitu sejak 1999-2004. Proyek pembangunan gedung Taipei 101 menelan biaya sekitar Rp 27,8 triliun.

11. Shanghai World Financial Center

Posisi kesebelas dalam urutan gedung tertinggi di dunia ditempati oleh Shanghai World Financial Center. Gedung ini terletak di distrik Pudong, Shanghai, Tiongkok.

Gedung ini memiliki desain arsitektur yang sangat unik karena terdapat lubang di bagian atas gedung. Shanghai World Financial Center menelan biaya Rp 17,34 triliun.

12. International Commerce Center

Gedung ini berada di Hong Kong dan memiliki tinggi 484 meter. International Commerce Center memiliki fungsi sebagai hotel dan kantor.

International Commerce Center memiliki 108 lantai di atas tanah dan juga 8 lantai di bawah tanah. Konstruksi International Commerce Center dimulai pada tahun 2002 dan selesai di tahun 2010 serta menelan biaya sebesar Rp 53,33 triliun.

13. Central Park Tower

Gedung ini terletak di kawasan elite Billionaire's Row, New York, Amerika Serikat. Central Park Tower memiliki tinggi yang menjulang yaitu 472 meter.

Central Park Tower merupakan gedung yang digunakan untuk tempat tinggal yang menawarkan kondominium yang mewah. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 2020 dan memiliki 98 lantai di atas tanah dan 4 lantai di bawah tanah.

Lakhta CenterFoto: GORPROJECT

14. Lakhta Center

Gedung ini terletak di St. Petersburg, Rusia. Lakhta Center merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Rusia sekaligus Eropa dengan memiliki tinggi 462 meter dengan 87 lantai di atas tanah.

Lakhta Center dimanfaatkan sebagai kantor dari beberapa perusahaan di sana. Lakhta Center mulai dibangun pada tahun 2012 dan selesai tahun 2019 serta menelan biaya pembangunan sebesar Rp 25,58 triliun.

15. Vincom landmark 81

Vincom landmark 81 adalah gedung tertinggi di kawasan Asia Tenggara yang terletak di negara Vietnam. Sesuai dengan namanya, gedung ini memiliki 81 lantai dan menjulang setinggi 461 meter.

Gedung ini menawarkan pemandangan yang cantik karena di sebelahnya terdapat sungai Saigon. Vincom landmark 81 menelan biaya sebesar Rp 1,77 triliun dan memakan waktu 3 tahun untuk membangunnya.

16. Changsha IFS Tower T1

Posisi keenam belas dalam kategori gedung tertinggi di dunia ditempati oleh Changsha IFS Tower T1. Bangunan ini terletak di Harbour City, Hong Kong.

Di dalam Changsha IFS Tower T1, terdapat beberapa hotel dan kantor yang beroperasi di gedung ini. Gedung ini memiliki tinggi 452,1 meter yang dibangun pada tahun 2013 dan selesai pada tahun 2017.

Twin Towers PetronasFoto: Rahmayoga

17. Petronas Twin Tower

Menara ini merupakan ikon negara tetangga Malaysia. Petronas memiliki dua menara kembar dengan ketinggian yang sama, yaitu 451 meter.

Petronas Twin Tower memiliki daya tarik berupa gedung yang cantik serta sebuah jembatan yang menghubungkan kedua menara. Menara kembar ini sudah berdiri selama 24 tahun yaitu sejak 1998.

Nah, itu dia 17 gedung tertinggi di dunia saat ini. Bukan tidak mungkin, di masa depan akan ada gedung-gedung yang lebih tinggi lagi dari gedung yang ada sekarang.



Simak Video "2023 Masih Bisa Liburan"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)