30 Pertanyaan Saat Interview Kerja dan Tips Menjawabnya

Rully Desthian Pahlephi - detikJabar
Jumat, 05 Agu 2022 15:50 WIB
Two Business Colleagues With an Application Form Conducting an Interview at a Table
Foto: Thinkstock

Interview kerja adalah salah satu tahapan seleksi dalam penerimaan pegawai baru pada suatu perusahaan. Hal ini menjadi kesempatan kandidat untuk menunjukkan bahwa dia adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi dalam perusahaan tersebut.

Untuk sebagian orang, sesi interview kerja menjadi sesi yang menegangkan karena mesti berhadapan langsung dengan HRD atau user. Namun, ketegangan itu bisa kamu atasi kok dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkannya adalah dengan berlatih pertanyaan yang biasa dilontarkan. Nah, dalam artikel ini kamu bisa mempelajari 30 pertanyaan interview kerja serta tips untuk menjawabnya.


30 Contoh Pertanyaan Saat Interview Kerja

1. Coba Deskripsikan Dirimu!

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa mengawalinya dengan memberikan deskripsi tentang nama, usia, kota tempat tinggal, dan juga latar belakang pendidikanmu. Setelah itu, kamu juga bisa jelaskan tentang pengalaman kerja, magang, volunteer, lomba, dan pengalaman relevan lainnya.

Ini adalah saat yang tepat untuk menjelaskan dirimu dan mengapa kamu yang pantas untuk mengisi posisi yang kamu inginkan. Jangan lupa berikan kesan kalau kamu merasa antusias untuk bergabung dengan perusahaan.

2. Bisa Ceritakan tentang Keluargamu?

Jika pertanyaan ini muncul, kamu bisa menceritakan secara singkat tentang latar belakang keluargamu secara terpisah. Ceritakan tentang ayah, ibu, dan saudaramu beserta kegiatan mereka sehari-hari dan jangan lupa berikan kesan positif tentang keluargamu.

3. Mengapa Kamu Memilih Jurusan Itu?

Nah, pertanyaan ini mungkin akan muncul setelah kamu selesai memperkenalkan diri. Jawablah pertanyaan ini dengan alasan yang logis, jangan sampai kamu menjawabnya dengan jawaban yang buruk seperti "Tidak tahu" atau "Saya cuma ikut teman".

4. Prestasi Besar Apa yang Pernah Kamu Dapatkan Saat Kuliah?

Semua pertanyaan interview kerja harus kamu jawab dengan sejujur-jujurnya, termasuk pertanyaan ini. Ketahuilah kalau interviewer pasti mengenal gerak-gerik orang yang tidak berkata jujur karena mereka berpengalaman mewawancarai banyak sekali orang.

Jika punya prestasi, ceritakanlah prestasi itu dan sebisa mungkin berkaitan dengan posisi yang ingin kamu dapatkan. Jika tidak ada, sampaikan apa adanya lalu sambungkan dengan prestasi non-akademis yang kamu miliki dan yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan.

5. Bagaimana Caramu Membiayai Kuliah?

Pertanyaan interview kerja ini bisa kamu jawab dengan singkat saja. Cukup ceritakan tentang caramu membayar kuliah, baik itu melalui beasiswa, usaha sendiri, orang tua, dan sumber-sumber lainnya.

6. Berapa nilai IPK dan Bagaimana Perasaanmu dengan Nilai itu?

Katakanlah apa adanya dan jika perlu, sampaikan kalau kamu mensyukurinya dan kamu menginginkan prestasi yang lebih besar. Jika memuaskan, sampaikanlah rasa syukur dan jika kurang memuaskan sampaikanlah kalau kamu bertekad untuk berprestasi dalam karier kamu.

7. Apakah IPK bisa Jadi Standar untuk Menentukan Perekrutan Karyawan?

Yakinkanlah kepada interviewer kalau IPK bukanlah segalanya, tetapi kamu juga bisa sampaikan kalau IPK bisa jadi salah satu penilaian. Tunjukan pada interviewer, bahwa tindakan nyata selama bekerjalah yang akan menentukan kualitas kita.

8. Kegiatan Apa Saja yang Kamu Ikuti di Luar Perkuliahan?

Ceritakan kegiatan yang kamu lakukan, selain dari kegiatan yang ada di dalam kampus. Kamu perlu menceritakan apa yang kamu lakukan, serta jelaskan tentang pelajaran apa yang kamu dapatkan dari kegiatan di luar kampus yang kamu ikuti.

9. Apakah Kamu Aktif dalam Kegiatan Kampus?

Jika kamu aktif, ceritakanlah tentang nilai manfaat apa yang didapatkan dari kegiatan kampus dan hubungkan dengan posisi yang diincar. Jika tidak, katakanlah sejujurnya dan berikan alasan kalau kamu ingin lebih fokus di bidang lain. Jadi, jangan berikan jawaban bahwa kamu malas melakukan aktivitas di kampus.

10. Tolong Ceritakan Pengalaman Magang yang Kamu Ikuti, apa Saja yang Kamu Lakukan?

Jika kamu mendapatkan pertanyaan ini, maka ceritakanlah pengalamanmu semasa magang, ceritakan tentang pekerjaan yang kamu lakukan selama magang. Jawablah pertanyaan ini secara dengan lugas, padat, dan informatif.

Kamu juga bisa ceritakan tentang skill apa saja yang sudah dilatih selama periode magang. Pengalaman ini akan sangat membantumu, karena petimbangan pengalaman kerja merupakan salah satu pertimbangan utama recuiter.

11. Mengapa Ingin Bekerja di Sini?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus menunjukkan antusiasme yang kamu rasakan untuk bergabung dengan perusahaan yang kamu incar. Namun, jangan sampai berlebihan, jangan sampai memberikan kesan kalau kamu mengemis pekerjaan ini kepada interviewer.

12. Bagaimana Caramu Mengatasi Kritik?

Jawablah dengan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang dengan pikiran terbuka. Dengan begitu, akan menganggap kritik sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Di dunia kerja, kamu akan bekerja sama dengan banyak orang dan memang harus siap menghadapi kritik.

13. Kamu Lebih Suka Bekerja di Perusahaan Kecil, Sedang, atau Besar?

Kamu perlu menjawabnya sesuai dengan preferensi kamu. Jika kamu suka bekerja di perusahaan kecil atau sedang, maka bisa diceritakan tentang keakraban dan suasana yang mudah terbangun karena lingkungannya yang kecil.

Jika kamu prefer untuk bekerja di perusahaan yang besar, kamu bisa ceritakan tentang stabilitas yang bisa didapatkan dengan bekerja di perusahaan yang besar.

14. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Kejenuhan Kerja? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jawablah pertanyaan interview kerja ini dengan pengetahuanmu tentang faktor-faktor apa saja yang menyebabkan seseorang merasa jenuh dengan pekerjaannya. Setelah itu, jelaskanlah solusinya dan berikan kesan kalau kamu tetap berorientasi dalam prestasi kerja.

15. Apakah Kamu Seorang Pemimpin?

Kamu harus menjawabnya dengan mengatakan 'ya, saya adalah seorang pemimpin'. Hal ini penting karena jiwa kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, setidaknya kamu harus bisa menjadi pemimpin dari dirimu sendiri.

Lebih baik lagi jika kamu memiliki kemampuan untuk memimpin sebuah kelompok. Jiwa kepemimpinan yang kamu miliki akan sangat membantu untuk meraih posisi yang kamu inginkan.

16. Bisakah Kamu Bekerja Sama dengan Orang Lain? Atau Lebih Suka Bekerja Sendiri?

Pertanyaan interview yang satu ini perlu kamu jawab dengan bisa bekerja dengan kedua situasi tersebut. Ceritakan tentang caramu bekerja sama dengan orang lain dan caramu ketika bekerja sendirian.

17. Bagaimana Caramu Menangani Konflik dalam Kelompok?

Cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan menyampaikan bahwa kamu memahami kalau komunikasi adalah salah satu kunci kesuksesan dalam karier. Ceritakan tentang pendekatan komunikasi yang akan kamu lakukan untuk menangani permasalahan dalam kelompok.

18. Berapa Lama Kamu akan Bekerja Bersama Kami?

Sampaikanlah bahwa kamu akan bekerja bersama mereka selama kamu bisa memberikan kontribusi dan prestasi terbaikmu. Untuk itu, jika sudah diberikan kesempatan untuk bergabung maka kamu harus memanfaatkan kesempatan itu dengan memberikan kontribusi terbaik.

19. Apa yang Ingin Kamu Raih dalam 10 Tahun ke Depan?

Pertanyaan ini mewajibkan kamu untuk mengetahui apa yang menjadi tujuanmu dalam berkarier. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan tentang jalan karier yang kamu impi-impikan.

Jika kamu sudah tahu tujuan kariermu maka kamu bisa menjawab pertanyaan interview ini dengan posisi, jabatan, atau pekerjaan yang ingin kamu dapatkan di masa yang akan datang.

20. Berikanlah Gambaran Situasi Kerja yang Menurutmu Ideal!

Kamu perlu membayangkan situasi apa yang kamu inginkan ketika bekerja. Misalnya dengan rekan yang suportif, atasan yang mau membantu, lingkungan yang bersih, kursi yang nyaman, atau hal-hal lain yang bisa membuatmu nyaman ketika bekerja.

21. Bagaimana Caramu Untuk Mengevaluasi Calon Perusahaan Tempatmu Bekerja?

Untuk menjawabnya, kamu harus menjelaskan tentang perusahaan yang ideal. Jelaskan apa yang kamu inginkan dari perusahaan disertakan dengan alasan-alasan yang baik dan sesuai.

22. Maukah Kamu Ditugaskan di Daerah Lain?

Untuk menjawab pertanyaan interview kerja yang satu ini, kamu perlu memikirkannya matang-matang sebelum melakukan interview. Diskusikanlah permasalahan ini dengan keluargamu.

Jika kamu bersedia, katakanlah bahwa kamu siap ditempatkan di mana pun. Jika tidak, kamu bisa memberikan penjelasan bahwa kamu tidak bisa meninggalkan daerah yang kamu tempati sekarang, tentu dengan alasan-alasan yang baik.

23. Apa Masalah Besar yang Pernah Kamu Temui dan Bagaimana Cara Menyelesaikannya?

Boleh jadi, ini merupakan salah satu pertanyaan interview kerja yang paling penting karena interviewer pasti ingin mengetahui kemampuanmu dalam problem solving. Hal ini merupakan gambaran bagaimana caramu bekerja nantinya karena setiap pekerjaan pasti akan mendapatkan masalah.

Untuk itu, pikirkanlah tentang masalah besar apa yang pernah kamu hadapi selama kuliah atau kerja di tempat sebelumnya. Ceritakan juga tentang solusi yang kamu berikan untuk memecahkan masalah tersebut.

24. Apa yang Bisa Dipelajari dari Kesalahanmu Sebelumnya?

Hindari jawaban seperti "Saya nggak pernah melakukan kesalahan Pak/Bu." Sampaikan saja kesalahan yang pernah kamu lakukan dan bagaimana kamu mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut.

25. Bagaimana Gaya Manajemen Kamu?

Kamu bisa menjawabnya dengan gayamu untuk mengatur dirimu sendiri atau mengatur suatu kelompok. Pertanyaan ini akan menilai apakah kamu cocok dengan perusahaan atau tidak.

Usahakan untuk menjawabnya dengan menyesuaikan kultur perusahaan yang kamu incar. Untuk itu, kamu perlu melakukan riset tentang budaya perusahaan sebelum kamu melakukan interview kerja.

26. Seberapa Bagus Kamu dalam Berkomunikasi Secara Lisan maupun Tulisan?

Pertanyaan interview kerja ini akan mengukur seberapa bagus kemampuanmu dalam melakukan komunikasi. Pasalnya, komunikasi adalah salah satu aspek terpenting dalam dunia kerja.

Jawablah pertanyaan ini dengan menunjukkan kalau kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ketika menjawabnya, kamu harus terlihat percaya diri karena interviewer akan menilai kemampuan komunikasi selama proses wawancara.

27. Bisakah Kamu Memenuhi Deadline?

Kamu perlu menunjukkan kalau kamu mampu memenuhi deadline yang diberikan ketika bekerja. Untuk meyakinkan interviewer, berikanlah contoh tentang caramu memenuhi deadline semasa kuliah atau bekerja di tempat sebelumnya.

28. Berapa Gaji yang Kamu Harapkan?

Pertanyaan ini sebenarnya cukup tricky karena bisa saja menjebak. Berikanlah penawaran yang pas dengan posisi dan perusahaan yang kamu incar, jangan sampai terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Untuk bisa memberikan jawaban yang pas, kamu perlu melakukan riset sebelum datang interview. Lakukanlah riset tentang sesuai dengan posisi, perusahaan, dan upah minimum sesuai dengan daerah tempat tinggalmu.

29. Sudah Seberapa Sukses Kamu?

Berikanlah jawaban yang positif dan percaya diri, tetapi jangan sampai berlebihan. Jangan membuat interviewer merasa kalau kamu adalah orang yang suka melebih-lebihkan sesuatu.

30. Apakah Kamu Memiliki Pertanyaan?

Jangan sampai kamu menjawabnya dengan mengatakan bahwa kamu tidak memiliki pertanyaan apa pun. Pertanyaan interview kerja yang satu ini akan mengukur gairah dan antusiasmu terhadap suatu posisi dalam perusahaan.

Tanyakanlah sesuatu yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Maka dari itu, lakukanlah riset dan siapkan pertanyaan sebelum menghadapi sesi wawancara.

Tips Melakukan Interview Kerja

Sesi interview kerja merupakan kesempatanmu untuk menarik perhatian HRD atau user. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkannya sebaik mungkin. Berikut Ini adalah tips untuk melakukan interview kerja:

  1. Lakukan riset tentang posisi dan perusahaan yang kamu inginkan
  2. Datang tepat waktu, jangan sampai telat
  3. Berpenampilan rapi dan bersih
  4. Dengarkan dan pahami setiap pertanyaan interview
  5. Jawab pertanyaan dengan jujur, jelas, dan tidak bertele-tele
  6. Tunjukkan kelebihan dan skill yang kamu miliki
  7. Jelaskan kontribusi apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan.

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Interview Kerja

Secara umum, persiapan yang mesti kamu lakukan untuk melakukan sebelum menghadapi interview kerja adalah melakukan riset dan memastikan tubuhmu dalam keadaan yang sehat. Tetapi, terdapat sedikit perbedaan antara interview online dan offline.

1. Saat Interview Kerja Online

  • Persiapkan gadget yang akan kamu gunakan
  • Kuasai dulu platform panggilan video online. Seperti Zoom, Google Meet, atau Skype
  • Latihan interview secara online
  • Ciptakan tempat interview yang nyaman dan jauhkan dari kebisingan
  • Siapkan dokumen pendukung di dekatmu
  • Hindari segala distraksi.

2. Saat Interview Kerja Offline

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi interview secara offline:

  • Siapkan pakaian yang rapi
  • Cari tahu di mana lokasi interview
  • Atur rencana untuk sampai ke tempat tujuan. Bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum
  • Berangkat dengan memperhatikan jarak dan waktu tempuh. Usahakan untuk menyediakan waktu sebanyak mungkin untuk menghindari keterlambatan
  • Latihan interview secara tatap muka dengan keluarga atau teman
  • Siapkan dokumen yang diperlukan.

Itulah 30 pertanyaan interview kerja dan tips menjawabnya. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan wawancara kerja, jangan lupa untuk mempersiapkannya sebaik mungkin dan semoga kamu bisa bergabung dengan perusahaan impianmu!



Simak Video "Jokowi ke Menkeu: Kita Kalau Punya Uang Dieman-eman, Harus Produktif"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)