Inilah Daftar 20 Orang Terkaya di Dunia 2022 Versi Forbes

Elmy Tasya Khairally - detikJabar
Jumat, 29 Jul 2022 13:37 WIB
Harta 10 orang terkaya di dunia meningkat dua kali lipat di saat pandemi saat banyak orang jatuh miskin menurut Oxfam
Foto: BBC World

Forbes merilis deretan orang terkaya di dunia di tahun 2022. Posisi pertama diduduki oleh Elon Musk.

Berikut 20 orang terkaya di dunia mulai dari CEO Tesla hingga CEO Binance. Seberapa banyak sih kekayaan mereka?

Daftar Orang Terkaya di Dunia 2022

1. Elon Musk

Elon MuskElon Musk Foto: AP/Jae C. Hong

Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia saat ini. Namanya memang sudah sangat terkenal di dunia bisnis dan teknologi.


Orang terkaya ini dikenal sebagai CEO dari mobil listrik Tesla. Namun. selain itu ada sederet penemuan lainnya, yaitu penerbangan luar angkasa Spacex, sumber akses internet Internet Starlink, Digital Payments PayPal, perusahaan teknologi berbasis internet Zip2 City Guides hingga perusahaan panel surya SolarCity.

Total kekayaan: USD 219 miliar atau sekitar Rp 3.259 triliun.

2. Jeff Bezos

Sosok Jeff Bezos jadi sorotan. Pasalnya pendiri Amazon sekaligus salah satu orang terkaya dunia itu dikabarkan berinvestasi di startup e-commerce Indonesia, UlaSosok Jeff Bezos. Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais

Jeff Bezos mendirikan e-commerce raksasa Amazon pada tahun 1994 di Seattle dan menjadi ketua eksekutif pada Juli 2021. Dia menjual saham Amazon senilai USD 8,8 miliar atau Rp 130 triliun pada tahun 2021 dan memberi beberapa saham. Kini, dia memiliki kurang lebih 10% dari perusahaan tersebut.

Bezos juga menjadi pemilik The Washington Post dan perusahaan kedirgantaraan yang mengembangkan roket, Blue Origin. Dia sempat terbang ke luar angkasa pada Juli 2021.

Total kekayaan: USD 171 miliar atau Rp 2.545 triliun.

3. Bernard Arnault & family

PARIS, FRANCE - JULY 04: Bernard Arnault and Alexandre Arnault attend the Christian Dior Haute Couture Fall/Winter 2016-2017 show as part of Paris Fashion Week at 30, Avenue Montaigne on July 4, 2016 in Paris, France.  (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images for Dior)Bernard Arnault dan Alexandre Arnault. Foto: Getty Images for Dior/Pascal Le Segretain

Bernard Arnault memiliki perusahaan LVMH yang menaungi sekitar 70 merek fashion dan kosmetik, termasuk Louis Vuitton dan Sephora. Pada bulan Januari 2021, LVMH mengakuisisi perhiasan Amerika senilai USD 15,8 miliar atau sekitar Rp 235 triliun yang diyakini sebagai akuisisi merek mewah terbesar yang pernah ada!

LVMH menghabiskan USD 3,2 miliar pada tahun 2019 untuk perhotelan mewah Belmond yang mengelola 46 hotel, kereta api, dan kapal pesiar sungai.

Total kekayaan: USD 158 miliar atau sekitar Rp 2.351 triliun

4. Bill Gates

FILE - In this Feb. 9, 2019, file photo, Bill Gates, chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation, attends the Foto: AP/Samuel Habtab

Bill Gates mengubah kekayaannya dari perusahaan perangkat lunak microsoft menjadi kepemilikan terdiversifikasi, termasuk investasi energi nol karbon.

Gates mendirikan Microsoft bersama Paul Allen pada tahun 1975 dan mengundurkan diri pada Maret 2020 dari dewan Microsoft. Kini dia telah berinvestasi di lusinan perusahaan, termasuk Canadian National Railway dan Auto Nation serta pemilik lahan pertanian terbesar di AS.

Total kekayaan: USD 129 miliar atau sekitar Rp 1.919 triliun

5. Warren Buffet

Warren Buffett memiliki standar kecerdasan bisnis legendaris. Reputasinya di dunia investasi dan bisnis membuat kekayaannya membengkak lebih dari US$ 80 miliar.Foto: Istimewa/J. Kempin/Getty Images via CNN.

Dikenal sebagai 'Oracle of Omaha', Warren Buffet merupakan salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Dia menjalankan Berkshire Hathaway yang memiliki puluhan perusahaan termasuk asuransi Geico, pembuat baterai Duracell dan restoran Dairy Queen.

Warren Buffet merupakan putra dari anggota kongres Amerika Serikat. Dia pertama kali membeli saham pada usia 11 tahun dan mengajukan pajak pertama di usia 13 tahun

Total kekayaan: USD 118 miliar atau sekitar Rp 1.756 triliun

6. Larry Page

Larry PageLarry Page. Foto: Associated Press

Larry Page mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet, induk Google pada Desember 2019. Akan tetapi, dia tetap menjadi anggota dewan dan pemegang saham pengendali. Dia mendirikan Google pada tahun 1998.

Page menjadi CEO hingga tahun 2001, kemudian diambil alih oleh Eric Schmidt. Kini dia adalah investor pendiri di perusahaan eksplorasi ruang angkasa Planetary Resources dan juga mendanai start up mobil terbang Kitty Hawk dan Opener

Total kekayaan: USD 111 miliar atau sekitar Rp 1.652 triliun

7. Sergey Brin

MOUNTAIN VIEW, CA - SEPTEMBER 25:  Google co-founder Sergey Brin looks on during a news conference at Google headquarters on September 25, 2012 in Mountain View, California.  California Gov. Jerry Brown signed State Senate Bill 1298 that allows driverless cars to operate on public roads for testing purposes. The bill also calls for the Department of Motor Vehicles to adopt regulations that govern licensing, bonding, testing and operation of the driverless vehicles before January 2015.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)Foto: Getty Images/Justin Sullivan

Sergey Brin juga mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet pada 2019. Namun dia masih menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan.

Dia mendirikan Google dengan Larry Page pada tahun 1998. Kemudian google go public pada tahun 2004.

Total kekayaan: USD 107 miliar atau sekitar Rp 1.592 triliun

8. Larry Ellison

Larry EllisonLarry Ellison Foto: Getty Images

Larry Ellison adalah ketua, chief technology officer dan salah satu pendiri raksasa perangkat lunak Oracle, di mana dia memiliki sekitar 35% sahamnya. Dia melepas jabatannya sebagai CEO setelah 37 tahun memimpin.

Pada tahun 2020, Larry pindah ke pulau Hawaii Lanai yang dia beli hampir seluruhnya pada tahun 2012 seharga USD 300 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun. Dia juga sudah bergabung dengan dewan Tesla pada Desember 2018 setelah membeli 3 juta saham Tesla.

Total kekayaan: USD 106 miliar atau sekitar Rp 1.577 triliun.

9. Steve Ballmer

Steve Ballmer & Bill GatesSteve Ballmer & Bill Gates. Foto: Getty Images

Steve Ballmer adalah mantan CEO Microsoft yang memimpin perusahaan dari tahun 2000 sampai 2014. Dia bergabung dengan Microsoft pada tahun 1980 sebagai karyawan no. 30.

Pada tahun 2018, dia menginvestasikan USD 59 juta atau sekitar Rp 878 miliar ke Solusi Sosial yang membuat perangkat lunak untuk lembaga nonprofit dan lembaga pemerintah.

Total kekayaan: USD 91,4 miliar atau sekitar Rp 1.360 triliun.

10. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani, IndiaMukesh Ambani. Foto: Reuters

Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan Reliance Industries senilai USD 74 miliar atau sekitar Rp 1.101 triliun yang memiliki kepentingan di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi dan ritel. Reliance sendiri didirikan oleh almarhum ayahnya, Dhirubhai Ambani.

Mukesh mengubah Reliance menjadi energi hijau. Perusahaan akan menginvestasikan USD 80 miliar atau sekitar Rp 1.190 triliun selama 10 sampai 15 tahun ke depan untuk energi terbarukan dan membuat kompleks baru di sebelah kilangnya.

Total kekayaan: USD 90,7 miliar atau Rp 1.349 triliun.

11. Gautam Adani

Gautam AdaniGautam Adani. Foto: Dok. Forbes

Infrastruktur yang dimiliki Gautam Adani mengendalikan Pelabuhan Mundra. Adani Group mencakup infrastruktur, komoditas, pembangkit listrik dan transmisi hingga real estate.

Adani ingin menjadi produsen energi hijau terbesar di dunia dan mengatakan bahwa akan menginvestasikan hingga USD 70 miliar atau Rp 1.041 triliun proyek-proyek energi terbarukan. Dia juga mengakuisisi saham sebesar 74% di Bandara Internasional Mumbai, bandara tersibuk kedua di India pada tahun 2020.

Total kekayaan: USD 90 miliar atau Rp 1.339 triliun.

12. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg is considering a 2020 White House run as a Democrat, but it's unclear whether that party would see the billionaire's candidacy in a positive light AFP/JOSH EDELSONRead more at https://www.channelnewsasia.com/news/world/ex-ny-mayor-bloomberg-once-again-mulling-white-house-bid-10730586Michael Bloomberg. Foto: AFP/JOSH EDELSON

Michael Bloomberg memulai kariernya di Wall Street pada tahun 1966 dan dipecat 15 tahun kemudian. Dia mendirikan perusahaan informasi dan media keuangan Bloomberg LP pada tahun 1981.

Bloomberg telah menyumbangkan lebih dari USD 12,7 miliar atau sekitar Rp 188 triliun untuk pengendalian senjata hingga perubahan iklim. Selain itu, dia pernah menjabat sebagai Walikota New York City selama 12 tahun.

Total kekayaan: USD 82 miliar atau Rp 1.220 triliun.

13. Carlos Slim Helu dan Keluarga

Carlos Slim HeluCarlos Slim Helu Foto: Getty Images

Menjadi orang Meksiko terkaya, Carlos Slim Helu dan keluarganya mengendalikan perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Amerika Latin, America Movil. Dengan mitra telekomunikasi asing, Slim membeli saham di Telmex. satu-satunya perusahan telepon di Meksiko.

Slim memiliki saham di perusahaan konstruksi, barang konsumsi, pertambangan dan real estat Meksiko dan 17% New York Times. Tak hanya itu, Slim dan keluarganya juga memegang 79% saham Grupo Carso, salah satu konglomerat terbesar di Amerika Latin.

Total kekayaan: USD 81,2 miliar atau sekitar Rp 1.208 triliun.

14. Francoise Bettencourt Meyers dan Keluarga

PARIS, FRANCE - MARCH 04:  Jean-Victor Bettencourt-Meyers and Francoise Bettencourt-Meyers attend the Saint Laurent Fall/Winter 2013 Ready-to-Wear show as part of Paris Fashion Week on March 4, 2013 in Paris, France.  (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)Francoise Bettencourt-Meyers. Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images

Cucu dari pendiri L'Oreal, Francoise Bettencourt Meyers menjadi wanita terkaya di dunia. Dia dan keluarganya memiliki sekitar 33% saham L'Oreal.

Dia menjadi pewaris L'Oreal yang berkuasa di Prancis pada tahun 2017 saat ibunya yang kala itu menjadi wanita terkaya di dunia meninggal dunia. Pada tahun 2019, L'Oreal dan keluarga Meyers menyumbangkan USD 226 juta atau Rp 3,3 triliun untuk memperbaiki Katedral Notre Dame setelah kebakaran.

Total kekayaan: USD 74,8 miliar atau sekitar Rp 1.113 triliun

15. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg mengumumkan pergantian nama baru Facebook menjadi Meta di event Connect 2021. Meta nantinya akan menjadi induk perusahaan yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp, Oculus, dan lainnya.Mark Zuckerberg. Foto: Getty Images

Zuckerberg memulai Facebook di Harvard pada tahun 2004 di usia 19 tahun. Facebook saat itu ditujukan bagi mahasiswa untuk mencocokkan nama dengan foto teman di kelasnya.

Kini dia memiliki sekitar 12% saham perusahaan. Pada Desember 2015, dia dan istrinya berjanji memberikan 99% saham Facebook selama hidup mereka.

Total kekayaan: USD 67,3 miliar atau Rp 1.001 triliun

16. Jim Walton

Jim Walton merupakan putra bungsu dari pendiri Walmart, Sam Walton. Dia adalah ketua Arvest Bank keluarga yang saat ini memiliki aset lebih dari USD 20 miliar atau sekitar Rp 297 triliun.Secara kolektif, dia dan ahli waris Sam Walton lainnya memiliki sekitar setengah saham Walmart.

Total kekayaan: USD 66,2 miliar atau Rp 985 triliun.

17. Zhong Shanshan

Zhong ShanshanZhong Shanshan. Foto: dok. Nongfu Spring

Zhong Shanshan memimpin Nongfu Spring, perusahaan air minum dalam kemasan yang mencatatkan sahamnya di Hong Kong pada September 2020. Dia lahir di Hangzhou dan mengalami putus sekolah selama Revolusi Kebudayaan Tiongkok.

Dia kemudian bekerja sebagai pekerja konstruksi, reporter surat kabar, dan agen penjualan minuman hingga akhirnya memulai bisnisnya sendiri. Dia mengendalikan Farmasi Biologi Beijing Wantai yang go public di Shanghai Stock Exchange pada April 2020.

Total kekayaan: USD 65,7 miliar atau sekitar Rp 977 triliun.

18. Alice Walton

PARIS, FRANCE - MARCH 04:  Jean-Victor Bettencourt-Meyers and Francoise Bettencourt-Meyers attend the Saint Laurent Fall/Winter 2013 Ready-to-Wear show as part of Paris Fashion Week on March 4, 2013 in Paris, France.  (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images

Alice Walton adalah anak perempuan satu-satunya Sam Walton, pendiri Walmart. Dia fokus pada kurasi seni daripada bekerja untuk Walmart.

Pada tahun 2011, dia membuka Crystal Bridges Museum of American Art di kampung halamannya di Bentonville Arkansas. Dia menampilkan karya-karya dari orang-orang seperti Andy Warhol, Norman Rockwell dan Mark Rothko.

Total kekayaan: USD 65,3 miliar atau sekitar Rp 971 triliun.

19. Rob Walton

Rob Walton adalah saudara dari Alice Walton dan putra tertua pendiri Walmart, Sam Walton. Rob menggantikan posisi ayahnya sebagai ketua pada tahun 1992 lalu digantikan menantunya, Greg Penner.
Dia dan ahli waris lainnya secara kolektif memiliki setengah dari saham Walmart.

Total kekayaan: USD 65 miliar atau 967 triliun.

20. Changpeng Zhao

Changpeng ZhaoChangpeng Zhao Foto: dok. Coinmod

Changpeng Zhao adalah pendiri dan CEO Binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia. Pada tahun 2022, Binance mengumumkan bahwa mereka berencana menghabiskan USD 200 juta atau sekitar Rp 3 triliun untuk membeli saham minoritas di Forbes.

Total kekayaan: USD 65 miliar atau Rp 967 triliun.

Itulah 20 orang terkaya di dunia versi Forbes. Mana yang jadi favorit kamu?



Simak Video "Jokowi ke Menkeu: Kita Kalau Punya Uang Dieman-eman, Harus Produktif"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fds)