Konten Jadi Jaminan Bank, Asep Balon: Modal Kreasi Terkendala Slip Gaji

Yuga Hassani - detikJabar
Selasa, 26 Jul 2022 15:50 WIB
Asep Balon saat melakukan sesi foto di studi SG Entertainment, di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.
Asep Balon saat melakukan sesi foto di studi SG Entertainment, di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. (Foto: Yuga Hassani/detikJabar)
Bandung -

Para Youtuber atau konten kreator kali ini bisa meminjam uang ke bank melalui konten yang diunggahnya. Apalagi jika konten yang disajikan bisa menghasilkan penonton yang banyak.

Hal tersebut mengacu kepada terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif.

Menanggapi hal tersebut, musisi sekaligus konten kreator Youtube asal Majalaya, Asep Balon mengaku telah mendengar mengenai adanya peraturan tersebut. Menurutnya peraturan tersebut menjadi sesuatu hal yang positif.


"Kalau menurut saya sebagai musisi dan juga konten kreator di youtube, karena kemarin kan peraturannya salah satunya untuk youtuber, ya kalau saya pribadi mah senang ya, walaupun agak sanksi juga dengan bagaimana prosedurnya seperti apa, terus syarat-syarat detailnya seperti apa," ujar Asep, saat dihubungi detikJabar, Selasa (26/7/2022).

Asep Balon saat melakukan sesi foto di studi SG Entertainment, di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.Asep Balon saat melakukan sesi foto di studi SG Entertainment, di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Foto: Yuga Hassani

Asep menjelaskan dengan adanya peraturan tersebut merupakan sebuah perkembangan. Apalagi, kata dia, dalam dunia industri kreatif.

"Tapi yang jelasnya bagi musisi, ataupun konten kreator atau pekerja seni ini adalah sebuah upgrade mungkin ya menurut saya. Jadi bisa lebih diapresiasi, bisa lebih dipercaya, kan sebetulnya awalnya enggak bisa ya," katanya.

Terkendala Slip Gaji

Pihaknya mengaku sebelumnya sempat membutuhkan uang untuk modal dalam kreativitas. Namun, kata dia, dalam pengajuannya pasti terkendala slip gaji.

"Bahkan saya pribadi ketika butuh apa yah, misalnya ketika saya butuh modal untuk berkreasi, itu belum bisa, karena kan biasanya butuh slip gaji lah dan lain-lain. Sementara kita kan tidak punya slip gaji yang tetap seperti itu ya, adapun penghasilan itu berasal dari youtube maupun off air dan sebagainya," ucapnya.

Meski begitu, Asep mengaku saat ini belum terbayang akan melakukan peminjaman ke bank. "Belum tahu, tergantung kebutuhan, mungkin siapa tahu sewaktu-waktu saya butuh saya mau bangun pesantren misalnya, atau mau bikin apa, modal usaha atau studi atau album, bisa lah," jelasnya.

Dia menambahkan hal tersebut merupakan sesuatu yang baik. Menurutnya yang harus diperjelas adalah syarat dan ketentuannya.

"Ya sejauh ini kita melihat positif lah. Walaupun lebih lanjut sebenarnya harus kita ketahui juga nanti detail-detailnya, persyaratannya itu harus konten yang seperti apa sih, Apakah ada syarat khusus," kata Asep.

Menurutnya yang perlu diperhatikan adalah sosialisasi dari pemerintah terhadap youtuber atau konten kreator tersebut.

"Nah itu (sosialisasi) wajib sih kalau bagi saya, karena sampai hari ini saya pribadi belum tau detailnya seperti apa. Jadi kayaknya sosialisasi yang penting," pungkasnya.

(yum/yum)