Hari Pabean Internasional 2023 dan Sejarah Singkatnya

Hari Pabean Internasional 2023 dan Sejarah Singkatnya

Tim detikJabar - detikJabar
Rabu, 25 Jan 2023 05:15 WIB
Hari Pabean Internasional 2023 diperingati pada tanggal 26 Januari. Hari tersebut dikenal dengan sebutan World Customs Day. Simak sejarah dan tema tahun ini.
Hari Pabean Internasional 2023: Sejarah dan Tema Peringatan. (Foto: Dok. Bea Cukai)
Bandung -

Hari Pabean Internasional atau International Customs Days adalah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 26 Januari. Tahun ini, Hari Pabean Internasional jatuh pada hari Kamis (26/1/2023).

Hari Pabean Internasional diperingati untuk mengenang jasa petugas bea cukai dan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perdagangan yang bebas dan adil.

Hari ini juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran tentang peran yang dimainkan oleh bea cukai dalam mendorong pembangunan ekonomi dan menjaga keamanan negara.


Sejarah Hari Pabean Internasional

Dilansir situs resmi Dirjen Bea dan Cukai, Selasa (24/1/2023), Hari Pabean Internasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 26 Januari mengacu pada berdirinya Organisasi Kepabeanan Dunia atau World Customs Organization (WCO). WCO merupakan induk badan badan kepabeanan di masing-masing negara.

Dikutip dari wcoomd.org, sejarah WCO dimulai pada 1947 ketika 13 negara Eropa yang tergabung dalam Komite Kerjasama Ekonomi Eropa sepakat untuk membentuk kelompok. Kelompok ini mengkaji peluang untuk mendirikan organisasi pabean antar negara Eropa berdasarkan General Agreement on Tariffs and Trade (GATT).

Pada 1948, kelompok tersebut membentuk 2 komite yaitu Komite Ekonomi dan Komite Kepabeanan. Komite Ekonomi adalah asal mula dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) sedangkan Komite Kepabeanan pada tahun 1952 resmi menjadi Customs Co-operation Council (CCC). Sidang pengukuhan CCC dihadiri 17 negara Eropa yang diadakan di Brussel pada 26 Januari 1953.

Organisasi tersebut juga menciptakan Hari Pabean Internasional pada tahun 1983. Setelah beberapa dekade, CCC menjadi organisasi global dan berubah nama menjadi WCO pada tahun 1994. Kantor pusat WCO berada di Brussel, Belgia.

Sejak ditetapkan, Hari Pabean Internasional telah diperingati di seluruh dunia oleh organisasi bea cukai dan perwakilan dari berbagai negara. Pada hari ini, para petugas bea cukai akan mengadakan acara-acara yang menampilkan komitmen mereka untuk perdagangan yang bebas dan adil, serta untuk meningkatkan kesadaran tentang peran yang dimainkan oleh bea cukai dalam mendorong pembangunan ekonomi dan menjaga keamanan negara.

Selain itu, Hari Pabean Internasional juga digunakan sebagai momentum untuk meningkatkan kerjasama antar negara dan antar organisasi dalam bidang bea cukai, serta meningkatkan kapasitas para pejabat bea cukai melalui pelatihan dan pendidikan.

Tema Hari Pabean Internasional 2023

Pada tahun ini tema Hari Pabean Internasional 2023 adalah 'Nurturing The Next Generation' atau 'Memelihara Generasi Berikutnya'. Tema ini adalah ajang untuk mempromosikan budaya berbagi pengetahuan dan kebanggaan profesional di Bea Cukai.

(iqk/iqk)