BMKG: Kawanan Monyet Liar Bandung Tak Berkaitan dengan Bencana Alam

BMKG: Kawanan Monyet Liar Bandung Tak Berkaitan dengan Bencana Alam

Sudirman Wamad - detikJabar
Rabu, 30 Nov 2022 14:30 WIB
Penampakan monyet yang menyerbu permukiman warga di Kota Bandung
Penampakan monyet yang menyerbu permukiman warga di Kota Bandung. (Foto: istimewa)
Bandung -

Kemunculan kawanan monyet liar di pemukiman warga Kota Bandung sempat menggemparkan publik. Fenomena ini dikaitkan dengan tanda-tanda bahaya bencana yang bakal muncul. Kabar yang belum pasti kebenarannya ini pun meresahkan.

BMKG memastikan kemunculan kawanan monyet liar tidak ada kaitannya dengan tanda bencana, termasuk gempa. Hasil pantauan BMKG, belum ada aktivitas sesar Lembang hingga saat ini.

"Karena kami tupoksinya pengamatan aktivitas seismik, sampai saat ini aktivitas monyet liar itu tidak ada kaitannya. Pengamatan kami, belum ada aktivitas sesar Lembang," kata Staf Observasi Gempa Bumi BMKG Stasiun Geofisika Bandung Ajeng Marina Utamie saat ditemui di Taman Dewi Sartika Bandung, Rabu (30/11/2022).


Sementara itu, Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung M Yusuf Hidayat mengaku tidak bisa menjelaskan kaitan kemunculan monyet liar dengan tanda bencana. Pihaknya fokus pada persoalan penanganan yang membahayakan jiwa masyarakat.

"Itu yang bisa memprediksi adalah seorang ahli. Kalau kami sesuai tugas pokok dan fungsi Diskar PB bagaimana cara menyelamatkan jiwa yang mengancam keselamatan manusia," kata Yusuf.

"Masyarakat jangan terlalu resah dengan fenomena-fenomena yang dikeluarkan (dikabarkan) oleh masyarakat lainnya. Kalau ada apa-apa hubungi kami Diskar PB, kami siap," ucap Yusuf menambahkan.

Saat ini Diskar PB masih memantau laporan tentang kawanan monyet liar yang sempat turun ke pemukiman. Proses evakuasi belum dilakukan lantaran kawanan monyet liar itu berpindah-pindah tempat.

Sebelumnya, kawanan monyet bermunculan di pemukiman warga di Kota Bandung, Jawa Barat. Kemunculan monyet liar ini pun viral di media sosial lantaran tak hanya terjadi di satu lokasi, dan berlangsung selama 2 hari.

Kemunculan kawanan monyet pertama terjadi pada Kamis (24/11/2022) di Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Sedikitnya, ada 4 ekor monyet liar yang terekam kamera memasuki pemukiman warga di daerah Babakansari l pada pagi hari.

Sehari berselang, tepatnya pada Jumat (25/11/2022), kawanan monyet kembali bermunculan. Monyet liar ini mendatangi pemukiman warga di kawasan Antapani hingga Arcamanik.

(sud/iqk)