Lahan Pemakaman Terbatas, Pemkot Bandung Berlakukan Sistem Tumpang

Lahan Pemakaman Terbatas, Pemkot Bandung Berlakukan Sistem Tumpang

Sudirman Wamad - detikJabar
Selasa, 29 Nov 2022 22:30 WIB
TPU Sirnaraga Bandung.
TPU Sirnaraga Bandung. (Foto: Anindyadevi Aurellia)
Bandung -

Pemkot Bandung tak menampik ketersediaan lahan untuk pemakaman sudah kritis. Pemkot mengaku telah menyiapkan regulasi untuk mengatur pemakaman dengan sistem tumpang.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, jumlah penduduk terus meningkat, sedangkan area pemakaman atau TPU tak pernah bertambah. Kondisi demikian mengakibatkan perbandingan antara lahan dan kebutuhan pemakaman tak seimbang.

"Ia karena memang jumlah penduduk dengan ketersediaan lahan pemakaman tidak seimbang. Yang meninggal terus ada nah kita punya keterbatasan lahan," kata Yana usai menghadiri peluncuran sistem informasi pelayanan pemakaman (Simpleman) di salah satu hotel di Bandung, Selasa (29/11/2022).


Sekadar diketahui, data BPS menyebutkan pada 2001 jumlah penduduk di Kota Bandung mencapai 2.146.360 jiwa. Selama 10 tahun setelahnya, tepatnya pada 2011, populasi itu naik 278.597 jiwa sehingga jumlah penduduk Kota Bandung pada saat itu mencapai 2.424.957 jiwa. Dengan kepadatan penduduk mencapai 14.494 jiwa per kilometer persegi.

Kemudian pada 2021, populasi warga di Kota Bandung kembali mengalami kenaikan. Jika dihitung dari tahun 2001 hingga 2021, total kenaikan populasi penduduk di Kota Bandung mencapai 306.540 jiwa, sehingga pada tahun tersebut jumlah warga di Kota Bandung tercatat mencapai 2.452.900 jiwa, dengan kepadatan penduduk mencapai 14.388 jiwa per kilometer persegi.

Dalam data yang disajikan BPS, Pemerintah Kota Bandung sebetulnya telah melakukan upaya untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Meskipun belum terasa secara maksimal, upaya itu sedikit membuahkan hasil dalam tiga tahun terakhir, di mana jumlah populasi penduduk setiap tahunnya bisa ditekan secara konsisten oleh pemerintah.

Sementara itu, mengutip data dari Pemkot Bandung, saat ini jumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Bandung sebanyak 13 lokasi. Pada 2015, jumlah makam di 13 lokasi itu mencapai 172.831. Luas lahannya mencapai 152.36 hektare. Hingga saat ini tak ada penambahan luas lahan area pemakaman di Kota Bandung. Sedangkan, jumlah makam di Kota Bandung terus bertambah.

Yana mengaku saat ini tengah merencanakan adanya penambahan lahan untuk pemakaman di Kota Bandung. Yana juga mengaku telah menyiapkan regulasi lainnya selain upaya penambahan lahan. Sebab, penambahan lahan dinilai sulit karena wilayah kota memiliki keterbatasan.

"Kita upayakan pengadaan. Kemudian regulasi juga, melalui sistem tumpang. Di Makkah juga kan begitu (tumpang)," ucap Yana.

(sud/iqk)