Perempuan Ini Minum Smoothies Dicampur Plasenta Bayi!

Kabar Internasional

Perempuan Ini Minum Smoothies Dicampur Plasenta Bayi!

Tim detikFood - detikJabar
Kamis, 10 Nov 2022 06:30 WIB
Dibayar Rp 100 Juta, Pria Ini Rela Minum Smoothies Isi Bakteri
Ilustrasi smoothies. (Foto: TN News)
Jakarta -

Smoothies memang minuman yang menyegarkan dan digemari banyak orang. Tapi pernah membayangkan nggak detikers minum smoothies yang dicampur ari-ari bayi?

Mungkin di antara kamu ada yang mengernyitkan dahi karena heran. Tapi ada lho yang minum smoothies yang dicampur ari-ari bayi ini. Ya, benar-benar ada!

Dikutip dari detikFood, pola makan seorang ibu asal Australia menarik perhatian. Ia merasa lebih sehat usai minum smoothies berbahan buah dan campuran ari-ari bayinya.


Mengutip Daily Mail (4/11), Tiana Rose (24) memilih makan ari-ari bayi atau plasenta miliknya untuk mendapat manfaat sehat yang ia yakini sangat banyak. Ia membekukan ari-ari bayi sebelum dijadikan smoothies buah.

Tiana-Rose menunjukkan pola makannya yang janggal ini di TikTok. Kini videonya sudah ditonton lebih dari 1 juta kali dan mendapat 60.000 tanda suka (likes).

"Sejujurnya kamu tidak akan merasa bahwa ada ari-ari bayi dalam campuran smoothies. Resep ini sangat enak dan saya terkejut dengannya," kata Tiana-Rose.

Tak hanya diminum sendiri, ia bahkan mempersilakan tunangannya mencoba smoothies ari-ari bayi racikannya. Tebak apa rasanya?

"Dia bilang rasanya seperti smoothies cranberry," ujar Tiana-Rose.

Di rumahnya, Tiana-Rose tinggal bersama sang tunangan, serta anak pertama berusia 5 tahun dan anak kedua yang belum lama ini lahir. Kini anak keduanya itu berusia 6 bulan.

Tiana Rose mulai tertarik dengan ide makan ari-ari bayi usai beberapa orang menyebut konsumsinya bermanfaat meredakan depresi usai melahirkan.

Sebab konon makan ari-ari bayi atau plasenta bermanfaat meningkatkan kadar zat besi, energi, mendukung produksi air susu ibu, hingga mengandung beberapa vitamin.

Tiana Rose pun penasaran. Usai melahirkan anak pertamanya, ia sebenarnya sudah ingin mencoba praktik ini, tapi gagal karena ia tidak menyimpan ari-ari bayi dengan baik.

Minum Smoothies Campur Ari-ari Bayinya, Wanita Ini Merasa Lebih SehatMinum Smoothies Campur Ari-ari Bayinya, Wanita Ini Merasa Lebih Sehat Foto: Daily Mail

Setelah anak keduanya lahir, Tiana Rose langsung membekukan ari-ari bayinya di freezer kulkas agar bisa dikonsumsi. Ia lalu memilih meraciknya jadi smoothies.

Ari-ari bayi itu dipotong kotak berukuran 2 cm. Selanjutnya potongan ari-ari dimasukkan ke dalam cetakan es batu dan didinginkan di freezer.

Ia mencampurkan ari-ari sambil mengikuti resep dari buku The First Forty Days: The Essential Art of Nourishing the New Mother. Ia mencampurnya dengan jus delima, aneka buah berry beku, yogurt, pisang, minyak kelapa, madu, biji chia, dan biji rami.

Usai mengonsumsi smoothies aneh itu, Tiana Rose merasa terhindar dari gelisah atau depresi pasca melahirkan. Meski begitu, ia sadar tindakannya ini kontroversial.

Netizen pun banyak yang kaget dan meninggalkan komentar di kolom video Tiana Rose. "Ini sangat menakutkan untuk saya tapi saya ingin meneliti lebih dalam tentang ini (konsumsi ari-ari bayi) atau mendengarkan jika kamu ingin berbagi,' ujar salah seorang netizen.

Meski begitu, tak sedikit yang sudah mengetahui praktik ini. Banyak dari mereka juga meyakini khasiat sehat dari konsumsi ari-ari bayi.

Kata Pakar Kesehatan

Lalu dari sisi kesehatan, benarkah konsumsi ari-ari bayi bermanfaat? Para ilmuwan mengatakan tidak ada manfaat bagi ibu untuk memakan ari-ari bayi mereka dan praktik ini nyatanya bisa membahayakan.

Pakar kesehatan yang dipimpin dokter kandungan dari New York-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center di New York City mengatakan risiko makan ari-ari bayi bisa lebih besar daripada manfaat potensialnya.