Burung Remaja Ini Ciptakan Rekor Dunia Terbang 11 Hari

Burung Remaja Ini Ciptakan Rekor Dunia Terbang 11 Hari

Tim detikEdu - detikJabar
Rabu, 02 Nov 2022 02:30 WIB
Burung biru laut ekor blorok (Limosa lapponica)
Foto: (Biosphoto via AFP via abc.net.au: André Simon, file photo)
Jakarta -

Rekor dunia dicetak burung biru-laut ekor-blorok (Limosa lapponica). Burung remaja berusia 5 bulan itu terbang sejauh 13.560 kilometer tanpa henti.

Burung ini menerbangi Alaska di bagian utara Bumi ke Tasmania yang berada di selatan Bumi. Demikian ditulis Guardian, Rabu (22/10/2022) seperti dikutip detikEdu, Selasa (1/11/2022).

Burung ini terbang dari Alaska pada 13 Oktober 2022 lalu secara maraton tanpa henti. Waktu yang ditempuh burung itu 11 hari dan 1 jam tiba di Ansons Bay, Tasmania.


Lalu, bagaimana bisa burung ini dipastikan terbang dan mencatatkan rekor? Para ilmuwan melacak burung itu menggunakan tag satelit 5G yang terpasang di punggung bawahnya. Pergerakannya terlacak dari penanda satelit bernomor 234684.

Berdasarkan data dari proyek pelacakan burung Institut Max Planck untuk Ornithology, burung yang bermigrasi mengambil rute ke barat Hawaii, kemudian berlanjut di atas lautan terbuka dan terbang di atas negara kepulauan Pasifik Kiribati pada 19 Oktober 2022 lalu.

Berselang dua hari kemudian, burung ini terlacak terbang di atas Vanuatu, lalu menuju ke selatan, sekitar 620 kilometer di timur Sydney untuk kemudian mengarah ke antara pantai timur Australia dan Selandia Baru.

Selanjutnya pada 23 Oktober, burung ini bersama burung lain terbang untuk tiba di Tasmania pada 25 Oktober.

"Hal yang paling menakjubkan adalah bahwa burung remaja ini bermigrasi secara terpisah dari burung dewasa. Burung dewasa terbang dari Kutub Utara kadang-kadang hingga enam minggu lebih awal," kata Sean Dooley, dari BirdLife Australia.

Menurutnya burung remaja akan menghabiskan banyak waktu untuk menggemukkan diri dalam rangka migrasi panjang ke selatan.

Dia menambahkan burung-burung itu mampu mengecilkan organ dalam mereka untuk membuat lebih banyak ruang untuk menyimpan lemak.

Sementara sebelum dipecahkan burung remaja ini, rekor migrasi maraton sebelumnya dipegang oleh seekor jantan dewasa dari spesies yang sama - 4BBRW - yang terbang 13.000 km tahun 2021 lalu, mengalahkan rekornya sendiri sebelumnya 12.000 km pada 2020.

Artikel ini telah tayang di detikEdu dengan judul Burung Ini Catat Rekor Dunia Terbang dari Alaska ke Tasmania dalam 11 Hari!

(orb/orb)