Pengalihan Lalin Selama KTT OKI di Bandung 24-26 Oktober 2022

Pengalihan Lalin Selama KTT OKI di Bandung 24-26 Oktober 2022

Wisma Putra - detikJabar
Kamis, 20 Okt 2022 04:30 WIB
Pengalihan arus di Bandung saat KTT OKI.
Pengalihan arus di Bandung saat KTT OKI. (Foto: Istimewa)
Bandung -

Sejumlah ruas jalan, khususnya Jalan Asia Afrika, Kota Bandung akan dilakukan penutupan selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja sama Islam (OKI) pada 24-26 Oktober 2022 mendatang

Selama pelaksanaan, Satlantas Polrestabes Bandung akan melalukan pengaturan arus lalu lintas dengan melakukan pengalihan arus lalu lintas. Kasat Lantas AKBP Ariek Indra Santanu mengatakan, kegiatan itu akan dihadir 49 delegasi negara-negara yang tergabung di OKI.

Ariek menyebut, ada tiga titik yang jadi pusat rencana pengamanan dan pengalihan arus yaitu sekitaran Hotel Pullman Jalan Diponegoro, Gedung Asia Afrika dan Hotel Savoy Homan.


"Seluruh perwakilan Delegasi akan menginap di Hotel Pullman. Untuk acara sendiri akan digelar di Gedung Asia Afrika, dan sebelum acara digelar para delegasi akan transit di Hotel Savoy Homman," katany dalam keterangan tertulis yang diterima detikJabar, Rabu (19/10/2022).

Ariek mengungkapkan, selama kegiatan OKI berlangsung, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di mana pengandara tidak diperbolehkan melewati Jalan Majapahit-Dipenogoro dari arah Cilamaya ke Fly over M Kusumaatmaja dan dianjurkan melewati Jalan Dipenogoro-Jalan Sentot Alibasah-Jalan Trunojoyo- Jalan Sulanjana dan Jalan Dago Cikapayang.

"Sedangkan masyarakat yang hendak ke Pasteur dengan melalui Jalan Supratman diperkenankan melalui Jalan Diponegoro-Jalan Sentot Alibasah-Fly Over M Kusumaatmaja-Jalan Dago Sulanjana," ungkap Ariek.

Sedangkan untuk pengendara yang hendak menuju Jalan Asia Afrika, tepatnya Simpang Tamblong-Asia Afrika dari arah Simpanglima seluruhnya dialihkan ke Lengkong Besar. "Jalan Asia Afrika ditutup selama kegiatan berlangsung di Gedung Merdeka," ucapnya.

Selain itu, pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan di Simpang Banceuy-ABC, dari arah Pos Giro serta arah Pasar Baru-ABC, diarahkan untuk melalui Jalan Banceuy-Jalan Suniaraja.

"Dan kendaraan yang dari arah Simpang Braga-Naripan dialihkan ke Jalan Braga Panjang. Dikarenakan Jalan Braga Pendek ditutup total," terang Ariek.

Pengalihan arus lalu lintas lainnya di Jalan Daleum Kaum-Alun-alun Timur di mana pengendara yang dari arah Dalem Kaum ke Simpang lima atau Jalan Sunda, jika Jalan Simpang Lengkong Besar-Jalan Lengkong Kecil padat, pengendara akan dialihkan ke Alun-alun Timur, Jalan Asia Afrika, Jalan Banceuy, Jalan ABC, Jalan Naripan, Jalan Sunda, Jalan Simpang Sunda Veteran, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Simpang Lima.

"Kami memohon maaf kepada masyarakat dengan adanya pengalihan arus tersebut sehingga dapat menggangu perjalanan. Hal tersebut dilakukan dikarenakan adanya kegiatan OKI. Semoga kegiatan tersebut berjalan lancar dan aman," tutup Ariek.

Polisi Siap Lakukan Pengamanan

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan, tak hanya pengamanan arus lalu lintas, pihaknya juga sudah siapakan personel keamanan.

"Polrestabes Bandung sudah menyiapkan rencana pengamanan yang melibatkan kekuatan pengamanan dari Polrestabes Bandung sendiri dan juga dari Polda Jabar," kata Aswin.

"Jadi kekuatan pengamanan dari Polrestabes Bandung berjumlah 350 personel yang terdiri dari seluruh satuan di Polrestabes Bandung dan kami memohon ke Wakapolda menambah kekuatan dari Polda baik dari Satbrimob maupun dari Sabhara. Rencananya akan ditambah empat kompi dari Brimob dan gabungan dari Ditsabahara Polda Jabar," tutur Aswin.

Rencana pengamanan sudah disiapkan, menurut Aswin setiap delegasi maupun staf delegasi atau tamu internal di pemerintahan yang ingin masuk ke Gedung Merdeka harus menggunakan tanda pas pengenal masuk dan ada barcode yang disiapkan di Gedung Merdeka. Tujuannya untuk mengantisipasi tamu yang tidak diundang masuk ke Gedung Merdeka.

Kemudian Hotel Savoy Homann sebagai persiapan sebelum menyeberang ke Gedung Merdeka kemudian Hotel Pullman sebagai tempat akomodasi istirahat para delegasi juga jadi atensi lokasi pengamanan.

"Tiga tempat ini sudah kami siapkan kekuatan pengamanan dan seluruh pejabat Polrestabes dilibatkan dan kami juga siapkan pengamanan di tempat wisata seperti mal, kebun binatang dan tempat kuliner yang kemungkinan akan dijadikan sebagai tempat objek wisata yang dikunjungi oleh para delegasi," pungkasnya.

(wip/orb)