Cara Klaim Kacamata Gratis Pakai BPJS Kesehatan

Kabar Nasional

Cara Klaim Kacamata Gratis Pakai BPJS Kesehatan

Tim detikHealth - detikJabar
Rabu, 05 Okt 2022 05:30 WIB
Woman holding glasses against eye chart on blue background, closeup. Ophthalmologist prescription
Ilustrasi kacamata (Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska)
Jakarta -

Peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan fasilitas kacamata secara gratis. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi peserta.

Dilansir detikHealth, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), dr Eva Susanti mengatakan, klaim kacamata menggunakan BPJS ini disesuaikan dengan kelas kepesertaan yang telah diambil oleh masing-masing peserta.

"Klaim BPJS terhadap kacamata ini memang sesuai dengan kelas rawatannya. Jadi untuk PBI rawat kelas tiga itu tarifnya sekitar 150 ribu, kemudian untuk rawat kelas dua itu sekitar 200 ribu, kemudian untuk rawat kelas 1 itu 300 ribu. Ini ketentuannya diberikan paling cepat dua tahun sekali dan indikasi medis minimal itu sfrerisnya 0,5 dan silindrisnya 0,25. Jadi seperti itu," tuturnya saat konferensi pers Hari Penglihatan Sedunia 2022, Selasa (4/10/2022).


Para peserta yang akan mengklaim kacamata menggunakan BPJS Kesehatan yaitu peserta harus mengunjungi layanan kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas untuk memeriksa mata. Setelahnya, akan ada rekomendasi untuk peserta BPJS untuk mengambil kacamata di optik yang telah bekerja sama dengan BPJS.

"Ada beberapa optik yang sudah bekerja sama (dengan BPJS). Jadi nanti tinggal dilihat ketika masyarakat ingin mengakses kacamata," ucapnya.

"Biasanya sudah ada daftarnya," lanjutnya lagi.

Artikel ini telah tayang di detikHealth dengan judul Begini Cara Dapatkan Kacamata Gratis Pakai BPJS Kesehatan. Baca selengkapnya di sini.

(iqk/iqk)