Kota Bandung

Pemindahan Makam di TPU Sirnaraga Imbas Longsor Tunggu Ahli Waris

Sudirman Wamad - detikJabar
Selasa, 04 Okt 2022 20:00 WIB
Makam di TPU Sirnaraga Bandung ambrol.
Makam di TPU Sirnaraga Bandung ambrol. (Foto: Sudirman Wamad/detikJabar)
Bandung -

Tanggul Sungai Cilimus Kota Bandung longsor. Akibatnya, 25 makam di TPU Sirnaraga yang berdekatan dengan sungai terdampak.

Dari 25 makam yang terdampak longsor itu, tujuh di antaranya rusak parah atau ambrol. Ketujuh makam ini harus dipindahkan atau dievakuasi.

Kapolsek Cicendo Kompol Herbas Sudewo mengatakan proses evakuasi ketujuh makam itu tak bisa dilakukan hari ini. Sebab, kondisi cuaca yang tak memungkinkan. Selain itu, petugas juga masih menginventarisasi ahli waris tujuh makam tersebut.


"Kita inventaris siapa saja ahli warisnya. Kita akan koordinasi untuk memindahkan. Karena ini tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan," kata Sudewo kepada detikJabar di TPU Sirnaraga, Selasa (4/10/2022).

Sudewo juga memastikan petugas TPU Sirnaraga harus memastikan lokasi anyar untuk tujuh makam yang bakal dipindah. Sehingga, lanjut Sadewo, petugas harus berkoordinasi dengan ahli waris terlebih dahulu.

Sebelumnya, pantauan detikJabar, sejumlah kain kafan di makam yang ambrol itu muncul ke permukaan. Kondisi kain kafan yang terlihat itu persis berada di pinggir Sungai Cilimus, tepat di bagian tanggul yang longsor.

Total makam yang terdampak longsor di tanggul Sungai Cilimus itu sebanyak 25 (makam), tujuh di harus dipindahkan karena ambrol.

"Ada 10 makam yang terdampak betul. Yang harus dipindahkan sebanyak tujuh makam. Tiga masih bisa diperbaiki," kata Kapolsek Cicendo Kompol Herbas Sudewo kepada detikJabar di lokasi kejadian, Selasa (4/10/2022).

Sudewo mengatakan hujan deras yang mengguyur wilayah Cicendo mengakibatkan banjir. Derasnya air di kawasan TPU Sirnaraga itu mengakibatkan tanggul Sungai Cilimus longsor.



Simak Video "7 Korban Tertimbun Longsor di Gowa Ditemukan Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sud/dir)