Penampakan Baliho di Bandung Usai Lenyapnya 'Kuntilanak'

Penampakan Baliho di Bandung Usai Lenyapnya 'Kuntilanak'

Sudirman Wamad - detikJabar
Sabtu, 01 Okt 2022 12:13 WIB
Baliho yang sempat menjadi lokasi mejeng kuntilanak di Bandung.
Baliho yang sempat menjadi tempat mejeng 'kuntilanak' di Bandung. (Foto: Sudirman Wamad/detikJabar)
Bandung -

Sosok 'kuntilanak' di atas baliho Jalan Dipatiukur, Kota Bandung yang meresahkan warga, telah lenyap setelah diturunkan petugas.

Petugas Satpol PP Kota Bandung langsung bergerak menurunkan 'kuntilanak' yang bertengger di atas baliho itu. Sekadar diketahui, 'kuntilanak' ini merupakan boneka yang dibuat menyerupai wujud hantu perempuan. Kondisinya berada di atas baliho yang mempromosikan film horor.

Pantauan detikJabar Sabtu (10/1/2022), tak hanya sosok 'kuntilanak' yang lenyap, baliho promosi film horornya pun hilang. Tak ada gambar apapun di baliho tersebut. Petugas telah menurunkan 'kuntilanak' tersebut pada Jumat (30/9/2022).


"Sudah diturunkan," kata Kepala Bidang Ketertiban Umum Ketentraman Masyarakat (Tibum Tranmas) Satpol PP Kota Bandung Yayan Ruyandi kepada detikJabar, Sabtu (1/10/2022).

Sementara itu, salah seorang juru parkir di Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Rahmat menceritakan, 'kuntilanak' itu telah berada selama sepekan terakhir. "Betul sekarang sudah nggak ada. Ya membahayakan. Tadi malam petugas ke sini menurunkannya," kata Rahmat.

Sebelumnya, Kemunculan manekin kuntilanak ini cukup membuat resah warga. Pasalnya, jika baru pertama kali melihat sosoknya, warga, terutama pengendara akan dibuat was-was karena boneka tersebut begitu mirip dengan sosok hantu yang sudah melegenda di Indonesia tersebut.

"Pertama kali lihat mah sempet kaget, soalnya mirip banget sama kuntilanak. Apalagi kalau malem, kayak beneran aja. Tapi pas dideketin, ternyata cuma boneka doang," kata warga sekitar, Candra saat berbincang dengan detikJabar, Kamis (29/9/2022) malam

Jaja, warga lainnya juga mengaku cukup dibuat resah saat kemunculan pertama manekin kuntilanak tersebut. Warga di sana tak banyak yang tahu kapan sosok 'kuntilanak' ini dipasang di atas billboard.

"Kalau kata yang lihat, katanya dipasang jam 5 pagi. Baru semingguan lah ke sini dipasangnya, soalnya nggak banyak yang tahu," ujar Jaja.

(sud/iqk)