Lenyapnya 'Kuntilanak' di Atas Billboard Bandung

Round-Up

Lenyapnya 'Kuntilanak' di Atas Billboard Bandung

Tim detikJabar - detikJabar
Sabtu, 01 Okt 2022 10:15 WIB
Bandung -

Sosok 'kuntilanak' yang mejeng di atas baliho di Jalan Dipatiukur Kota Bandung akhirnya lenyap. Satpol PP Kota Bandung menurunkan 'kuntilanak' tersebut.

Seperti diketahui, 'kuntilanak' itu dipasang sebagai salah satu media promosi sebuah film layar lebar yang akan tayang beberapa hari mendatang. Petugas menyebut keberadaan 'kuntilanak' itu bisa membahayakan pengendara. Sehingga, harus diturunkan.

Penurunan 'kuntilanak' itu dibenarkan oleh Kanit Gakum Satlantas Polrestabes Bandung IPTU Arif. "Sudah diterbitkan, sore tadi," kata Arif via pesan singkat, Jumat (30/9/2022) malam.


Iklan promosi tayangan film horor itu sejatinya mengantongi izin di DPMPST Kota Bandung. Namun, keberadaan 'kuntilanak' membahayakan. "Saya telepon langsung DPMPST-nya (papan reklamenya) berizin," ujarnya.

Bisa Menyebabkan Kecelakaan

DPMPST menerima saran dari Satlantas Polrestabes Bandung. Karena membahayakan, akhirnya 'kuntilanak' yang sempat membuat resah warga itu diturunkan.

"Sesuai masukan dan saran dari kepolisian, bahwa itu mengganggu konsentrasi pengguna jalan. Apalagi ketika malam hari sehingga bisa menyebabkan fatalitas kecelakaan," kata Arif.

Boneka kuntilanak itu sudah mejeng berhari-hari di atas baliho. Di baliho tersebut tertulis juga narasi yang menunjukkan adanya 'kuntilanak', pengendara yang melintas di jalan itu seakan diarahkan untuk melihat.

"Menindaklanjuti terkait viralnya kuntilanak yang berada di atas billboard ini, mengganggu konsentrasi pengguna jalan terutama di malam hari," kata Arif kepada detikJabar, Jumat (30/9/2022).

Karena dapat mengganggu konsentrasi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkot Bandung untuk menurunkan boneka itu. "Kita akan koordinasi dengan pihak terkait untuk segera diturunkan," kata Arif.

Satpol PP Vs 'Kuntilanak'

Satpol PP Kota Bandung menindaklanjuti terkait kemunculan sosok 'kuntilanak'. Sosok hantu perempuan itu bukanlah asli, melainkan boneka yang dibuat menyerupai kuntilanak. Boneka tersebut dipasang di atas billboard yang mempromosikan film horor.

"Segera ditindaklanjuti. Diturunkan," kata Kepala Bidang Ketertiban Umum Ketentraman Masyarakat (Tibum Tranmas) Satpol PP Kota Bandung Yayan Ruyandi kepada detikJabar, Jumat (30/9/2022).

Awalnya, Satpol PP Kota Bandung tak bergerak untuk menindak karena belum ada laporan warga. Setelah warga mengeluhkan, petugas langsung cek lokasi dan menurunkan 'kuntilanak'.

Kemunculan manekin kuntilanak ini cukup membuat resah warga. Pasalnya, jika baru pertama kali melihat sosoknya, warga, terutama pengendara akan dibuat was-was karena boneka tersebut begitu mirip dengan sosok hantu yang sudah melegenda di Indonesia tersebut.

"Pertama kali lihat mah sempet kaget, soalnya mirip banget sama kuntilanak. Apalagi kalau malem, kayak beneran aja. Tapi pas dideketin, ternyata cuma boneka doang," kata warga sekitar, Candra saat berbincang dengan detikJabar, Kamis (29/9/2022) malam.

Jaja, warga lainnya juga mengaku cukup dibuat resah saat kemunculan pertama manekin kuntilanak tersebut. Warga di sana tak banyak yang tahu kapan sosok kuntilanak ini dipasang di atas billboard.

"Kalau kata yang lihat, katanya dipasang jam 5 pagi. Baru semingguan lah ke sini dipasangnya, soalnya nggak banyak yang tahu," ujar Jaja.

(sud/iqk)