PAN-PPP Jabar Usul Ketum Parpol di KIB jadi Kandidat Capres 2024

PAN-PPP Jabar Usul Ketum Parpol di KIB jadi Kandidat Capres 2024

Tim detikJabar - detikJabar
Sabtu, 01 Okt 2022 01:10 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu
Koalisi Indonesia Bersatu (Foto: Golkar)
Bandung -

Teka-teki calon presiden yang diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih tanda tanya. Ketua Umum dari masing-masing partai yang tergabung di KIB diusulkan jadi prioritas.

Sekretaris DPW PAN Jawa Barat Hasbullah Rahmad menuturkan berdasarkan rakesnas PAN, ada tiga nama muncul sebagai kandidat capres yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Hasbullah juga mengaku PAN menerima bila nantinya Airlangga yang dipilih jadi Capres.

"Artinya siapapun nantinya dari tiga Ketua Umum itu yang menjadi Capres itu sudah sah di internal partai kami karena sudah melalui Rakernas," ujar Hasbullah kepada wartawan di Bandung, Jumat (30/9/2022).


Hasbullah menuturkan partainya yang identik dengan warna biru ini punya alasan mengapa tiga nama ketum yang diusulkan menjadi kandidat kuat Capres di Pilpres 2024. Menurut Hasbullah, hal itu dilakukan untuk menunjukkan nuansa baru dalam kontestasi politik.

Meski dianggap keputusan bersifat dilematis bagi parpol, namun sambung dia, hal itu langkah tepat dalam demokrasi tanah air.

"Ini menjadi dilematis, jika kita mengikut arus dari figur yang populer sebut saja ada Ganjar, Anies, Ridwan Kamil itu tidak bisa diratakan di seluruh republik ini, dia punya kantong massanya masing-masing. Dan kalau kita sebut hari ini, itu bertentangan dengan konstituen basis massa kami. Makanya sudah benar kami koalisi KIB memunculkan calon presidennya dari Ketua Umum partai kami masing-masing," tutur Hasbullah.

Nantinya, kata dia, masing-masing parpol akan berembug untuk menentukan satu nama yang akan dijadikan kandidat kuat. Asalkan, calon yang dipilih memiliki gagasan permanen bagi kebaikan bangsa.

"Itu yang penting harus kita pegang karena gagasan itulah yang membuat pegangan kita membawa Indonesia lebih baik," katanya.

Sementara itu, Pjs Ketua DPW PPP Jabar Pepep Syaiful Hidayat juga sependapat. Menurut Pepep, partai berlogo Kakbah ini akan merekomendasikan tiga nama ketum KIB termasuk Airlangga di dalamnya.

"Proses untuk merekomendasikan nama terhadap kandidat capres itu kita sekarang sedang melakukan Mukercab dan itu media penjaringan dari struktur nanti pada waktunya kami akan melaksanakan Mukerwil dan setelah Mukerwil tentu akan kita bawa ke Mukernas dan merekomendasikan beberapa nama dan pasti masing-masing Ketua Umum partai itu pasti ada," katanya.



Simak Video "Kode Airlangga Sebut Warna Parpol yang Bakal Gabung KIB"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)