Warga Mulai Beraktivitas Usai Banjir Sungai Cikaso Rendam Pemukiman

Warga Mulai Beraktivitas Usai Banjir Sungai Cikaso Rendam Pemukiman

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Jumat, 30 Sep 2022 17:00 WIB
Cerita Penyintas Banjir Sungai Cikaso, Tergenang Banjir Sepinggang di Lantai 2
Banjir Sungai Cikaso (Foto: Syahdan Alamsyah/detikJabar)
Sukabumi -

Sepekan sejak banjir bandang Sungai Cikaso, Desa/Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi merendam pemukiman warga, aktivitas warga perlahan mulai pulih. Berbagai bantuan juga sudah terdistribusikan kepada warga terdampak.

Hal itu dikatakan Anna Rudianugraha, Camat Cibitung kepada detikJabar Jumat (30/9/2022). Ia memastikan saat ini aktivitas warganya mulai normal lagi.

"Alhamdulillah untuk penanganan dan pasca bencana, kegiatan masyarakat sudah berjalan normal lagi. Berjalan harus cepat yang artinya jangan sampai trauma, beraktivitas bekerja, di sekitar itu sudah mulai pulih," kata Anna.


Pengelolaan keluar-masuk bantuan juga sudah diserahkan ke aparat desa, meskipun begitu pendistribusian bantuan masih dilakukan aparat gabungan dan para relawan.

"Terkait dengan bantuan penyaluran bantuan alhamdulillah masih berjalan dengan baik, untuk posko itu sekarang sudah diserahkan pihak desa. Kami menyampaikan terimakasih kepada para donatur yang memberikan bantuan kepada masyarakat kami," ujar Anna.

Salah seorang warga Kampung Ciniti, Dian Rahayu membenarkan pihaknya sudah mendapatkan bantuan terkait bencana. Bantuan berupa mie instan itu sudah diterima keluarganya. Namun saat ini ia mempertanyakan perbaikan rumahnya yang rusak pasca banjir.

"Kalau bantuan mie instant sudah kami terima, namun untuk perbaikan rumah masih belum ada sampai saat ini. Kemarin ada pendataan, saya juga masuk namun untuk perbaikannya belum sampai hari ini," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Camat Anna menjawab saat ini masih dalam proses termasuk berkoordinasi dengan Baznas.

"Penanganan kerusakan itu kan ada beberapa rumah yang sedang atau rusak berat hingga tidak bisa ditempati. Kita dengan pemerintah desa sedang melakukan komunikasi dengan intens dan sudah menyampaikan kepada pihak-pihak seperti Baznas, sudah sampaikan permohonan bantuan pembangunan," jawab Anna.



Simak Video "Penampakan Pascabanjir Luapan Sungai Cikaso Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(sya/dir)