Banjir di Pangandaran Berangsur Surut

Banjir di Pangandaran Berangsur Surut

Aldi Nur Fadillah - detikJabar
Kamis, 29 Sep 2022 19:19 WIB
Situasi terkini banjir Pangandaran
Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar
Pangandaran -

Banjir yang menerjang Kabupaten Pangandaran berangsur surut. Warga yang sebelumnya mengungsi mulai kembali ke rumah masing-masing.

Sebagaimana diketahui, banjir mengepung Desa Bunisari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran beberapa hari terakhir. Di salah satu dusun yaitu Dusun Cicurug, desa tersebut, ketinggian air sudah mulai surut.

Kepala Desa Bunisari Saepudin mengatakan, kondisi air berangsur surut. Warga yang rumahnya sempat terendam kini mulai bebenah.


"Ketinggian air sudah menurun dari 3 meter menjadi 1 meter," kata Saepudin, Kamis (29/9/2022).

Namun masih ada sebagian wilayah banjir yang belum surut. Terutama di Dusun Cioe ketinggian air masih 3 meter.

Menurutnya penyebab banjir di Desa Bunisari akibat penghalang tanah. Sehingga aliran air terhalang oleh tebing dan bukit.

"Saat ini masyarakat Bunisari meminta untuk pensodetan karena daerah tersebut mayoritas pegunungan dan dataran tinggi," ucapnya.

Bantuan dari berbagai elmen masyarakat terus berdatangan untuk warga yang terdampak banjir. "Alhamdulillah bantuan terus berdatangan untuk warga kami yang terdampak sebanyak 88 rumah," ucapnya.

Bantuan Mengalir

Sementara itu, Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana mengatakan bantuan mengalir untuk warga terdampak. Beberapa di antaranya seperti tiga buah perahu dari Kementerian Sosial.

"Bantuan untuk warga Desa Bunisari terus berdatangan, terutama hari ini ada bantuan 3 perahu Polyethylene dari Kemensos RI," ucapnya.

Nana juga mengatakan bantuan bagi warga terdampak juga datang dari BRI Kanca Banjar. Bantuan sembako hingga nasi box diberikan kepada puluhan warga.

"Untuk nasi box kami sebarkan ke 88 rumah warga yang masih terendam banjir," katanya.



Simak Video "Masih Terendam Banjir, Begini Penampakan Perumahan Ciledug Indah Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)