PPP Ungkit Janji Ridwan Kamil Tak Akan Gabung Parpol

PPP Ungkit Janji Ridwan Kamil Tak Akan Gabung Parpol

Tim detikJabar - detikJabar
Kamis, 29 Sep 2022 23:30 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana (kanan) menyapa warga saat bakti sosial di Kampung nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022). Polda Jabar bersama Pemprov Jawa Barat memberikan paket bantuan sembako kepada 2.000 nelayan di wilayah pesisir Pantura yang terdampak kenaikan harga BBM subsidi. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Jakarta -

PPP turut menyoroti rumor menguatnya Ridwan Kamil yang bakal bergabung dengan Partai Golkar. PPP sebagai partai pengusung Ridwan Kamil saat Pilgub Jawa Barat lalu mengungkit janji mantan Wali Kota Bandung tersebut.

Dilansir dari detikNews, Waketum PPP Arsul Sani mengatakan dirinya belum mendapat informasi langsung dari Ridwan Kamil soal rencana masuk parpol. Arsul kemudian mengungkit kesepahaman antara RK dengan partai-partai pengusungnya di Pilgub Jabar.

"Bagi PPP, bergabung dengan satu partai itu adalah hak warga negara. Meski tentu karena dulu Kang RK itu menjadi Gubernur Jabar diusung oleh PPP, PKB dan Nasdem dan ada semacam understanding antara tiga parpol dengan RK bahwa dirinya tidak akan masuk salah satu parpol. Apalagi parpol di luar pengusungnya selama masih menjadi Gubernur," kata Arsul kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).


Arsul menganggap wajar PPP dan partai-partai pengusung RK bereaksi jika RK bergabung parpol. Namun, katanya, tak ada yang mempermasalahkan keputusan RK bergabung ke partai politik usai masa jabatannya sebagai Gubernur Jabar tuntas.

"Lain posisinya kalau nanti Kang RK sudah selesai menjabat gubernur, maka hak konstitusionalnya untuk berpartai tidak lagi terikat atau terbebani dengan komitmen moral tentang tidak berpartai di atas," ucapnya.

"Namun apa reaksi dimaksud ya terlalu pagi jika disampaikan saat ini ketika Kang RK-nya sendiri belum menegaskan soal itu," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disebut bakal mengumumkan masuk partai politik pada Desember 2022. Kini, mulai menguat isu Ridwan Kamil akan berlabuh ke Partai Golkar.

Kabar menguatnya Ridwan Kamil bakal berseragam Partai Golkar turut diamini sejumlah sumber detikJabar dari kalangan kader internal Partai Golkar. Sementara, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily belum mau berkomentar mengenai isu tersebut.

"Konfirmasinya langsung ke Kang Ridwan Kamil aja ya," kata Ace, Rabu (28/9).

Artikel ini telah tayang didetikNews dengan judul PPP Klaim Ridwan Kamil 'Janji' Tak Gabung Parpol Jika Masih Gubernur

(ral/orb)