4 Rekomendasi Drama Korea dengan Genre Kriminal

4 Rekomendasi Drama Korea dengan Genre Kriminal

Cornelis Jonathan Sopamena - detikJabar
Kamis, 29 Sep 2022 07:30 WIB
Big Mouth Episode 16
Drama Korea Big Mouth. (Foto: Dok. MBC TV)
Bandung -

Rekomendasi drama Korea dengan genre kriminal bisa menemani Anda saat berakhir pekan. Drama Korea memiliki alur cerita yang seru dan asik bahkan menyimpan kejutan.

Drama Korea sendiri biasanya identik dengan cerita-cerita romansa. Sayangnya, tidak semua kalangan menyukai kisah percintaan, terutama yang terlalu melankolis.

Oleh karena itu, detikJabar merangkum beberapa drama Korea yang memiliki genre kriminal. Serial-serial ini pun menawarkan berbagai aksi yang menegangkan dan pastinya terus membuat penontonnya penasaran serta bertanya-tanya.


Berikut 4 rekomendasi drama Korea genre kriminal yang berhasil dirangkum detikJabar.

1. Stranger

Mengisahkan tentang seorang jaksa yang tidak memiliki perasaan, drakor yang satu ini tentu tidak dapat dilewatkan. Jaksa bernama Hwang Si-mok (Cho Seung-woo) tersebut dikisahkan kehilangan emosinya akibat operasi otak saat masih belia.

Sebagai seorang jaksa, Si-mok merupakan seorang sosok yang sangat dingin, logis, jujur, dan antikorupsi. Kekurangan yang ia ubah menjadi kelebihannya tersebut sukses membuat dirinya menjadi salah satu jaksa terbaik.

Saat tengah mengusut suatu kasus pembunuhan, dirinya bertemu dengan letnan polisi bernama Han Yeo-jin (Bae Doona). Ternyata, karakter mereka yang gigih dalam mengusut kasus dan tidak bisa dihasut oleh atasan membuat keduanya sukses mengupas tuntas berbagai kasus di Korea Selatan.

Kasus-kasus yang mereka pecahkan bahkan membuka fakta-fakta baru di Korea Selatan, termasuk dalam tubuh kepolisian dan kejaksaan. Bagaimana kisah kelanjutannya? Apakah dirinya sukses menemukan kebusukan di dalam kantor kejaksaan dan kepolisian Korea Selatan?

Untuk mengetahui kelanjutannya, Anda dapat menyaksikan serial ini di Netflix.

Pemeran: Cho Seung-woo, Bae Donna, Shin Hae Sun, Lee Joon-hyuk, Lee Kyu-hyung.
Tahun Rilis: 10 Juni 2017.
Jumlah Episode: 16 episode (season 1), 16 episode (season 2).
Rating Usia: 16+

2. Signal

Drama dengan genre kriminal selanjutnya diangkat dari berbagai kasus kriminal yang Korea Selatan. Kisah ini menceritakan Park Hae-young (Lee Je-hoon), seorang polisi sekaligus pengungkap profil kriminal yang berusaha mengungkap penculikan gadis muda 15 tahun silam.

Pasalnya, Hae-young yang pada saat itu merupakan seorang siswa sekolah dasar merupakan saksi mata kejahatan tersebut. Dirinya kemudian melaporkan pandangan matanya tersebut pada pihak polisi. Namun, polisi tidak dapat menemukan pelakunya.

Di tahun 2015, Hae-young yang sudah menjadi polisi menemukan sebuah walkie talkie yang sudah terlihat usang dan tua. Ternyata, walkie talkie tersebut memiliki kemampuan spesial, yaitu menghubungkan dirinya dengan detektif Lee Jae-han (Cho Jin-woong) yang berada di tahun 1989.

Hae-young kemudian merahasiakan keberadaan walkie talkie itu. Bersama Jae-han, dirinya mengungkap berbagai kasus-kasus tak terpecahkan yang ada di Korea Selatan.

Apakah keduanya berhasil memecahkan seluruh kasus? Atau salah satu diantaranya ketahuan dan semuanya menjadi berantakan? Simak kisah Signal di Netflix.

Pemeran: Lee Je-hoon, Kim Hye-soo, Cho Jin-woong, Lee Sang-yeob, Jang Hyun-sung.
Tahun Rilis: 22 Januari 2016.
Jumlah Episode: 16 episode.
Rating Usia: 16+

3. Beyond Evil

Salah satu Drama Korea dengan genre kriminal terlaris ini mengisahkan mantan detektif hebat bernama Lee Dong-sik (Shin Ha-kyun) yang harus turun jabatan dan bertugas di kota kecil. Karena ditempatkan di kota kecil yang sepi, dirinya menjadi bosan dengan pekerjaannya, hingga suatu ketika ia bertemu detektif Han Joo-won (Yeo Jin-goo).

Joo-won sendiri merupakan anak dari seorang calon kepala kepolisian Korea. Dirinya kemudian ditugaskan menjadi kepala Kantor Polisi Manyang. Berbagai masalah kemudian muncul di kota tersebut, termasuk serangkaian pembunuhan keji.

Dong-sik dan Joo-win kemudian bekerja sama untuk mengusut tuntas dan menghentikan pelaku pembunuhan tersebut. Namun, saat mendalami kasus tersebut, mereka justru merasa bersalah atas berbagai fakta yang mereka temukan.

Fakta apa yang berhasil mereka ungkap? Apakah mereka sanggup menghentikan sang pembunuh berantai? Kelanjutan kisah ini dapat Anda saksikan di Netflix atau Viu.

Pemeran: Yeo Jin-goo, Shin Ha-kyun, Choi Sung-eun, Lee Do-hyun, Choi Dae-hoon.
Tahun Rilis: 19 Februari 2021.
Jumlah Episode: 16 episode.
Rating Usia: 16+

4. Big Mouth

Salah satu drama Korea bergenre kriminal terbaru dan tengah viral ini bercerita tentang seorang pengacara muda bernama Park Chang-ho (Lee Jong-suk). Sayangnya, karir Chang-ho dinilai jauh dari kata cemerlang lantaran dirinya kerap gagal saat membela di persidangan.

Chang-ho juga disebut terlalu banyak bicara. Oleh karena itu, ia mendapat julukan si mulut besar (Big Mouth). Kebetulan, ia terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan dan dianggap sebagai penipu jenius dengan nama 'Big Mouse'. Sialnya, kasus pembunuhan tersebut melibatkan para elite di Korea Selatan.

Bersama dengan istrinya, Go Mi-ho (Yoona SNSD), Chang-ho berusaha untuk membersihkan namanya. Mereka berdua turut bekerja keras untuk mengungkap konspirasi besar yang menuding Chang-ho sebagai seorang penipu.

Berhasilkah Chang-ho dan Mi-ho mengungkap 'Big Mouse' yang sebenarnya? Bagaimana nasib mereka ke depannya? Untuk mengetahui kisah mereka selanjutnya, Anda dapat menyaksikan Big Mouth di Disney+ Hotstar.

Pemeran: Lee Jong-suk, Im Yoon-ah (Yoona SNSD), Kwak Dong-yeon, Ok Ja-yeon, Kim Joo-hun.
Tahun Rilis: 29 Juli 2022.
Jumlah Episode: 16 episode.
Rating Usia: 17+

(iqk/iqk)