Angkot Canggih Bakal Meluncur di Kota Sukabumi, Bayarnya Nontunai!

Angkot Canggih Bakal Meluncur di Kota Sukabumi, Bayarnya Nontunai!

Siti Fatimah - detikJabar
Senin, 19 Sep 2022 14:27 WIB
Angkot ber-AC dan cashless di Kota Sukabumi
Angkot ber-AC dan cashless di Kota Sukabumi (Foto: Siti Fatimah/detikJabar)
Sukabumi -

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Perhubungan telah meluncurkan angkutan kota (angkot) AC. Kabarnya, angkot ber-AC akan dioperasikan tahun depan ditambah dengan angkot sistem pembayaran non tunai alias cashless.

Diketahui, peluncuran angkot AC itu bertepatan dengan Puncak Hari Perayaan Perhubungan Nasional tingkat Jawa Barat. Selain itu, peresmian juga disaksikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro, Kepala Dinas Perhubungan Jabar Koswara dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

"Alhamdulillah Kota Sukabumi telah ditunjuk oleh gubernur sebagai tuan rumah hari perhubungan nasional tingkat provinsi Jabar yang acara puncaknya dilaksanakan hari ini," kata Kadishub Kota Sukabumi Abdul Rachman kepada detikJabar, Senin (19/9/2022).


Angkot ber-AC dan cashless di Kota SukabumiAngkot ber-AC dan cashless di Kota Sukabumi Foto: Siti Fatimah/detikJabar


"Tadi soft launching langsung oleh Pak Dirjen. Inovasi kita meluncurkan Angkot Renyah resik, nyaman dan handal. Resik itu yang lebih bagus, bersih, nyaman akan dilengkapi dengan AC dan handal itu kita mendapatkan angkot dengan sistem aplikasi. Tidak lagi penumpang menunggu di jalan tapi bisa lewat aplikasi," sambungnya.

Lebih lanjut, sistem pembayarannya pun tak lagi manual tapi dengan cashless menggunakan QRis. Dia mengatakan, angkot AC dan cashless itu akan ditawarkan kepada Kelompok Kerja Usaha (KKU).

"Kita akan tawarkan ke KKU dan sopir angkot dengan sistem peremajaan. Jadi angkot yang lama akan dihilangkan dan akan diganti dengan angkot ini. Angkot Renyah ini akan kita atur dengan dua tipe pelayanan, pelayanan reguler dan sistem charter," katanya.

Masyarakat bisa memesan angkot seperti kendaraan online. Pihaknya menyebut, saat ini masih menggodog terkait sistem pembayaran dan aplikasi.

"Nanti kita bedakan. Aplikasi masih progres terus sistem pembayaran juga masih on progres. Ini baru soft launching kita masih dalam proses pematangan sisi aplikasi dan pembayaran," sambungnya.

Angkot ber-AC dan cashless di Kota SukabumiAngkot ber-AC dan cashless di Kota Sukabumi Foto: Siti Fatimah/detikJabar


Dia menargetkan penggunaan angkot AC dan cashless akan diterapkan paling lambat pada 2023 mendatang. Selain mempersiapkan aplikasi dan unit kendaraan, mereka juga masih berfokus pada sosialisasi penggunaan non-tunai kepada sopir angkot.

"Target mungkin tahun depan kita coba, akan kita sosialisasi terus dengan sopir dan kerja sama dengan beberapa bank agar sopir bisa dengan mudah mendapatkan angkot sistem kredit. Tahun ini belum mengaspal, grand launching nanti, target paling lama tahun depan," katanya.

(yum/yum)