Saran Dokter untuk Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja

Saran Dokter untuk Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja

Tim detikHealth - detikJabar
Jumat, 16 Sep 2022 06:00 WIB
ilustrasi mata minus
Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Menatap layar komputer dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata lelah dan kesehatan mata terganggu seperti muncul bayangan ketika melihat.

Dilansir detikHealth, dokter spesialis mata dari RSPI Sulianti Saroso, dr Emilia Setyaadmadja mengatakan, mata harus diistirahatkan dari layar komputer selama 15 menit.

dr Emilia mengatakan, pada waktu istirahat tersebut seseorang disarankan untuk melihat jauh dengan jarang sekitar 6 meter atau menutup mata.


"Kita menatap layar komputer kira-kira dua jam itu sudah menyebabkan mata lelah, menurut penelitian ya. Jadi karena kita nggak mungkin kan dua jam dalam waktu satu hari. Kita kerja pasti berjam-jam, bahkan bisa sampai 12 jam ya, lebih mungkin pada orang-orang tertentu," tuturnya dalam acara podcast Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Rabu (14/9/2022).

"Jadi biasanya kalau kita menggunakan komputer dua jam, itu harus istirahat 15 menit. Tetapi dalam rentan waktu dua jam itu, kalau 20 menit lihat komputer, harus selama 20 detik melihat jauh dengan jarak 20 kaki atau 6 meter. Jadi intensitas kita semakin lama kita melihat komputer, semakin cepat pula menimbulkan rasa ketidaknyamanan itu," lanjutnya.

Pada waktu istirahat tersebut, seseorang disarankan dalam posisi duduk dengan tegak dan mata jangan terlalu fokus ke layar komputer. Beri jarak sekitar 50 sampai 70 centimeter dengan kemiringan sekitar 20 derajat.

"Istirahat dulu, sarannya sih seperti itu. Istirahatnya itu kita melihat jauh atau menutup mata," kata dr Emilia.

"Posisi duduk harus tegak matanya jangan terlalu fokus banget ya ke layar komputer. Kan ada jarak ke layar komputer kira-kira 50-70 sentimeter, kemiringannya juga 20 derajat. Duduknya juga harus yang nyaman juga, kaki harus ke lantai supaya tidak lelah posisinya," lanjutnya.


Artikel ini telah tayang di detikHealth dengan judul Saran Dokter Mata Biar Nggak Cepat Nge-blur saat Seharian Kerja di Depan Komputer. Baca selengkapnya di sini.

(iqk/iqk)