25 Ucapan Belasungkawa Agama Islam yang Menguatkan Hati

25 Ucapan Belasungkawa Agama Islam yang Menguatkan Hati

Tim detikJabar - detikJabar
Rabu, 14 Sep 2022 07:30 WIB
A man sitting at the end of a bed, deep in solemn thought.
Ilustrasi duka cita (Foto: Dok. iStock)
Bandung -

Islam mengajarkan untuk menghormati orang yang meninggal dunia apalagi orang yang kita kenal. Sebagai seorang muslim, kita harus memberi ucapan belasungkawa untuk memberi dukungan pada keluarga yang berduka.

Ucapan berduka cita dalam agama Islam menunjukkan perhatian kita sebagai sesama muslim agar keluarga yang ditinggalkan tidak larut dalam kesedihan.

Belasungkawa dalam Islam berisi doa-doa yang baik. Tidak perlu kalimat yang panjang. Hal terpenting kalimat belasungkawa itu diberikan dengan tulus.


Ucapan belasungkawa ini bisa dikirimkan melalui pesan singkat di Whatsapp atau sebagai komentar di kolom media sosial.

Ucapan belasungkawa agama Islam :

1. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah SWT menempatkan di tempat terbaik dan orang di sekitar diberikan kekuatan untuk melewati musibah ini.

2. Innalillahi wainnalillahi rojiun, turut berduka cita. Semoga beliau ditempatkan di Jannah, amin.

3. Innalillahi wainnalillahi rojiun, saya bersaksi ibumu adalah orang yang baik. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik.

4. Kullu Nafsin Zaa'ikatul Maut, Allahu akbar. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan menerangi dengan berkah-Nya.

5. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Turut berduka cita. Insya Allah ibumu mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

6. Allahummaghfirlaha warhamha wa'aafihi wa'fu'anha (jika yang meninggal wanita). Tetaplah kuat atas kepergiannya. Jangan bersedih karena, dia sudah mendapat tempat terbaik.

7. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu (jika yang meninggal pria). Ya Allah, ampunilah dosa sahabatku, sayangi dia. Hindarkanlah dia dari azab kuburnya. Perkenankanlah ia kelak menghuni surga-Mu.

8. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Kamu harus kuat. Saat ini teruslah panjatkan doa untuknya agar bisa menjadi penerang di alam kubur.

9. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian, maka dari itu bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini.

10. Sesungguhnya ia adalah milik Allah SWT. Putramu adalah anak yang baik dan berbakti. Semoga dia husnul khotimah.

11. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga dia husnul khotimah. Kirim selalu doa untuknya.

12. Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Turut berduka cita, semoga Allah SWT memberikanmu kesabaran.

13. Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik untuk Almarhum dan kamu selalu diberi ketabahan.

14. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga Allah SWT menerangi kuburnya dan keluarga yang ditinggal mendapat ketabahan.

15. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga beliau husnul khotimah.

16. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu (Jika yang meninggal pria). Wahai Allah, ampunilah dia, kasianilah dia, sejahterakanlah dia dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya.

17. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga kamu diberikan kekuatan menghadapi ujian ini. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita.

18. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah dan mengampuni segala dosanya. Semoga surga Allah SWT ditetapkan untuknya.

19. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Aku turut berduka cita atas meninggalnya orangtuamu. Semoga kamu dan keluarga diberi ketabahan dari peristiwa ini.

20. Semoga Allah SWT memudahkan almarhum atau almarhumah melewati semua tahapan kehidupan di akherat. Turut berduka cita sedalam-dalamnya.

21. Inna Lillahi Wa Inna Ilahi Raji'un. Kamu berhak untuk menangis sepuasnya, tapi jangan pernah lupa untuk berdoa kepada Allah agar ayahmu yang tersayang tetap di Jannah.

22. Inna Lillahi Wa Inna Ilahi Raji'un. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan memberinya kedamaian abadi. Allah SWT selalu menyayangi orang-orang yang beriman kepadanya.

23. Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya. Allah SWT telah mengambil apa yang menjadi milik-Nya. Jangan putus asa dan terus berdoa.

24. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Turut berdukacita atas kepergiannya, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.

25. Turut berduka cita. Semoga Allah SWT memberimu kesabaran di masa sulit ini dan memberimu kekuatan untuk melewati musibah ini.

(iqk/tya)