Cengkeraman Harimau pada Bayi yang Dilawan sang Ibu

Kabar Internasional

Cengkeraman Harimau pada Bayi yang Dilawan sang Ibu

Tim detikNews - detikJabar
Rabu, 07 Sep 2022 21:30 WIB
Kembalinya harimau di Nepal membawa kegembiraan sekaligus ketakutan
Ilustrasi harimau. (Foto: BBC World)
New Delhi -

Seorang ibu di India mati-matian menyelematkan bayinya dari cengkraman harimau. Keduanya mengalami luka karena serangan harimau.

Seperti dilansir AFP, Rabu (7/9/2022), wanita India yang berusaha menyelamatkan bayinya itu bernama Archana Choudhary.

Kejadian heroik sekaligus mencekam itu berawal saat Archana Choudhary keluar dari rumahnya yang berada di wilayah Madhya Pradesh pada Minggu (4/9) malam waktu setempat. Saat itu, bayi laki-lakinya yang berusia 15 bulan ingin buang air kecil.


Tiba-tiba, seekor harimau menerkam bayinya. Harimau itu diyakini kabur dari Cagar Harimau Bandhavagarh. Cagar harimau yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Seorang pejabat lokal Sanjeev Shrivastava mengatakan harimau itu menyerang dan berupaya menancapkan giginya ke kepala bayi. Melihat kejadian itu, sang ibu berusaha menyelamatkan bayinya dengan melompat.

Harimau tetap menarik bayi itu. Sang ibu pun teriak. Hingga akhirnya penduduk desa datang dan membantu karena mendengar teriakan. Harimau pun kabur setelah penduduk desa datang ke lokasi kejadian.

"Dia dibawa ke rumah sakit. Dia sudah lepas dari bahaya dan dalam pemulihan. Bayinya juga baik-baik saja," tutur Shrivastava seperti dikutip detikNews.

Alami Luka di Perut dan Paru-paru

Karena kejadian itu, wanita yang berupaya menyelamatkan bayinya itu mengalami luka tusukan di Paru-paru dan bagian perut. Begitupun dengan bayinya yang mengalami luka di kepala. Luka di kepala bayinya dikabarkan cukup dalam.

Sementara itu, menurut The Times of India melaporkan tentang upaya pencarian terhadap harimau agar kembali ke wilayah cagar. Imbauan juta diterbitkan agar warga setempat tetap berada di dalam rumah.

Dilaporkan juga terjadi peningkatan saling berhadap-hadapannya atau konfrontasi antara manusia dan hewan di Asia Selatan. Hal ini dikarenakan banyak wilayah hutan yang hilang akibat perluasan perkotaan. Menurut data pemerintahan, nyaris 225 orang tewas dalam serangan harimau antara tahun 2014-2019 di India.

Data yang sama menunjukkan lebih dari 200 ekor harimau dibunuh oleh pemburu liar, atau tersengat listrik antara tahun 2012-2018. India sendiri menjadi habitat bagi sekitar 70 persen populasi harimau di dunia. Populasi harimau diperkirakan mencapai 2.967 ekor tahun 2018 lalu.

Artikel ini telah terbit di detikNews dengan judul Aksi Heroik Ibu Mati-matian Lawan Harimau yang Terkam Bayinya.

(orb/orb)