7 Makanan Pembersih Paru-paru, Perokok Harus Tahu!

7 Makanan Pembersih Paru-paru, Perokok Harus Tahu!

Tim detikHealth - detikJabar
Selasa, 06 Sep 2022 18:00 WIB
Paru-paru
Ilustrasi paru-paru (Foto: Live Science)
Bandung -

Paru-paru adalah organ dalam yang vital dan sangat perlu dijaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai penyakit yang mengganggu sistem pernafasan. Selain cek kesehatan secara rutin, sejumlah makanan tertentu diklaim dapat membantu paru-paru kita tetap bersih.

Dikutip dari detikHealth, walau tidak dikonsumsi secara langsung, ada saja faktor-faktor eksternal yang dapat mengotori paru-paru, seperti asap rokok di lingkungan sekitar, polusi, dan radikal bebas (oksidan). Oleh karenanya penting bagi manusia merubah gaya hidup dan pola makan untuk meningkatkan kualitas paru-paru.

Tidak perlu makanan mahal, bahkan harus impor dari luar negeri. Cukup dengan makanan enak dan mudah ditemukan di bawah ini bisa membantu membersihkan kembali paru-paru.


Makanan untuk Membersihkan Paru-paru

1. Paprika

Paprika adalah salah satu sumber terkaya vitamin C. Dikutip Healthline, mengonsumsi satu paprika merah berukuran sedang (119 gram) memberikan 169 persen dari asupan vitamin C yang direkomendasikan. Bagi perokok buah ini sangat disaran untuk dikonsumsi karena menambah 35 mg vitamin C per hari.

Pasalnya, banyak penelitian menunjukkan bahwa perokok dengan asupan vitamin C tinggi memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang asupan vitamin C lebih rendah.

2. Apel

Sebuah laporan penelitian telah menunjukkan bahwa makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, mengonsumsi lima apel atau lebih per minggu bisa meningkatkan fungsi paru-paru yang lebih besar dan menurunkan risiko Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Asupan apel juga dikaitkan dengan risiko asma dan kanker paru-paru yang lebih rendah. Hal dimungkinkan karena tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk kandungan flavonoid dan vitamin C.

3. Labu

Daging labu yang berwarna kuning cerah ternyata mengandung berbagai senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Ia sangat kaya akan senyawa karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Studi menunjukkan bahwa kadar karotenoid dalam darah yang tinggi menjadikan kinerja paru-paru lebih baik. Perokok mempunyai konsentrasi antioksidan karotenoid 25 persen lebih rendah yang dapat membahayakan kesehatan sistem pernapasan, seperti paru-paru. Maka dari itu, makanan ini sangat dianjurkan bagi mereka untuk menormalkan kembali kinerja paru-paru.

4. Kunyit

Kunyit sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan seluruh bagian tubuh karena efek antioksidan dan anti inflamasinya yang kuat. Kurkuma, komponen aktif utama dalam kunyit memberikan efek baik untuk mendukung fungsi paru-paru.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian kesehatan yang terbit pada Desember 2012 dengan 2.478 orang. Hasilnya ditemukan bahwa asupan kurkuma dapat meningkatkan performa paru-paru. Ditambah, fungsi paru-paru perokok yang memiliki asupan tinggi kurkuma secara signifikan lebih baik, daripada perokok yang asupan kurkumanya rendah.

5. Tomat dan Olahannya

Hampir sama dengan paprika, tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Tidak hanya itu, ia adalah salah satu sumber makanan kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid. Data penelitian 2017, mengungkapkan produk tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada pengidap asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada pengidap PPOK.

6. Teh Hijau

Kabar baik bagi kalian pecinta teh hijau! Sebab, teh jenis ini memiliki kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG), senyawa yang bekerja sebagai antioksidan dan antiinflamsi untuk menghambat fibrosis paru dan jaringan parut (luka).

Fibrosis paru adalah penyakit yang ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru. Sebuah studi kecil tahun 2020 pada 20 orang dengan fibrosis paru, menemukan bahwa pengobatan dengan ekstrak EGCG selama 2 minggu mengurangi gejala fibrosis.

7. Kopi

Selain meningkatkan semangat dan energi, secangkir kopi di pagi hari dapat membantu melindungi paru-paru manusia. Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru.

Asupan kopi dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pernapasan dan melindunginya dari penyakit. Sebab, kafein bertindak sebagai vasodilator untuk membantu membuka pembuluh darah. Selain itu, ia membantu mengurangi gejala pada pengidap asma, walaupun dalam jangka pendek.

Sangat mudah ditemukan bukan? Makanan untuk membersihkan paru-paru ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin, terutama pengidap gangguan saluran pernapasan. Tidak lupa dengan mencukupi kebutuhan mineral untuk mendukung kadar oksigen dalam tubuh.

Artikel ini telah tayang di detikHealth dengan judul 7 Makanan Untuk Membersihkan Paru-paru, Bisa Bikin Napas Lebih Lega

(sya/tey)