NasDem Fleksibel Jalin Komunikasi ke Tokoh Lain, Ini Alasannya

Whisnu Pradana - detikJabar
Kamis, 01 Sep 2022 21:38 WIB
Surya Paloh
Foto: dok. Whisnu Pradana/detikJabar
Bandung Barat -

Komunikasi antarpartai politik menghadapi Pemilu tahun 2024 mendatang mulai terjalin perlahan tapi pasti. Hal itu demi mencapai ambisi politik yang sesuai dengan subjektif yang dicanangkan partai.

Hal itu jualah yang dilakukan Partai NasDem. Pertemuan Ketum DPP Partai NasDem Surya Darma Paloh dengan tokoh-tokoh politik lain di Tanah Air mencuri perhatian tanpa mengedepankan idealisme masing-masing.

"Komunikasi dan pertemuan dengan sosok lain, probability itu ada saja dan kepada siapa aja. Hal itu karena NasDem bersifat fleksibel dan mobile pada teman-teman enggak ada handicap ideologis, psikologis, semua freedom," tutur Surya Paloh, Kamis (1/9/2022).


Dari hasil pertemuan dan komunikasi yang terjalin, kata dia, nantinya akan dicari kesamaan apa yang bisa diambil untuk kemudian menjadi kesepakatan tanpa perlu ada yang dipaksakan. Misalnya kala ia bertemu dengan Puan Maharani.

"Ya komunikasi batiniah itu ada, verbal juga ada. Itu terangkum semua saat pertemuan saya dengan Mba Puan. Antara Mbak Puan dan saya ini kan bukan 2, 3, 5, 10 tahun kenal. Tapi sudah puluhan tahun kenal. Ukuran yang cukup panjang saya mengenal keluarga Mbak Puan," ucap Surya Paloh.

Ia menyebut intisari yang bisa diambil dari setiap pertemuan yang terlaksana dengan tokoh-tokoh lainnya dimaksudkan untuk mengambil pilihan-pilihan terbaik diawali dengan niat baik.

"Jadi memang seperti saya katakan tadi komunikasi formal dan verbal emosional jadi satu. Jadi banyak probability yang kita lihat ke depan sana, sekali lagi semuanya demi pilihan terbaik," tutur Surya Paloh.

Meskipun demikian, ia tak mau terburu-buru menjalin sesuatu yang pasti dan terikat karena masa pelaksanaan Pemilu 2024 sendiri masih cukup lama dengan segala hal yang bisa terjadi.

"Tapi baru mencapai kesepakatan tertulis saja kan gitu. Saya pikir pemilu waktunya masih relatif panjang ya," kata Surya Paloh.

Namun sedari sekarang, kata dia, persiapan matang perlu dilakukan sedini mungkin sebagai upaya menaikkan kelas Partai NasDem pada kontestasi lima tahunan tersebut sehingga memiliki daya saing lebih tinggi lagi dengan partai tetangga lain.

"Kami mempersiapkan sungguh-sungguh agar Pemilu 2024 nanti naik kelas. Kalau sekarang klasifikasi sebagai partai urutan ke 4, jadi harus naik kelas bisa barangkali ke 2 kalau enggak ke 1. Hanya mungkin lebih realistis bisa menempatkan posisi runner up," kata Surya Paloh.



Simak Video "Polemik Usul Surya Paloh Tak Usah Pemilu Kalau Berujung Perpecahan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)