15 Contoh Deskripsi Diri Profesional Singkat dan Menarik Rekruter

15 Contoh Deskripsi Diri Profesional Singkat dan Menarik Rekruter

Kholida Qothrunnada - detikJabar
Sabtu, 27 Agu 2022 06:30 WIB
Seorang pria berpakaian biru sedang mengetik.
Foto: Thinkstock

Contoh deskripsi diri yang menarik tentu akan mampu membuat rekruter atau HRD melirik Curriculum Vitae (CV) atau resume kamu, khususnya bagi kalian yang lagi cari kerja. Deskripsi diri di CV merupakan gambaran profil seseorang yang ditulis dengan singkat tapi padat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deskripsi artinya penggambaran dengan kata-kata secara jelas serta terperinci. Sederhananya, pengertian deskripsi diri adalah gambaran tentang diri seseorang yang diuraikan dalam kalimat-kalimat.

Jangan salah lho, deskripsi diri dalam CV itu memiliki peran penting. Nah, dalam artikel ini akan ada beberapa contoh deskripsi diri yang menarik dan contoh deskripsi diri sendiri singkat yang cocok buat jadi referensi kamu dalam membuat deskripsi diri.


Pengertian Deskripsi Diri

Dikutip dari e-book Menggagas Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Era Kelimpahan oleh Randi Ramliyana, dkk, arti deskripsi diri adalah sesuatu pernyataan atau bentuk tulisan yang mengenalkan tentang diri sendiri seseorang, dari berbagai latar belakang yang dimiliki. Isi deskripsi diri bersumber dari diri seseorang.

Deskripsi diri menjelaskan siapa kamu, apa yang kamu lakukan, dan apa yang perlu diketahui orang lain tentang diri kamu. Umumnya, isi deskripsi diri adalah:

  • Nama lengkap dan nama panggilan (atau bisa langsung ke pengalaman profesional)
  • Informasi tentang pengalaman pekerjaan
  • Berisi tentang gambaran pendidikan
  • Keterampilan
  • Tujuan maupun pekerjaan yang diinginkan atau minat karier.

Detikers, dalam dunia kerja ternyata rekruter, user, atau pewawancara itu hampir selalu menanyakan pertanyaan "Coba deskripsikan tentang diri anda?" atau "Perkenalkan diri anda secara singkat!"

Dikutip laman magoosh, berikut adalah beberapa pertanyaan deskripsi diri saat interview kerja:

  1. Coba ringkaslah dirimu dalam kata-kata sesedikit mungkin!
  2. Deskripsikan diri kamu dalam satu kalimat.
  3. Sebutkan 3 kata yang paling menggambarkan dirimu?
  4. Bagaimana orang lain menggambarkan dirimu?
  5. Menurut kamu, apa sifat terpenting atau gambaran dirimu?
  6. Kata-kata apa yang muncul di benakmu saat memikirkan diri sendiri?
  7. Kata sifat apa yang akan kamu gunakan untuk menggambarkan diri sendiri?
  8. Bagaimana kamu menggambarkan kepribadian diri?

Nah, pertanyaan deskripsi diri itu sering dilontarkan karena mereka ingin tahu, seperti apa kamu dan bagaimana kamu memandang dirimu sendiri. Sehingga, kita perlu tahu cara membuat dan menyusun deskripsi diri yang baik dan benar dengan secara singkat.

Manfaat Deskripsi Diri

  • Menggambarkan tentang diri
  • Membantu memperkenalkan diri apalagi saat wawancara atau interview kerja
  • Membuat seseorang akan terlihat percaya diri dengan kemampuannya
  • Membuat kesan tentang diri kepada orang yang sedang diajak bicara.

Tips Membuat Deskripsi Diri

Mengutip laman Indeed Career, berikut adalah beberapa tips dan cara membuat deskripsi diri kita sendiri, yaitu:

1. Buatlah dengan Ringkas

Cara membuat deskripsi diri yang pertama yaitu dibuat dengan ringkas. Caraya, kalimat pertama perkenalan diri harus mencantumkan nama, jabatan atau pengalaman.

Jika kamu masih menganggur dan sedang mencari pekerjaan, kamu bisa menyebutkan jurusan, gelar pendidikan ataupun tingkat sertifikasi.

Contoh kalimat deskripsi: "Nama saya Andre Iskandar. Saya lulusan ilmu komputer dari Universitas Stanford."

2. Uraikan Pengalaman dan Pencapaian

Pengalaman dan pencapaian ini bisa disesuaikan pada bagian pengantar, untuk menyoroti detail yang paling relevan dengan orang yang kamu ajak bicara. Kalau kamu sedang ada dalam wawancara kerja, diskusikan tentang keterampilan dan pencapaian profesional.

Jika kamu akan memberikan presentasi, tawarkanlah informasi yang mendukung otoritasmu di area yang kamu ajak bicara. Saat kamu memperkenalkan diri kepada klien potensial, sebutkan produk dan layanan terbaikmu.

3. Akhiri dengan Baik Menyesuaikan Arah Tujuanmu

Saat membuat deskripsi diri untuk memperkenalkan diri, kamu juga perlu menyimpulkan diri kamu dengan mengarah ke apa yang kamu inginkan (terjadi selanjutnya). Misal, dalam interview kerja, sebutkan mengapa kamu adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu.

Contoh lain, perkenalan dirimu ke klien atau kolega baru juga harus diakhiri dengan ajakan untuk bertindak. Dalam hal bisnis, ini bisa berupa pertemuan, penjualan atau korespondensi lebih lanjut. Dalam presentasi, kamu bisa meringkas apa yang bakal kamu rencanakan untuk didiskusikan.

Contoh Deskripsi Diri Singkat yang Menarik

Dikutip dari laman cvplaza, detikcom telah merangkum dan juga membuat contoh deskripsi singkat tentang diri sendiri untuk cv, yakni sebagai berikut:

1. Contoh Deskripsi Diri Singkat Posisi Business Management

Berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam mengelola dan memimpin tim. Saya memiliki pemikiran logis dalam pendekatan praktis untuk pemecahan masalah dalam suatu proyek bisnis. Saya akan terus ingin belajar, karena saya senang mengatasi tantangan dan saya memiliki minat yang tulus dalam manajemen bisnis dan membuat organisasi sukses.

2. Contoh Deskripsi Diri yang Menarik untuk Melamar Posisi Manajer

Seorang yang energik dan ambisius. Hal itu terbukti, karena saya telah mengembangkan pendekatan yang matang dan bertanggung jawab, untuk setiap tugas yang saya lakukan maupun dalam situasi yang saya hadapi.

Sebagai seorang yang memiliki pengalaman 5 tahun dalam manajemen, saya sangat baik dalam bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu, dengan tepat waktu dan keunggulan. Dalam posisi saya sebelumnya, saya berhasil meningkatkan kinerja, operasi, dan produktivitas tim saya sebesar 45%.

3. Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate

Saya merupakan fresh graduate jurusan komunikasi dari Universitas Indonesia dengan dengan IPK 3.60. Selama 4 tahun kuliah, saya aktif berorganisasi dan pernah menjabat sebagai ketua BEM selama 1 tahun.

Selain itu, saya punya pengalaman magang sebagai penulis konten di salah satu perusahaan media online besar di Indonesia. Saya memiliki passion untuk bekerja di perusahaan media online atau TV. Saat ini, saya sangat tertarik untuk mendapatkan pengalaman dalam bidang jurnalis dan pemasaran digital.

4. Contoh Deskripsi Diri dalam CV Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa jurusan Akuntansi dari Universitas Padjajaran. Saya suka mengikuti berbagai perlombaan terkait akuntansi. Selain itu, saat semester 3 saya pernah mengikuti magang selama 4 bulan di salah satu bank.

Saya juga punya pengalaman menjadi admin akun Instagram produk lokal di kota saya. Selama menjadi admin sosial media, saya berhasil meningkatkan followers akun tersebut dari 1000 menjadi 6000 followers dalam waktu 4 bulan.

5. Contoh Deskripsi Diri Lulusan SMA

Saya adalah seorang siswa kelas XII SMA jurusan IPS. Saya merupakan orang yang up to date dan suka dengan pelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan skor TOEFL 550. Selain aktif dalam beberapa ekskul dan organisasi di sekolah, saya juga pernah menjadi pengajar di sebuah kursus selama 3 bulan.

6. Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate SMK

Lulusan SMK jurusan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari SMK... Berpengalaman dan mampu membangun jaringan LAN, WAN hingga instalasi jaringan lainnya. Saat ini, memiliki ketertarikan untuk bekerja menjadi menjadi IT support.

7. Contoh Deskripsi Diri untuk Customer Service

Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik yang telah berpengalaman dalam layanan pelanggan selama 2 tahun. Dalam peran saya saat ini khususnya sebagai customer service, saya telah menangani dari 200 masalah pelanggan. Saya berpengalaman dalam menangani pertanyaan hingga keluhan pelanggan melalui sambungan telepon maupun email.

8. Contoh Deskripsi Diri untuk Posisi Admin

Nama saya Wahyu, seorang yang berpengalaman di bidang Administrasi. Memiliki pengalaman sebagai staff admin di suatu perusahaan kontraktor lebih dari 6 tahun.

Saya menguasai pengolahan database, sistem administrasi serta mampu memahami microsoft office dengan baik. Selain itu, saya juga sangat teliti dan selalu memperhatikan detail sesuatu yang menjadi tanggung jawab saya, terutama terhadap hasil laporan administrasi.

9. Contoh Deskripsi Diri Pekerjaan Content Writer

Saya lulusan sastra Indonesia yang juga pandai berbicara, percaya diri dan menyukai tantangan. Skill terbesar saya adalah keterampilan menulis. Saya memiliki pengalaman 3 tahun dalam menulis.

Sudah ada sekitar 5000+ artikel saya yang telah dipublikasikan di surat kabar maupun platform media online terkemuka. Selama bekerja saya, saya telah berhasil memiliki pengalaman dalam meningkatkan traffic website sebesar 45% dalam waktu 7 bulan.

10. Contoh Deskripsi Diri Singkat di CV Posisi IT

Seorang profesional IT yang sangat kompeten, dengan rekam jejak yang terbukti dalam merancang situs web, jaringan, hingga pengelolaan basis data. Saya memiliki keterampilan teknis dan keterampilan interpersonal yang sangat baik, sehingga hal itu memungkinkan saya untuk berinteraksi dengan berbagai klien.

11. Contoh Deskripsi Diri Singkat Melamar Jadi Guru

Nama saya Bayu Permana. Saya lulusan jurusan pendidikan guru sekolah dasar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Saya telah mengikuti magang di sebuah sekolah swasta untuk anak-anak sekolah dasar selama 8 bulan.

Saat ini saya sangat bersemangat untuk menemukan posisi sebagai guru untuk tahun ajaran mendatang. Saya memiliki beberapa rencana pelajaran, yang saya buat selama magang. Saya percaya, saya akan sangat cocok untuk pembukaan kelas di sekolah anda.

12. Contoh Deskripsi Diri Posisi Penjualan/Ritel

Saya adalah individu yang pekerja keras dan selalu berusaha untuk mencapai standar tertinggi, pada setiap tugas yang diberikan. Dalam peran saya sebelumnya sebagai wakil penjualan, saya telah menunjukkan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan yang kuat, dengan menjual produk dan layanan kepada pelanggan dari semua latar belakang.

Selain itu, saya juga berpengalaman dalam menangani keluhan pelanggan dan memecahkan situasi bermasalah saat dan ketika keluhan itu muncul. Saya pernah dipromosikan dua kali, karena saya mampu melebihi 2 kali target penjualan saya.

13. Contoh Deskripsi Diri Desainer Grafis

Lulusan desain grafis dari Universitas....dan telah berpengalaman selama 2 tahun dalam bidang desain. Dibuktikan dengan mampu menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator hingga CorelDRAW dengan baik.

14. Contoh Deskripsi Diri dalam Bahasa Inggris

I'm a person who is highly organized. In fact, I always take notes and use a series of tools to help myself stay on top of deadlines. I also create a logical filing method so I'm always able to find what I need. In my last role, I created a new filing process that increased departmental efficiency 45%.

15. Contoh Deskripsi Diri Marketing

Marketing specialist dengan pengalaman 1 tahun. Memiliki pengalaman berhasil dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis 2 kali lipat dari waktu target. Saat ini juga konsisten membuat strategi penjualan dengan menggunakan proses digital marketing.

Tips Menjelaskan Deskripsi Diri saat Interview

Berikut adalah tips dan cara mendeskripsikan diri sendiri saat interview yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Jujur

Untuk membuat HRD terkesan, seringkali beberapa orang akan melebih-lebihkan atau berbohong tentang kepribadian, kemampuan dirinya. Jadi, cobalah untuk jujur dengan jawaban tentang deskripsi dirimu.

2. Sampaikan dengan Singkat dan Relevan

Saat interview, kamu perlu mendeskripsikan diri dengan singkat dan relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Mengapa? Karena sejatinya rektruter juga tidak mau mendengar seluruh kisah hidup kamu kok.

Kamu harus selalu memberikan jawaban lengkap dengan langsung ke intinya. Jadi, jawabannya tidak boleh bertele-tele atau menyertakan banyak detail yang tidak relevan.

3. Percaya Diri

Cara mendeskripsikan diri sendiri saat interview yaitu disampaikan dengan percaya diri. Salam sebuah wawancara, kita perlu percaya diri tentang semua hal yang kita katakan. Sejatinya, seorang HRD akan mencari individu yang percaya diri dan bisa mereka percayai untuk mengisi posisi yang sedang dicari.

4. Jangan Terkesan Menyombongkan Diri

Walaupun kita harus percaya diri dalam menyampaikan deskripsi diri, namun jangan malah menyombongkan diri. Bagian ini memang menjadi part yang mungkin cukup sulit dalam hal bagaimana kamu menggambarkan diri dalam sebuah wawancara.

Alih-alih ingin membuat diri terdengar bagus, namun kamu perlu menyampaikannya dengan tidak terdengar sombong. Jadi, jangan terlalu percaya diri juga ya karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Cobalah untuk fokus pada kualitas terbaik dirimu.

5. Pertahankan Hal-hal Positif

Saat interview, kamu perlu pertahankan hal-hal positif dari dirimu. Cobalah untuk lebih fokus pada kelebihan dan hal positif tentang dirimu.

Ingat, karena pewawancara atau rekruter akan cenderung tidak memilih untuk menerima kamu, kalau jika deskripsi dir kamui terlalu negatif. Jadi, pastikan untuk menjaga hal-hal positif ya!

Hal yang Perlu Dihindari saat Menulis Deskripsi Diri

Dikutip laman Top Universities, berikut adalah hal yang perlu dihindari saat menulis deskripsi diri:

1. Melebih-lebihkan Kebenaran (Berbohong)

Hal yang perlu dihindari saat menulis deskripsi diri adalah berbohong. Seringnya, untuk mengesankan rekruter, seseorang akan mencoba berbohong dengan melebih-lebihkan kemampuannya.

Nah, hal itu perlu dihindari. Pasalnya, kalau nantinya kamu mendapatkan pekerjaan itu, kamu mungkin akan merasa kesulitan dalam memenuhi harapan mereka. Mengapa? Ya karena kamu mencoba berbohong dalam menulis deskripsi diri di CV.

2. Kesalahan Penulisan Tata Bahasa

Saat kamu mencoba untuk menulis deskripsi diri, hindarilah kesalahan dalam penulisan. Memang, kesalahan seperti typo, ejaan, kata rancu itu akan membuat rekruter tidak terlalu tertarik lagi dengan CV kamu.

Cobalah untuk meminta orang lain, memeriksa CV kamu dari awal hingga akhir. Jadi, kamu juga perlu memperhatikan dan membacanya lagi sebelum dikirim ya.

3. Tidak Fokus Pada Pencapaian

Saat menulis deskripsi diri di CV, memang perlu kecenderungan untuk fokus pencapaian dari tugas kamu. Untuk itu jangan sampai kamu lupa untuk menulis pencapaian dari apa yang sudah kamu lakukan.

Contoh:

Banyak orang yang mencoba menuliskan kata "inovatif" pada deskripsi diri dalam CV. Hal itu dilakukan dengan harapan bisa membantumu poin lebih dari dirinya.

Jangan sampai kamu menuliskan kata inovatif di CV tanpa benar-benar disertai dengan bukti atau hasil dari pencapaiannya. Kalau kamu benar-benar ingin menekankan betapa inovatifnya dirimu, cobalah untuk menulis atau berbicara tentang umpan balik positif orang lain, tentang ide yang kamu perkenalkan kepada mereka dalam pengalaman kerja kamu sebelumnya.

4. Membuat Deskripsi Diri Terlalu Panjang

Hal yang perlu dihindari saat menulis deskripsi diri selanjutnya yaitu menulisnya terlalu panjang. Contoh deskripsi diri yang menarik yang bisa dilirik HRD adalah harus ditulis secara ringkas, faktual, dan mudah ditinjau secara sekilas.

Perlu diingat ya, selain harus dibuat dengan percaya diri, tulisan deskripsi diri juga perlu dibuat dengan jujur dan rendah hati. Jangan sampai terkesan kita menyombongkan diri secara berlebihan.

Dengan melakukan perkenalan dengan deskripsi diri yang menarik, itu akan menjadi kunci yang membantu kamu membuat kesan pada rekruter ataupun lawan bicara kamu. Selain itu, kamu juga nggak perlu bingung lagi dong kalau harus isi kolom tentang saya?

Nah, itu tadi penjelasan contoh deskripsi diri sendiri singkat dan menarik yang bisa jadi referensi kamu kalau mau memperbagus CV. Detikers, sekarang jadi tahu bukan bagaimana cara mendeskripsikan diri kita sendiri? Selamat belajar dan mencoba!



Simak Video "Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)