Reaksi Ridwan Kamil dan Walkot Bandung soal Kucing Ditembak

Wisma Putra, Sudirman Wamad - detikJabar
Kamis, 18 Agu 2022 16:08 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Fakhri/detikcom)
Bandung -

Beberapa kucing di lingkungan Sesko TNI, Kota Bandung, Jabar, mati ditembak. Mabes TNI telah mengungkap pelaku penembakan terhadap kucing itu.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap kejadian penembakan kucing tersebut tak terulang. Melalui akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil turut menyikapi pengungkapan kasus penembakan kucing.

"Insiden penembakan kucing-kucing di lingkungan Sesko TNI Bandung, sudah ditindaklanjuti oleh TNI melalui arahan Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa sesuai dengan wilayah/area administrasi kewenangannya," tulis Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya, Kamis (18/8/2022).


Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu berharap kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran semua pihak. Jangan sampai kejadian serupa terulang lagi.

"Semoga ini menjadi pembelajaran agar kita lebih baik lagi dalam perlakuan rasa kita kepada sesama ciptaan mahluk Tuhan. Semoga hal-hal seperti ini tidak terulang lagi di masa depan. Hatur Nuhun," kata Kang Emil.

Sebelumnya, Kang Emil juga sempat ikut menelusuri informasi tentang penembakan kucing di Sesko TNI itu. Kang Emil sempat berkomentar di video viral yang menampilkan kucing-kucing mati, yang diunggah Rumah Singgah Clow.

Walkot Bandung: Sesalah Apa sih Sampai seperti Itu?

Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga angkat bicara terkait penembakan sejumlah kucing di Mako Sesko TNI tersebut. Yana prihatin dan menyayangkan kejadian tersebut.

"Prihatin, sesalah apa sih hewan, sampai dilakukan seperti itu. Menyayangkan, ada kejadian seperti itu," katanya di Balai Kota Bandung, Kamis (18/8/2022).

Yana juga menyebut, seharusnya sesama makhluk hidup harus saling menyangi. Jangan justru sebaliknya, melukai apalagi sampai menghilangkannya.

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memerintahkan jajarannya melakukan penyelidikan peristiwa penembakan kucing-kucing di Sesko TNI. Akhirnya terungkap siapa pelaku penembakan yakni seorang jenderal TNI bintang satu.

Seperti diberitakan sebelumnya, perwira tinggi Sesko TNI, Brigjen NA dihadapkan dengan proses hukum usai menembaki kucing-kucing hingga mati dan terluka parah. Ia akan dijerat pasal berlapis.

"Selanjutnya Tim Hukum TNI akan menindak lanjuti proses hukum Brigjen TNI NA," tegas Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari detikNews, Kamis (18/8/2022).

Prantara mengatakan Brigjen NA menembak dengan senapan angin miliknya. Penembakan dilakukan Selasa (16/8), siang.

"Menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang kemarin (16 Agustus 2022), sekitar jam 13.00-an," ucap Prantara.

Simak Video: Komisi I Minta TNI Tindak Tegas Brigjen NA Penembak Mati Kucing

[Gambas:Video 20detik]



(orb/orb)