Kabupaten Bandung Koleksi 21 Penghargaan Per Juli 2022, Ini Daftarnya

Yudistira Perdana Imandiar - detikJabar
Rabu, 17 Agu 2022 20:33 WIB
Pemkab Bandung
Foto: Dok. Pemkab Bandung
Jakarta -

Kabupaten Bandung melalui Spirit Bedas, sampai dengan bulan Juli 2022 telah meraih 21 penghargaan. Bupati Bandung Dadang Supriyatnya menyatakan penghargaan itu merupakan apresiasi atas capaian prestasi kerja keras bersama dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bandung.

Pada Maret 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung meraih penghargaan Ajen Pangaping dari PWI Jawa Barat. Masih di bulan yang sama, penghargaan Perpustakaan Terbaik III dari Perpusnas RI didapatkan. Menutup bulan maret, Pemkab meraih penghargaan PPD, Penyusun Dokumen RKPD Terbaik III dari Gubernur Jawa Barat.

Di bulan Mei, laporan keuangan Pemkab Bandung mendapatkan predikat WTP dari BPK RI. Berikutnya, di bulan Mei Pemkab memperoleh penghargaan Program Kreatif Pariwisata.


Bulan Juni, perwakilan Kabupaten Bandung meraih juara pertama Lomba Kemasan Festival Keanekaragaman Makanan 2022. Prestasi lain yang dicapai di bulan Juni, yakni juara umum FORPROV IV Jawa Barat dari KORMI Jawa Barat, dan Rekor MURI Senam Bandung Bedas Jabar Juara (secara hybrid), juara umum 2 Kafilah Tingkat Jawa Barat, serta juara 1 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Jawa Barat (Desa Margameka- Kecamatan Pangalengangan). Prestasi lainnya, juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Mengawali bulan Juli, prestasi yang didapatkan yakni penghargaan Penilaian Dedikasi dan Pengabdian serta Responsibilitas Dinas Damkar Kabupaten Bandung dari World Safety Organisation (WSO). Selanjutnya, Penghargaan Khusus Penerapan Implementasi Manajemen Kinerja dari BKN Regional III.

"Semoga, pencapaian ini bisa menjadi pelecut kita untuk terus berinovasi memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Bandung. Semeoga peringatan kemerdekaan tahun ini, menjadi refleksi dari nilai-nilai pancasila dan bhinneka tunggal ika yang mempersatukan bangsa Indonesia. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat dan semua elemen pembangunan untuk bersinergi dan kolaborasi untuk mendukung Kabupaten Bandung Bedas," ungkap Dadang dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Selain itu, sejumlah penghargaan lain yang diraih Kabupaten Bandung, antara lain.

1. Penghargaan Nirwasista Tantra Kategori Anugrah Green Leadership dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI (20 Juli 2022)

2. Penghargaan Nirwasita Tantra Kategori Capaian Nilai Agregat Bupati dan DPRD dari KLHK RI (20 Juli 2022)

3. Penghargaan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (22 Juli 2022)

4. Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Madya dari Dewan Koperasi Indonesia (22 Juli 2022)

5. Penghargaan Top 45 Pos Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan/ ternak Keliling (POSTERLING) dari Menpan RB (28 Juli 2022)

6. Penghargaan Komitmen Melakukan Pembinaan dan Perluasan Inovasi Cegah Stunting di daerah Kategori Edukasi Masyarakat Ruang Riung Ceria dari BKKBN RI (28 Juli 2022)

7. Penghargaan Atas Atensi dan Kontribusi Terhadap Diniyah Takmiliyah dari Dewan Pimpinan Wilayah FKDT Jawa Barat (20 Juli 2022)

8. Penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (8 Agustus 2022)

(akn/ega)