Waspada! Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jabar

Bima Bagaskara - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 09:21 WIB
Personel Satpolair Polres Sukabumi bersama TNI Angkatan Laut mengecek lokasi yang diduga penampakan kapal karam di perairan Pantai Cikembang, Sukabumi, Jabar.
Ilustrasi (Foto: Syahdan Alamsyah)
Bandung -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan pengumuman mengenai peringatan dini terjadinya gelombang tinggi di wilayah perairan pantai selatan Jawa Barat.

Dari keterangan yang diterima detikJabar Senin (15/8/2022), BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung memperingatkan bahwa gelombang setinggi 4-6 meter berpotensi terjadi di perairan Samudera Hindia Selatan atau pantai selatan Jawa.

Di Jawa Barat, gelombang tinggi ini berpotensi terjadi di perairan Sukabumi, Cianjur, Garut dan Pangandaran.


Untuk perairan Sukabumi - Cianjur, gelombang masuk dalam kategori sangat tinggi dengan potensi ketinggian gelombang air laut mencapai 4 hingga 6 meter.

Sedangkan di perairan Garut - Pangandaran, gelombang masuk dalam kategori tinggi dengan potensi ketinggian gelombang air laut mencapai 2,5 hingga 4 meter.

Selain di Jawa Barat, gelombang tinggi ini juga berpotensi terjadi di perairan Jawa Tengah seperti Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta.

Dalam keterangannya, BMKG menjelaskan perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY cuaca umumnya berawan tebal, berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Kemudian angin secara umum bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 2 - 15 knot.

Peringatan dini gelombang tinggi di wilayah perairan pantai selatan Jawa itu berlaku mulai 15 Agustus 2022 pukul 07.00 WIB sampai dengan 15 Agustus 2022 pukul 19.00 WIB.



Simak Video "Sembilan Rumah di Lumajang Ambles Akibat Abrasi Pantai"
[Gambas:Video 20detik]
(bba/dir)