Kabupaten Sukabumi

Polisi: Sambaran Petir Picu Kebakaran Gudang Limbah Pabrik Sepatu

Siti Fatimah - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 03:49 WIB
Ilustrasi kebakaran
Ilustrasi kebakaran (Foto: detikcom/Ilustrasi oleh : Edi Wahyono/det)
Sukabumi -

Gudang limbah pabrik sepatu di Sukabumi terbakar. Api sudah dapat dipadamkan. Pihak polisi menyebut, kebakaran terjadi disebabkan oleh sambaran petir ke kabel listrik.

Kebakaran itu tepatnya terjadi di Kampung Dangdeur, Desa Sukamaju, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi Jumat (12/8/2022). Api muncul saat hujan turun di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

Kapolsek Sukalarang Resor Sukabumi Kota AKP Asep Jenal mengatakan, laporan kebakaran itu diterima sejak pukul 16.30 WIB. Pemilik atas nama Haris Muzakir mendapatkan informasi dari mandornya saat api melalap gudang limbah itu.


"Gudang tersebut merupakan tempat penampungan barang limbah plastik dan kardus maka api cepat membakar seluruh gudang," kata Asep kepada detikJabar, Jumat (12/8/2022).

Lebih lanjut, api dapat dipadamkan selama kurang lebih 2 jam setengah dengan bantuan dari pihak Damkar Kabupaten Sukabumi, Damkar PT GSI serta dari pihak kepolisian dan warga sekitar. Asep juga menyebut, api itu diduga bersumber dari sambaran petir.

"Berdasarkan keterangan saksi, pada saat hujan deras disertai petir diduga kebakaran tersebut dari sambaran petir ke kabel listrik yang menyebabkan terbakarnya atap gudang yang terbuat dari asbes dan kayu (kemudian) mengenai limbah plastik," jelasnya.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, perhitungan kerugian materil kurang lebih mencapai Rp 300 juta.

(yum/yum)