Dear Wargi Bandung, Ini Aturan Lengkap Perayaan 17 Agustusan

Rifat Alhamidi - detikJabar
Jumat, 12 Agu 2022 06:30 WIB
cropped hand of person holding Indonesia Flag in the city scape
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/rudi_suardi).
Bandung -

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung resmi mengeluarkan surat edaran bernomor PE.01.03/3836-Disbudpar/VIII/2022. Surat edaran itu memuat tentang aturan untuk pelaksanaan perayaan HUT RI 17 Agustus 2022.

Dikutip detikJabar, Disbudpar memperbolehkan warga jika ingin menggelar sejumlah perlombaan atau perayaan HUT RI di Kota Bandung. Namun, ada beberapa persyaratan yang wajib dilakukan yang masih menyangkut tentang penerapan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

"Wargi, berdasarkan Surat Edaran No. PE.01.03/3836-Disbudpar/VIII/2022, kegiatan/aktivitas event dan/atau konser seni/musik/budaya untuk memperingati HUT RI ke-77 Tahun diperbolehkan loh," tulis Disbudpar di akun Instagram resminya dilihat detikJabar, Kamis (11/8/2022).


"Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanannya sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19. Oleh karenanya, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Bandung untuk dapat mentaati dan mengindahkan ketentuan dimaksud. Yuk, simak informasinya secara saksama pada postingan di atas yaa. Hatur nuhun yaa, Wargi!,"

Dalam surat edaran itu, Disbudpar merujuk kepada regulasi Peraturan Walikota (Perwal) Bandung Nomor 88 tentang PPKM Level 1. Adapun aturannya untuk perayaan HUT RI di Kota Bandung adalah sebagai berikut:

· Diperbolehkan mengadakan kegiatan/aktivitas event dan/atau konser seni/musik/budaya yang dilaksanakan di dalam atau luar ruangan dengan kapasitas paling banyak 75 % dari kapasitas ruangan/venue/tempat kegiatan.

· Latihan seni budaya diperbolehkan maksimal 50 orang per sesi dengan kapasitas ruangan minimal untuk 100 orang.

· Ketentuan mengenai waktu dan teknis kegiatan/aktivitas event dan/atau konser seni/musik/budaya ditetapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

· Setiap orang dengan usia di atas 18 (18 tahun-red) yang masuk ke area kegiatan/event wajib sudah melakukan vaksinasi booster.

· Menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk skrining terhadap semua pengunjung dan panitia.

· Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta screening periodic COVID-19 kepada panitia dan pengunjung sebagai wujud tanggung jawab pencegahan dan pengendalian COVID-19.

(ral/mso)