Jalan Cianjur Selatan, Dulu Rusak Sekarang Mulus

Ikbal Selamet - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 12:17 WIB
Perbaikan jalan di Cianjur Selatan rampung
Perbaikan Jalan di Cianjur Selatan (Foto: Ikbal Selamet)
Cianjur -

Jalan rusak sepanjang 28 kilometer di Cianjur Selatan, Jawa Barat selesai diperbaiki setelah pengerjaan selama dua bulan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan pemerintah provinsi menggelontorkan dana Rp33,5 miliar untuk perbaikan Jalan Cianjur Selatan.

Pembangunan 28 kilometer jalan itu terbagi dalam 4 ruas jalan yakni Jalan Raya Cibeber sepanjang 1,32 kilometer, Jalan Cibeber-Sukanagara sepanjang 10,57 kilometer, Jalan Raya Sukanagara sepanjang 2,07 kilometer, dan Jalan Sukanagara-Sindangbarang sepanjang 14,24 kilometer.


"Pembangunan sudah selesai, dimulai Juni dan selesai di Agustus ini. Empat ruas jalan tersebut sudah selesai pembangunannya dan sudah bisa dilalui kendaraan," kata dia, Kamis (11/8/2022).

Bambang mengatakan jika pembangunan tersebut masih dalam proses akhir. "Tinggal marka jalannya, tapi kalau dari pembangunan sudah selesai, sudah mulus," kata dia.

Bambang menambahkan selain 28 kilometer jalan tersebut, Pemprov Jabar juga akan memperbaiki beberapa jalan rusak lainnya.

"Karena anggarannya terbatas, jadi baru sebagian yang dibangun. Selebihnya baru kita tambal. Tapi akan kita segera selesaikan, hingga seluruh jalan Cianjur Selatan dari Cibeber hingga Sindangbarang nantinya mulus," ujar dia.

"Kita upayakan di akhir tahun dianggarkan kalaupun tidak telatnya di anggaran 2023," kata Bambang.

Ia berharap dengan pembangunan jalan tersebut ekonomi masyarakat Cianjur Selatan bisa meningkat karena distribusi hasil bumi dan jalur wisata tidak lagi rusak.

"Yang wisata kan sekarang tidak perlu cape karena jalan rusak, hasil bumi juga bisa dikirim dengan lebih mudah dan cepat," katanya.

(iqk/iqk)