Kronologi Pria di Bandung Tewas Tertimpa Tower

Bima Bagaskara - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 23:36 WIB
Proses evakuasi korban tertimpa tower di Jalan Katamso, Bandung.
Evakuasi korban tertimpa tower di lahan kosong di Jalan Katamso, Kota Bandung. (Foto: Istimewa)
Bandung -

Seorang pria bernama Sugono (62) tewas seketika usai tertimpa tower telekomunikasi berbobot ratusan kilogram di lahan kosong di Jalan Katamso, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu (10/8/2022) malam pukul 19.30 WIB. Kasie Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Erwin menuturkan kejadian itu bermula saat teknisi hendak mengoperasikan sebuah tower portabel.

Saat itu ada tiga teknisi yang berusaha mengeluarkan tower. Namun mereka kekurangan tenaga sehingga meminta bantuan warga di sekitar lokasi.


"Menurut saksi sekitar pukul 19.30 WIB petugas teknisi tower hendak mengoperasikan tower portabel. Untuk mengeluarkan tower diperlukan lima orang, sedangkan (di lokasi) hanya ada tiga teknisi," kata Erwin saat dikonfirmasi detikJabar.

"Teknisi kemudian meminta bantuan orang di sekitar lokasi yang salah satunya adalah Bapak Sugono," ujarnya.

Namun tiba-tiba, tower portabel itu roboh dan langsung menimpa korban. Korban pun meninggal dunia seketika di lokasi akibat kejadian tersebut.

"Saat tower dikeluarkan, tiba-tiba tower jatuh ke arah kanan yang kemudian menimpa korban," jelasnya.

Menerima informasi kejadian itu dari warga, petugas langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Menggunakan air platbag dan hidrolik teleskopik, tower diangkat untuk memudahkan proses evakuasi.

Setelah 50 menit proses evakuasi, korban berhasil dikeluarkan. Korban yang sudah dalam kondisi meninggal dunia langsung dibawa ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

"Jenazah dibawa ke RSHS," tutup Erwin.

(bba/orb)