Sekolah Tatap Muka Masih Aman Asal Taat Prokes

Tim detikHealth - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 02:30 WIB
Pembelajaran tatap muka (PTM) kembali digelar usai libur Hari Raya Idul Fitri. Siswa-siswi di kawasan Depok tampak antusias kembali ke sekolah.
Sekolah Tatap Muka (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menegaskan pembelajaran tatap muka (PTM) masih aman bagi anak-anak asalkan masih menerapkan protokol kesehatan.

Kasus harian COVID-19 di Indonesia sedang meningkat, bahkan menembus 5 ribu kasus pada Rabu (10/8/2022). Kondisi itu membuat banyak orang tua khawatir.

Dilansir dari detikHealth, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril mengatakan selain protokol kesehatan, sekolah harus memperketat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


Selain itu anak-anak kini sudah banyak anak-anak mendapatkan vaksinasi primer (dosis satu dan dua) untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Nggak ada masalah, kan kita protokol kesehatan, kedua vaksin, dan juga faktor PHBS agar ini diperketat dan juga harus diawasi oleh sekolah sendiri, termasuk kantin-kantin di sekolah. Karena sekarang bukan hanya COVID kan, ada monkeypox, hepatitis, dan seterusnya," ucapnya.

Meskipun demikian, Syahril berpesan agar sekolah tetap mengawasi, termasuk kantin-kantin di sekolah. Sebab selain COVID-19, masih ada penyakit lainnya seperti cacar monyet dan hepatitis.

(iqk/iqk)