Miris, Tugu Adipura Bandung Dikotori Sampah

Wisma Putra - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 17:49 WIB
Tugu Adipura Kota Bandung
Tugu Adipura Kota Bandung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Di balik megahnya Tugu Adipura yang melambangkan predikat kota terbersih, Tugu Adipura Kota Bandung memiliki cerita kurang baik. Terlihat sampah berserakan.

Dari pantauan detikJabar, Rabu (10/8/2022) sampah bekas makanan kemasan dan daun kering berserakan di area tugu di Jalan Pajajaran, Kota Bandung.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Bandung Sopyan mengatakan sampah tersebut diduga berasal dari Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).


Tugu Adipura Kota BandungTugu Adipura Kota Bandung Foto: Wisma Putra

"Masa warga harus diawasi terus, mungkin saja itu PMKS, kalau yang sengaja nongkrong di situ jarang, kita akan pantau, siapa sih yang buang sampah di situ, masa warga sengaja, nggak mungkin," kata Sopyan via sambungan telepon, Rabu (10/8/2022).

Sopyan menyebut pihaknya akan terus memantau kebersihan di Kota Bandung dan meminta warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Masa dapat Adipura, tapi buang sampah di sana," kata Sopyan.

Berdasarkan catatan, Tugu Adipura dibangun pada 1997 saat kepemimpinan Wali Kota Wahyu Hamidjaja, saat itu Kota Bandung berhasil meraih Piala Adipura.

Saat dipimpin Wali Kota Ridwan Kamil, Kota Bandung tiga kali secara berturut-turut mendapatkan Piala Adipura pada 2015, 2016 dan 2017.

(wip/iqk)