Kabar Internasional

Google Dilaporkan Down, Catat 'Rekor' Baru Tahun Ini

Tim detikInet - detikJabar
Selasa, 09 Agu 2022 13:52 WIB
Meme Google Down Agustus 2022
Foto: (Twitter)
Jakarta -

Netizen di media sosial riuh gegara Google down pada Selasa (9/8/2022) pagi. Mereka mengeluhkan tidak bisa melakukan pencarian pada Google Search.

Selain itu, netizen juga menemukan peringatan 'Error 500'. Alhasil, banyak netizen ngomel.

Kondisi itu ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Berdasarkan data DownDetector, situasi serupa terjadi di Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Singapura.


Kondisi ini baru pertama terjadi di Indonesia sepanjang 2022 ini. Berdasarkan pantauan detikINET yang dikutip detikJabar, layanan Goggle terakhir kali gangguan di Indonesia adalah 1 Desember 2021. Saat itu, gangguan juga terjadi di sejumlah negara.

Tak hanya sekali, pada 2021 Goggle down sampai empat kali. Berdasarkan rentetan kejadian tersebut, saat layanan Google yang terdampak adalah Google Meet, Gmail, dan lain-lain.

Ledakan di Data Center Google

Sementara itu, sebuah ledakan terjadi di data center Google di Council Bluffs, Iowa, Amerika Serikat, Senin (9/8/2022) pukul 12 siang waktu setempat. Menurut kepolisian setempat, yang meledak adalah arc flash yang disebabkan listrik.

Ledakan terjadi saat tiga teknisi melakukan perbaikan di dekat bangunan data center. Mereka mengalami cukup parah.

Dilansir Sfgate, Selasa (9/8/2022), salah satu dari tiga korban itu kemudian diterbangkan menggunakan helikopter ke Nebraska Medical Center, sedangkan dua teknisi lainnya dibawa menggunakan ambulans.

Juru bicara Google Devon Smiley mengkonfirmasi insiden tersebut kepada Sfgate. "Kami mengetahui adanya insiden kelistrikan yang terjadi di data center Google di Council bluffs, Iowa, yang mencederai tiga orang di lokasi yang saat ini tengah mendapat perawatan medis," jelasnya.

"Kesehatan dan keamanan untuk pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan rekan dan pihak berwajib lokal untuk menginvestigasi kejadian ini," tambah Smiley.

Saat ini, Google mempunyai 14 data center di Amerika Serikat. Sedangkan secara global mereka punya 23 data center. Data center di Council Bluffs ini merupakan salah satu data center terbesar Google dan pertama beroperasi pada 2009.

Namun belum diketahui apakah kejadian di data center ini berhubungan dengan down-nya layanan Google pada Selasa (9/8/2022) pagi ini. Sejumlah netizen mengeluhkan tak bisa melakukan pencarian di laman Google Search, baik di desktop ataupun mobile. Google belum memberikan pernyataan resmi seperti dilansir Reuters.

Gangguan layanan Google ini tak cuma terjadi di Indonesia, tapi juga dialami pengguna di berbagai negara. Pantauan detikINET di situs Downdetector memperlihatkan adanya masalah pada layanan Google. Laporan mulai ramai masuk pada pukul 08.00 WIB.

Simak Video 'Layanan Sempat Terkendala, Google Minta Maaf':

[Gambas:Video 20detik]



(orb/orb)