Wibu Adalah: Apa Itu dan Ciri-Cirinya?

ilham fikriansyah - detikJabar
Senin, 08 Agu 2022 16:05 WIB
Penggemar produk hobi anime, manga, cosplay, karaoke dan sejenisnya yang bertajuk Comic Frontier 7, digelar di Jakarta, Minggu (31/07/2016).
Foto ilustrasi: Rachman Haryanto

Apakah detikers sering mendengar kata wibu saat tengah berselancar di internet? Kata wibu memang tengah tren saat ini sebab banyak dipakai oleh masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang belum tahu apa arti dari kata wibu.

Lalu, sebenarnya apa sih kata wibu itu dan kenapa banyak dipakai oleh masyarakat? Biar detikers nggak bingung, simak pengertian dan ciri-ciri wibu dalam artikel ini yuk.

Apa Itu Wibu?

Buat kamu yang bingung apa itu wibu, sebenarnya wibu adalah seseorang yang sangat jatuh cinta dengan budaya Jepang. Namun, kecintaannya terhadap budaya Jepang dianggap sudah berlebihan.


Wibu memiliki makna untuk orang-orang bukan asli Jepang yang terlalu terobsesi terhadap kebudayaan Jepang. Bahkan, beberapa di antaranya mengklaim kalau dirinya lebih paham budaya Jepang daripada masyarakat lokal sendiri.

Saat ini penggunaan kata wibu sering kali digunakan oleh netizen di sosial media. Sayangnya, kata wibu justru mengarah kepada hal yang kurang baik dan jadi bahan olok-olokan bagi sejumlah netizen kepada orang lain.

Kenapa Bisa Dinamakan Wibu?

Wibu adalah istilah dari serapan kata Weeaboo. Kata ini awalnya muncul pertama kali dalam komik strip koran yang berjudul "The Perry Bible Fellowship" yang diciptakan oleh Nicholas Gurewitch. Namun dikutip dari situs penerbitan komik pbfcomics.com, kata wibu ternyata tidak memiliki arti khusus kepada seseorang tertentu.

Melansir dari paper The Weeaboo Subculture: Identification and Performance, weeaboo ternyata digunakan sebagai kata pengganti untuk kata wapanese yang mendapat image buruk di sejumlah forum online pecinta budaya Jepang.

Sebagai informasi, wapanese adalah istilah yang berasal dari kalimat "Wannabe Japanese" atau white Japanese. Nah, kalimat ini yang akhirnya merujuk pada seseorang yang bukan asli warga Jepang, namun kerap kali mengklaim dirinya orang 'si paling tahu' soal Jepang.

Ciri-ciri Wibu

Setelah mengetahui penjelasan mengenai wibu, kini saatnya memahami bagaimana ciri-ciri seorang wibu dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menganggap Budaya Jepang Lebih Baik

Ciri-ciri seorang wibu yang paling mudah diketahui yaitu menganggap kalau budaya Jepang adalah yang terbaik dari budaya manapun, bahkan budaya dari negaranya sendiri. Hal ini dapat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang sangat maju dan perilaku masyarakat Jepang yang memang dikenal rajin, pintar, bersih, dan tertib.

2. Senang dengan Budaya Pop Jepang

Budaya pop Jepang memang sudah menjamur ke seluruh dunia seperti serial anime, manga, hingga cosplay. Tapi bagi sejumlah wibu, kecintaannya akan budaya pop Jepang dianggap terlalu berlebihan oleh orang lain. Sebagai contoh, beberapa wibu akan berusaha mencari pasangan yang wujudnya menyerupai dengan salah satu karakter di anime.

3. Memasukan Kata-kata Jepang saat Berbicara

Pada umumnya wibu akan mempelajari bahasa Jepang karena kecintaannya dengan Negeri Matahari Terbit (julukan negara Jepang). Sayangnya, sejumlah wibu belum terlalu fasih dalam mempelajari bahasa Jepang, sehingga para wibu sering kali memasukan bahasa Jepang namun digabung dengan bahasa sehari-hari.

4. Sering Mengkhayal

Ciri-ciri wibu terakhir yaitu sering mengkhayal. Dalam hal ini, sejumlah wibu sering kali mengkhayal sesuatu yang masih berkaitan dengan budaya Jepang seperti anime dan manga. Sayangnya, khayalan sejumlah wibu sering kali di luar nalar manusia pada umumnya sehingga perlu diwaspadai.

Perbedaan Wibu, Anime Lover, dan Otaku

Tidak hanya wibu, sebenarnya ada juga sebutan lain yaitu anime lover dan otaku. Keduanya juga tengah tren di kalangan masyarakat dan sejumlah netizen di media sosial

Lantas, apa sih perbedaan antara wibu, anime lover, dan otaku? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Wibu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wibu merupakan seseorang yang terlalu cinta dengan budaya Jepang, bahkan melebihi masyarakat lokal sendiri. Para wibu mengklaim kalau dirinya sangat up to date dengan budaya pop Jepang, terobsesi pada anime serta manga, hingga menggunakan bahasa Jepang dalam kegiatan sehari-hari walau sebagian wibu belum terlalu fasih.

2. Anime Lover

Anime lover atau disebut penggemar anime adalah seseorang yang menyukai serial kartun anime khas Jepang. Pada umumnya seorang anime lover rela menggelontorkan uang untuk membeli pernak pernik yang berkaitan dengan anime favoritnya.

3. Otaku

Otaku adalah istilah dari Jepang untuk masyarakat yang sangat senang menekuni hobi. Pada umumnya, seorang otaku akan totalitas dalam menekuni hobinya sampai rela menggelontorkan uang lebih agar hobinya dapat terpenuhi.

Lalu seiring perkembangan zaman, julukan otaku mulai menyebar luas ke berbagai negara. Kini, sebutan otaku lebih tertuju pada orang-orang yang sangat gemar dengan produk Jepang seperti serial anime, game, dan manga.

Nah itu dia detikers pengertian dari wibu dan juga ciri-cirinya. Kini detikers telah paham apa istilah wibu yang banyak digunakan oleh sejumlah warganet di media sosial, sehingga kamu nggak perlu bingung lagi kalau ada seseorang yang menyebut kata wibu.



Simak Video "Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)