Bahaya! Jangan Goyangkan Kendaraan saat Isi Bensin

Tim detikFinance - detikJabar
Selasa, 09 Agu 2022 06:15 WIB
Petugas SPBU mengisi bahan bakar minyak.
Petugas SPBU saat mengisi bahan bakar minyak (Foto: Istimewa)
Bandung -

Pemilik kendaraan sebaiknya jangan menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar karena hal tersebut sangat berbahaya.

Dilansir dari detikFinance, kegiatan tersebut bisa mengakibatkan percikan api dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Kendaraan yang digoyang ketika mengisi bahan bakar, ujung nozzle besi yang bertemu ujung tangki dapat bergesekan dan bisa memicu gesekan listrik statis.


Melalui unggahan akun Instaram @pertamaxseries.id telah mengimbau masyarakat untuk tidak menggoyangkan kendaraan saat isi BBM di SPBU.

"Siapa yang masih suka goyangin kendaraan saat isi BBM? Kalau kamu salah satunya, stop ya! Karena, menggoyangkan kendaraan saat isi BBM itu berbahaya," tulis akun Instagram tersebut.

"Sesungguhnya aktivitas menggoyangkan kendaraan agar memperlancar aliran bahan bakar ke tangki kendaraan itu hanya mitos dan bahkan bisa menimbulkan kebakaran," imbuhnya lagi.

"Pasalnya, ujung nozzle besi yang bertemu ujung tangki bisa memicu gesekan listrik statis yang menimbulkan percikan api. Whoaaa bahaya banget kan?!" jelas akun istagram @pertamaxseries.id.

Tentunya jika terjadi percikan dapat menimbulkan api yang lebih besar dan membahayakan banyak orang.

"Jadi, stop untuk menggoyangkan kendaraan saat isi BBM ya! Karena, bisa menimbulkan kehebohan yang tidak menyenangkan dan bisa merugikan banyak orang," himbau Pertamina melalui unggahan tersebut.

(iqk/iqk)