Bupati Indramayu Raih Penghargaan di Festival Literasi Jawa Barat 2022

Hanifa Widyas Sukma Ningrum - detikJabar
Minggu, 07 Agu 2022 09:40 WIB
Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar menemui perwakilan petani tebu kemitraan Pabrik Gula (PG) Rajawali Jatitujuh yang melakukan aksi demonstrasi di Pendopo Indramayu.
Foto: Dok. Pemkab Indramayu
Jakarta -

Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar terpilih menjadi Kepala Daerah Inspiratif pada ajang Festival dan Penganugerahan Literasi Jawa Barat 2022. Adapun ajang tersebut diadakan di Youth Center Sport Arcamanik, Bandung.

Penghargaan ini diberikan oleh Ketua Umum GLN Gareulis Jawa Barat R. Yulia Yulianti yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan pada Sabtu (6/8) kemarin.

Sementara itu, Nina Agustina menyambut baik penghargaan yang diterimanya dari Pokja GLN Gareulis Jabar. Ia mengungkapkan semua hal yang telah diperbuat dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Indramayu.


"Apa yang saya perbuat tentunya untuk kemajuan Indramayu. Dan prestasi apa pun yang saya raih juga saya persembahkan untuk rakyat Indramayu. Pada muaranya semua upaya itu adalah untuk mewujudkan Indramayu yang Bermartabat," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (7/8/2022).

Ia dipilih sebagai Kepala Daerah Inspiratif Tingkat Jawa Barat oleh Kelompok Kerja Gerakan Literasi Nasional, siswa, keluarga, dan Masyarakat Menulis dan Berliterasi Wujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin, serta Literat dan Sejahtera (Pokja GLN Gareulis) Jawa Barat. Pemilihan ini didasarkan atas upaya Nina menginspirasi dan menggerakkan program literasi di Kabupaten Indramayu.

Nina Agustina mengatakan penghargaan yang diraihnya merupakan hasil buah kerja sama semua pihak dalam menggeliatkan literasi di Kabupaten Indramayu. Geliat literasi ini diadakan guna memajukan daerah dan terwujudnya Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).

"Rasa bangga yang luar biasa kepada semuanya atas kerja keras dan usaha-usaha bersama yang terus kita upayakan untuk Indramayu," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu Caridin menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina. Menurutnya, Kabupaten Indramayu dapat mengikuti Tantangan Literasi Nasional Jawa Barat berkat dukungan dan arahan Nina. Selain itu, diketahui pula kegiatan literasi di Indramayu semakin meningkat.

"Terima kasih kepada Ibu Bupati Indramayu atas dukungan, serta motivasi terhadap Gerakan Literasi di Kabupaten Indramayu. Salah satu arahan beliau bahwa setiap hari Jumat, setiap siswa wajib membaca buku minimal satu jam. Dengan demikian, semoga budaya membaca bagi siswa di Kabupaten Indramayu semakin meningkat," ujarnya.

Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan menganggap terpilihnya Nina Agustina Da'i Bachtiar sebagai Kepala Daerah Inspiratif pada ajang Festival Literasi Jawa Barat tahun 2022 ini bukanlah hal yang aneh. Menurutnya, Nina memang terkenal sebagai bupati yang sangat aktif dan peduli dengan semua hal, termasuk literasi.

"Sebagai Kepala Daerah yang bergelimang penghargaan, sungguh tidak aneh kalau beliau (Nina) memperoleh penghargaan sebagai Kepala Daerah Terinspiratif dalam hal literasi karena literasi itu melekat dalam seluruh aspek kehidupan kita. Oleh karena itu, saya mengucapkan selamat dan sukses buat Ibu Bupati Indramayu. Semoga senantiasa sehat dan terus memberikan inspirasi bagi kita semuanya demi terwujudnya Indramayu Bermartabat," pungkasnya.

(ncm/ega)