Dari Sukabumi, Praktik Mak Erot Merambah Ibu Kota

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Sabtu, 06 Agu 2022 22:51 WIB
Akmal, salah satu cucu Mak Erot
Foto: Istimewa
Sukabumi -

Mendengar nama Mak Erot tentu tak asing bagi sebagian masyarakat. Nama itu, kerap identik dengan pengobatan tradisional khusus alat viral.

Mak Erot sendiri identik dengan Kabupaten Sukabumi. Besar dan tenar di wilayah Pelabuhan Ratu Sukabumi, kini praktik Mak Erot merambah ibu kota.

Akmal, salah satu cucu dari Mak Erot inilah yang membuka praktik di Ibu Kota. Bertempat di sudut Jakarta tepatnya di Cawang, Jakarta Timur, Akmal membuka praktik pengobatan alat vital ini.


Sebelum merambah ibu kota, Akmal mengaku pernah membuka praktik di daerah lain sejak tahun 1999.

Akmal sendiri merupakan putra kelahiran Kampung Cigadog Tonggoh, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Kampung dimana cikal bakal nama Mak Erot yang kemudian melegenda sebagai ahli reparasi alat vital pria.

Nama Akmal sendiri tidak asing di kampung tersebut. Sebab, ia merupakan putra dari Nahrudin, anak kandung Mak Erot.

"Praktik pertama itu di Bandung, Pelabuhan Ratu, habis itu ke Papua terus ke Balikpapan. Itu pertama kali tahun 90-an waktu masih bujang," ujar Akmal dalam keterangannya, Sabtu (6/8/2022).

Akmal menuturkan dia memperoleh ilmu pengobatan alat vital ini langsung dari Mak Erot. Menurut dia, neneknya itulah yang mewariskan ilmu kepada anak-anaknya termasuk cucunya.

"Belajar dari emak langsung, menurunkan itu kita nanya ke emaknya kalau mau belajar nanti harus dipelajari. Semua anak keseluruhan dikasih ilmunya turun dari ke anak turun ke cucu sampai sekarang ke saya," tutur dia.

Namun dari anak-anak hingga cucu Mak Erot, tak semuanya membuka praktik pengobatan. Akmal salah satunya yang membuka praktik dengan memilih lokasi di ibu kota.

"Tapi tidak semuanya buka praktek, tapi yang buka praktek ya pasti atas (izin) sama emak tapi ya yang ngobatin kita-kita," katanya.

"Cucu dan anak itu sudah lebih dari 20 orang mayoritas itu ya di kampung di Pelabuhan Ratu tapi kalau saya di Jakarta," tutur dia menambahkan.

Akmal bercerita awal menangani pasien masih warga sekitar. Ada ragam keluhan yang dia dengar dari pasien yang datang mulai.



Simak Video "Cucu Mak Erot Keluhkan Adanya Klinik yang Mencatut Namanya"
[Gambas:Video 20detik]