Pesan Ma'ruf Amin Bagi Pamong Praja Muda IPDN

Nur Azis - detikJabar
Selasa, 02 Agu 2022 16:01 WIB
Pelantikan Pamong Praja Muda IPDN.
Pelantikan pamong praja IPDN. (Foto: Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin melantik 1.992 Pamong Praja Muda Angkatan 2022 Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Pelantikan tersebut dilakukan secara daring dari Istana Negara, Selasa (2/8/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, para Pamong Praja dituntut menjadi pandu dalam menjaga semangat nasionalisme dan jiwa Pancasila secara nyata serta menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dan para praja yang lulus harus memahami tugas pokok, fungsi serta tantangan dalam menghadapi kondisi dimana tempat para Praja melaksanakan pengabdian," ungkap Ma'ruf.


Ma'ruf menuturkan, para Praja harus dapat beradaptasi terhadap perubahan serta mampu membangun kolaborasi dalam bekerja, berinovasi, kreatif.

"Dewasa ini penyelenggaraan birokrasi dituntut semakin profesional, lincah, dan akuntabel," ujar Ma'ruf.

Maruf berharap para praja dapat terus aktif menjadi motor penggerak dalam berakselerasi meningkatkan kualitas pelyanan publik, menghadirkan gagasan segar serta terobosan untuk ekskalasi, dan efektivitas serta efisiensi terhadap jalannya pemerintahan.

"Tugas pengabdian kepada masyarakat akan menuntut kesabaran keuletan serta keteguhan," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga berpesan kepada para Pamong Praja harus menjadikan kompetensi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai modal kesiapan menghadapi perkembangan zaman.

"Di sisi lain jaga identitas dan jati diri bangsa di tengah tantangan era disrupsi dan kemajuan peradaban," paparnya.

Ma'ruf menambahkan, pesan lainnya berupa karekater yang kokoh serta berbudi pekerti luhur sebagai landasan serta panduan dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Perkuat iman dan takwa serta sikap anti korupsi, berikan teladan dalam kejujuran dan profesionalitas bagi masyarakat dan lingkungan," ucapnya.

(ors/ors)