Target Juara Umum Dibidik PBSI Jabar Pada Ajang Piala Presiden 2022

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Sabtu, 30 Jul 2022 23:40 WIB
Atlet PBSI Jabar di Piala Presiden 2022
Atlet PBSI Jabar di Piala Presiden 2022 (Foto: Istimewa)
Bandung -

Sebanyak 68 pebulutangkis putra dan putri binaan Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa barat diterjunkan dalam kejuaraan nasional Piala Presiden 2022.

Ke 68 pebulutangkis yang diterjunkan itu mulai dari usia U-13, U-15, dan remaja atau U-17. Mereka merupakan pebulutangkis yang digembleng di Pemusatan Latihan Provinsi (Pelatprov) PBSI Jabar.

Sebelum berlaga di Piala Presiden yang digelar pada 1 sampai 6 Agustus 2022 di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur itu, tim tersebut dilepas secara resmi di GOR PB Mutiara, Kota Bandung, Sabtu (30/7/2022).


Wakil Ketua Umum III PBSI Jabar, Bariza Sulfi berpesan pada atlet dan jajara pelatih tim Jawa Barat itu agar mereka kompak sehingga bisa meraih hasil maksimal dalam kejuaraan tersebut.

"Pesan kami kepada tim agar kompak, fokus, dan berdoa. Dukung kawan-kawan yang lain selama kompetisi agar meraih hasil maksimal," ujar Bariza yang juga Wakapolda Jabar itu.

Sementara itu Manajer Tim PBSI Jabar, Herman Subarjah, mengatakan pihaknya membidik juara umum dalam kejuaraan yang baru pertama kali digelar tersebut. Hal itu mengingat pebulutangkis yang diterjunkan sudah mengikuti pemusatan latihan.

"Berbekal para pemain yang sudah digembleng di Pelatprov, kami membidik juara umum. Itu targetnya," ujar Herman.

Kendati demikian, pihaknya tetap mewaspadai kekuatan tim peserta kejuaraan lain meskipun buta peta kekuatan lawan. Setidaknya ada tiga daerah yang bakal jadi ganjalan, yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Para pemain ini baru bertemu dua kali dalam kejuaraan Sirkuit Nasional (Sirnas) di Medan dan Jakarta kemarin, artinya masing-masing tim masih buta kekuatan lawan. Tapi kita waspada kekuatan 3 tim tadi," kata Herman.

Dari sisi kesiapan para pemain, pelatih tim PBSI Jabar, Yana Supriatna menilai tim sudah siap meskipun hanya memiliki waktu istirahat yang terbatas karena baru saja mengikuti sejumlah kejuaraan.

"Waktu recovery pemain setelah kejuaraan di Medan dan Jakarta masih belum maksimal. Tapi kami berharap ini tidak akan jadi kendala. Secara keseluruhan tim sudah siap," kata Yana.

Pemain tunggal putra Jabar yang akan turun di nomor remaja U-17, Faizal M Fikri, mengaku persiapannya sudah maksimal dengan target bisa lolos hingga semifinal.

"Jujur sebetulnya saya masih belum mengetahui kekuatan lawan. Tapi persiapan sudah matang, minimal saya bisa sampai semifinal," kata Faizal.

Sama halnya bagi Mayla Cahya yang akan turun di nomor pemula tunggal putri, ia juga masang target masuk delapan besar karena sudah memetakan kekuatan lawan yang akan dihadapi.

"Di dua kejuaraan saya sudah tahu kekuatan lawan. Targetnya bisa sampai 8 besar," kata Mayla.



Simak Video "Pandangan Taufik Hidayat Terkait Fenomena Selebriti Bulu Tangkis "
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)