Meriah! Replika Ka'bah Dibawa Keliling Kota Sukabumi

Meriah! Replika Ka'bah Dibawa Keliling Kota Sukabumi

Siti Fatimah - detikJabar
Sabtu, 30 Jul 2022 14:00 WIB
Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1444 di Kota Sukabumi.
Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1444 di Kota Sukabumi. (Foto: Siti Fatimah/detikJabar)
Sukabumi -

Perayaan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah disambut meriah warga Kota Sukabumi. Masyarakat dan Pemerintah Daerah melaksanakan pawai tarhib Muharram keliling kota, Sabtu (30/7/2022).

Pantauan detikJabar di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, masyarakat dari perwakilan tiap-tiap kecamatan dan instansi pemerintahan berkumpul dan melaksanakan apel pagi. Pawai tarhib Muharram itu dibuka langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Berbagai macam jenis kendaraan dihias dengan ornamen-ornamen keislaman. Ada yang membawa bedug masjid, alat qasidah, hingga menghias mobil dengan replika Ka'bah dan masjid.


Sambil keliling kota, warga masyarakat juga membacakan salawat sambil sesekali mengabadikan momen dengan mengambil foto atau video.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pawai tarhib Muharram ini sebagai simbol kebersamaan, persatuan, dan saling menjaga solidaritas. Menurutnya, Muharram identik dengan kebersamaan sehingga diharapkan warga bersatu padu dalam membangun kota.

"Hari ini sebagai simbol, kami juga akan pawai kendaraan hias mengelilingi Kota Sukabumi. Ini beberapa ruas jalan insya Allah dengan dukungan Pak Kapolres sudah diatur sehingga tidak menimbulkan kemacetan," kata Fahmi saat ditemui usai membuka acara Pawai Tarhib Muharram 1444 H di Lapang Merdeka, Sabtu (30/7/2022).

Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1444 di Kota Sukabumi.Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1444 di Kota Sukabumi. Foto: Siti Fatimah/detikJabar

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Tejo Reno menambahkan, dalam kegiatan hari ini tidak ada pengalihan arus lalu lintas. Adapun rekayasa lalin akan dilakukan melihat kondisi di jalur-jalur yang dilewati rombongan pawai.

"Arus sementara ini, kita melaksanakan rekayasa namun tidak ada pengalihan arus karena kita sudah mempersiapkan jauh-jauh hari," kata Tejo.

Sementa itu, untuk mengantisipasi kemacetan, pihaknya sudah menerjunkan 200 personel yang ditempatkan di beberapa titik.

Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1444 di Kota Sukabumi.Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1444 di Kota Sukabumi. Foto: Siti Fatimah/detikJabar

"Pertama untuk personel arus lalin kita tergelar di sepanjang jalur, kedua memang kita mempersiapkan pengawalan untuk kegiatan ini agar terciptanya kelancaran. Ketiga rekayasa yang kita laksanakan hanya prioritas jalur-jalur yang dilintasi saja," sambungnya.

Jalur Pawai Tarhib Muharram ini mulai dari Gedung Juang 45, Jalan RE Martadina, Jalan Ahmad Yani, Japan Jenderal Sudirman, Jalan Bhayangkara, Jalan Suryakencana dan berakhir di Jalan Perintis Kemerdekaan.

(ors/ors)