Kabar Internasional

Sebastian Vettel Umumkan Pensiun dari F1

Cornelis Jonathan Sopamena - detikJabar
Jumat, 29 Jul 2022 00:45 WIB
Sebastian Vettel of Germany driving the (5) Aston Martin Aramco Cognizant F1 Team AMR22 Mercedes-AMG F1 M13 during the F1 Lenovo Grand Prix De France 2022 on July 24th, 2022 in Le Castellet, France. (Photo by Alessio Morgese/NurPhoto via Getty Images)
Foto: Sebastian Vettel (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto).
Bandung -

Pembalap Formula 1, Sebastian Vettel baru saja mengumumkan dirinya akan pensiun dari ajang balap paling bergengsi di seluruh dunia. Kabar ini diumumkan langsung melalui kanal YouTube Aston Martin Aramco Cognizant F1 Team, tim yang dibela Vettel selama dua musim terakhir.

Sontak, unggahan tersebut membuat seluruh pecinta F1 terkejut. Pasalnya, Vettel adalah salah satu pembalap tersukses di sepanjang sejarah olahraga balap tersebut.

"Dengan ini, saya mengumumkan akan pensiun dari F1 pada akhir musim 2022. Saya mencintai olahraga yang telah menjadi pusat dari kehidupan saya. Walaupun saya memiliki kehidupan di trek, terdapat pula kehidupan saya di luar lintasan balap," ucap Vettel seperti dilihat detikJabar pada Kamis (28/7/2022).


Disampaikan dalam video tersebut, pria yang kerap dipanggil 'Seb' tersebut percaya bahwa identitas seseorang terbentuk atas caranya memandang diri sendiri dan memperlakukan orang lain. Baginya, ia adalah Sebastian, ayah dari tiga anak dan suami bagi perempuan yang luar biasa.

Vettel menjelaskan berbagai alasannya untuk pensiun dalam video itu. Ia juga menyatakan masa depan Formula 1 sudah berada di tangan yang tepat, yaitu generasi muda dari olahraga tersebut. Untuk mewakili rasa cintanya pada F1, ia menutup video berdurasi empat menit itu dengan salam perpisahan yang hangat.

"Selamat tinggal dan terima kasih telah mengizinkan saya berbagi trek dengan Anda, saya mencintai setiap bagiannya," tutup Seb.

Pofil singkat tentang Sebastian Vettel. Dia adalah salah satu pembalap paling sukses dengan mengantongi sejumlah rekor hebat, beberapa di antaranya yaitu:

- 4 Juara Dunia,

- 4 kali Juara Dunia beruntun (2010, 2011, 2012, 2013),

- 53 kali menang balapan,

- 122 podium,

- 57 pole position,

- Menang balapan terbanyak dalam satu musim (13 kali menang dari 19 balapan), dan masih banyak lagi.

(mso/mso)