Data Pangandaran

Pria Jomblo Lebih Banyak daripada Wanita Single di Pangandaran

Aldi Nur Fadillah - detikJabar
Kamis, 28 Jul 2022 08:00 WIB
Ilustrasi Pasangan Muda
Ilustrasi Pasangan Muda (Foto: Shutterstock/)
Pangandaran -

Jumlah pria yang belum menikah alias jomblo lebih banyak daripada jumlah perempuan yang jomblo di Kabupaten Pangandaran. Data itu dirilis oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangandaran.

Berdasarkan data jumlah penduduk menurut status perkawinan Disdukcapil Pangandaran Tahun 2021, jumlah pria yang belum kawin di Pangandaran ada sebanyak 92.165 orang, sementara perempuan yang belum menikah 71.783 orang.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kabupaten Pangandaran Andi Purnomo mengatakan, jika dijumlahkan masih ada 163.948 warga yang belum kawin.


"Namun terkait rentang usia tidak ada di data Dukcapil. Pihaknya menyebut hanya ada jumlah secara data kependudukan. Data di data base Disdukcapil hanya kategori jumlah kawin dan belum kawin jadi enggak tau rentan usianya," kata Andi kepada detikJabar, Rabu (27/7/2022).

Menurutnya penduduk yang jumlah penduduknya paling sedikit belum kawin ada di Kecamatan Cigugur, yakni sebanyak 9.186 dan penduduk yang paling banyak belum menikah berada di Kecamatan Padaherang sebanyak 26.808 orang.

"Mungkin karena kecamatan Cigugur penduduknya paling sedikit dan kecamatan Padaherang paling banyak," ucapnya.

Sementara jika dilihat dari data kependudukan jumlah penduduk Kabupaten Pangandaran dari data BPS ada 432 ribu orang yang terdiri dari Pria 216 ribu orang dan perempuan 215 ribu orang.

(yum/yum)