Urutan Nama Planet di Tata Surya dan Penjelasannya, Pluto Sudah Dihapus!

Tim detikJabar - detikJabar
Selasa, 26 Jul 2022 11:04 WIB
objek terjauh di tata surya
Foto: NASA
Bandung -

Tata surya kita terdiri dari matahari dan delapan planet. Bumi, planet yang kita tinggali berotasi mengelilingi matahari bersama planet lainnya. Jika sebelumnya kita mengetahu ada sembilan planet, kini planet Pluto tak lagi dikategorikan sebagai planet.

Dilansir dari laman Internasional Astronomical Union, iau.org dijelaskan bahwa Pluto pertama kali ditemukan pada 1930. Pluto merupakan sebuah dunia yang dingin membekukan, berjarak milyaran kilometer dari bumi, dan tiga puluh kali lebih ringan daripada planet yang sebelumnya dikenal sebagai planet terkecil, Merkurius.

Pandangan tentang lanskap Tata Surya kemudian mulai berubah sejak 30 Agustus 1992 dengan ditemukannya sebuah objek yang digolongkan sebagai objek Trans-Neptunian (Trans-Neptunian Objects, TNOs) yang ukurannya .


Dengan semakin bertambahnya penemuan Trans-Neptunian Objects (TNOs), sepertinya tidak bisa dihindari bahwa kelak akan ditemukan satu objek yang menyaingi Pluto dalam hal ukuran.

Pengamatan lanjutan mengungkapkan bahwa objek tersebut berukuran lebih besar dari Pluto dan juga mempunyai sebuah satelit. Dengan ditemukannya sebuah objek di tempat yang lebih jauh dari Neptunus dengan ukuran dan massa yang lebih besar dari Pluto serta terus bertambahnya penemuan objek Trans-Neptunian, banyak astronom mulai bertanya-tanya: "Sebenarnya, apa itu planet?"

Hingga pada 24 Agustus 2006 disetujui definisi planet di Tata Surya sebagai berikut :

  • Sebuah objek luar angkasa yang :
  • Mengorbit mengelilingi matahari
  • Mempunyai massa yang cukup besar sehingga gravitasi dirinya mampu melawan gaya benda-tegar yang menyebabkan objek tersebut memliki bentuk yang menunjukkan kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat)
  • Telah "membersihkan" objek lain di daerah sekitar orbitnya.

Dari hasil resolusi IAU tersebut menjadikan Tata Surya secara resmi memiliki delapan buah planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Walaupun begitu, para ahli astronomi juga tetap mencari kemungkinan planet kesembilan setelah mengeluarkan Pluto. Hingga pada 2016 ditemukan sebuah planet yang kemudian disebut dengan Planet Nine atau Planet X dan disebut mempunyai masa 10 kali lebih besar dari bumi dan 5000 kali masa Pluto.

Berikut ini urutan planet di Tata Surya setelah dihapusnya Pluto

1. Merkurius

Merupakan planet terkecul di Tata Surya. Saat siang hari, suhu Merkurius menjadi sangat tinggi sebaliknya saat malam hari sangat dingin. Merkurius berotasi penuh terhadap Matahari dalam 88 hari.

Di bagian permukaan Merkurius ada banyak kawah besar yang diduga akibat tabrakan meteroit.

2. Venus

Ukuran Venus hampir seperti Bumi, meski begitu manusia tak bisa hidup di planet ini karena atmosfernnya yang penuh karbon dioksida yang tidak bisa digunakan untuk bernafas.

Venus diselimuti awan yang terbentuk dari asam belerang yang mematikan. Venus berotasi dengan arah putar berlawanan dengan planet lainnya. Rotasinya juga sangat lambat. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.

3. Bumi

Bumi adalah satu-satunya planet di Tata Surya yang dihuni makhluk hidup. Kehidupan bisa ada karena terdapat air yang cair di planet kita ini dimana dua pertiga permukaannya diselimuti air.

Matahari juga berada dalam jarak yang tepat sehingga memberikan kehangatan dalam takaran yang pas, sehingga manusia tidak hidup kepanasan atau kedinginan dalam cuaca yang sangat ekstrem.

Bumi juga diselimuti oleh gas yang disebut atmosfer yang memberi udara untuk bernafas dan melindungi kita dari tabrakan meteorit.

4. Mars

Mars disebut planet merah akibat debu yang melapisi permukaannya. Ukuran mars hampir seetengah dari planet Bumi. Kemungkinan di Mars pernah ada sungai karena di permukaannya banyak terlihat alur bekas sungai kering, jurang dalam dan dataran bekas pantai. Jika benar, mungkin pernah ada kehidupan di sana. Namun saat ini Mars hanya ada air beku di kutub utara dans elatan Mars atau di bawah tanah pada bagian lainnya.

Mars mengelilingi matahari dalam waktu 687 hari.

5. Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar di Tata Surya. Pada bagian permukaan keras berbatu seperti Bumi. Setrip-setrip merah, putih, coklat, dan kuning nya adalah awan tebal yang berada di bawah atmosfer Jupiter yang penuh badai.

Titik merah besar di permukaan Jupiter ukurannya 3 kali lebih besar dari Bumi. Sebenarnya titik itu adalah badai raksasa yang telah mengamuk selama 300 tahun. Jupiter mengitari matahari dalam waktu 11,9 tahun di Bumi.

6. Saturnus

Saturnus tidak lebih besar dari Jupiter, tapi ia masih tergolong raksasa. Planet ini dikelilingi cincin-cincin lebar dari bongkahan batu dan es. Saturnus adalah sebuah "raksasa gas" dimana atmosfer tebalnya mengandung hidrogen. Ia butuh 29,5 tahun bumi untuk mengelilingi matahari namun satu hari di Saturnus lebih singkat daripada di bumi karena rotasinya lebih cepat

7. Uranus

Uranus adalah planet terbesar ketiga dan sebagian besar berupa gas. Uranus tidak lazim karena poros putar nya miring. Perlu 84 tahun bumi untuk berotasi penuh. Sama seperti Saturnus,Uranus juga dikelilingi cincin-cincin tetapi tipis

8. Neptunus

Neptunus adalah raksasa gas terbesar keempat. Iya punya beberapa cincin gelap yang tipis karena sangat jauh dari matahari. Iya sangat dingin dan salah satu satelitnya yaitu Triton adalah objek paling dingin di tata surya.

Neptunus mengitari matahari dengan durasi 165 tahun.

Itu dia urutan planet di tata surya yang terkini tanpa adanya Pluto.

(tey/tya)