Butuh Rp 44 M, Ridwan Kamil Galang Dana Bangun Masjid Al Mumtadz

Sudirman Wamad - detikJabar
Sabtu, 23 Jul 2022 14:12 WIB
Desain Masjid Al Mumtadz, masjid yang disiapkan Ridwan Kamil sebagai tempat peristirahatan putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtad (Eril)
Foto: Desain Masjid Al Mumtadz, masjid yang disiapkan Ridwan Kamil sebagai tempat peristirahatan putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtad (Eril). (Foto: tangkapan layar video/Instaggram @ridwankamil)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menggalang dana untuk membangun Masjid Al Mumtadz. Masjid yang dibangun untuk mengenang anak sulungnya, almarhum Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Ridwan Kamil mengunggah informasi terkait penggalangan dana atau sumbangan untuk pembangunan Masjid Al Mumtadz itu melalui akun Instagram pribadinya, pada 20 Juli 2022. Ridwan Kamil menuliskan tujuannya untuk membangun masjid tersebut, yakni pusat pelatihan anak muda untuk menjadi ahli sedekah, dan dijadikan pesantren dan pendidikan Al Quran.

Ridwan Kamil juga membuka penggalangan dana di salah satu situs crowdfunding atau urun dana. Hingga hari ini, Sabtu (23/7/2022) siang, totalnya sudah terkumpul Rp 434.171.380. Jumlah tersebut dari 14.869 donatur. Urun dana ini memiliki waktu 59 hari lagi.


Dalam situs urun dana itu juga menjelaskan latar belakang pembangunan masjid dan kisah almarhum Eril. Melalui galang dana, masyarakat diharapkan bisa terlibat melalui sedekah.

Kebutuhan pembangunan Masjid Al Mumtadz sendiri mencapai Rp 44.480.000.000. Diharapkan pembangunan masjid ini terwujud. Dikatakannya lagi, sedekah juga wujud ikhtiar bersama melanjutkan perjuangan Eril yang terus memberi manfaat untuk sesama selama hidupnya.

Ridwan Kamil menjelaskan tujuannya membuka penggalangan dana. "Ya namanya masjid itu adalah infrastruktur umat. Jadi siapapun yang berniat menyumbang mudah-mudahan Allah permudah," kata Ridwan Kamil, Sabtu (23/7/2022).

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menjelaskan Masjid Al Mumtadz bakal menjadi pusat pembelajaran anak-anak muda yang ingin menjadi ahli sedekah. Ia berharap kisah hidup Eril bisa menjadi inspirasi bagi siapapun, khususnya anak muda.

"Supaya semua bisa terinspirasi hidupnya A Eril," ucap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

(sud/yum)