12 Tanaman Pengusir Nyamuk, Rekomendasi Buat Simpan di Rumah

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Kamis, 21 Jul 2022 08:45 WIB
fresh basil herb in flowerpot on window
Tanaman basil, salah satu tanaman pengusir nyamuk. (Foto: iStock)
Bandung -

Kehadiran tanaman di pekarangan bahkan teras rumah tidak hanya menambah estetik atau keindahan suatu rumah. Beberapa tanaman bahkan bisa mengusir nyamuk dengan kandungan di dalamnya.

Dilansir detikJabar dari laman UGM.ac.id, ada beberapa jenis tanaman tertentu yang memiliki kandungan anti-nyamuk alami. Kebanyakan tanaman dari Familia Rutaceae, Asteraceae, Myrtaceae, Apiaceae, dan Lamiaceae diketahui mampu mengusir nyamuk (Mossa, 2016). Beberapa tanaman tersebut ada yang sudah sangat populer dikenal sebagai anti-nyamuk sehingga sering ditanam di pekarangan rumah.

Tanaman ini biasanya memiliki bentuk dan aroma yang disukai manusia, namun tidak disukai nyamuk, contohnya lavender (Lavandula agustifolia), sereh wangi (Cymbopogon nardus), geranium (Pelagornium citrosa), jeruk purut (Citrus hystrix), dan zodia (Evodia suaveolens) (Melanie et al., 2012).Tanaman lainnya yang juga dikenal efektif sebagai anti-nyamuk adalah akar wangi (Vertiver zizanoides), selasih (Ocimum spp.), marigold (Tagetes patula), dan tembelekan (Lantana camara) (Shinta, 2012).


Selain itu, penelitian sebelumnya juga membuktikan bahwa tanaman jeruk sitrun RL (Citrus jambhiri) mampu menghalau nyamuk dari spesies Aedes aegypti (vektor penyakit DBD).

Dari detikEdu, berikut ini 12 daftar tanaman yang disebut efektif mengusir nyamuk :

1. Lavender

Seperti yang diketahui, nyamuk tidak suka dengan aroma yang wangi. Kamu bisa mengusir nyamuk dengan menebarkan wangi yang berasal dari minyak atsiri pada daun tanaman Lavender.

Tanaman ini sangat kuat dan tahan lama hanya saja dibutuhkan sinar matahari dan drainase yang baik. Selain itu, tanaman ini juga bisa bertahan di banyak iklim dan tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

Kamu bisa menempatkan tanaman lavender berjajar di sebuah pot kecil dan memajangnya di ruang belajar atau kamar.

2. Peppermint

Mint bukan hanya tanaman hias yang bisa mengusir nyamuk namun juga lalat bahkan semut. Semakin tajam aroma tanaman mint maka semakin ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman hias ini juga cocok diletakkan di dalam ruangan atau di kamar.

3. Rosemary

Tanaman hias pengusir nyamuk selanjutnya adalah Rosemary. Tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan ini memiliki aroma kayu sehingga membuat nyamuk terbang.

New York Botanical Garden merekomendasikan Rosemary sebagai pengusir nyamuk yang ampuh. Untuk perawatan, tanaman hias ini tak perlu perawatan yang sulit karena bisa tumbuh dengan baik di semua iklim.

4. Marigold

Tanaman hias satu ini memiliki warna yang mencolok dan sering dicari karena indah dan cantik. Tanaman ini bisa mengusir nyamuk karena bisa memancarkan aroma yang mencegah nyamuk ada di sekitarnya.

Menurut New York Botanical Garden (NYBG), tanaman Marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk tapi juga bisa mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang meksiko dan lainnya.

5. Geranium

Aroma geranium menjadi tanaman pengusir nyamuk yang populer. Tanaman hias ini bisa mengeluarkan aroma lemon yang dikeluarkannya seperti sereh dan membuat nyamuk tidak suka.

Tidak sulit untuk merawatnya karena tanaman ini tumbuh dengan cepat di iklim yang hangat, cerah dan kering tetapi bisa juga di iklim dingin.

6. Sage

Tanaman hias lainnya yang dapat mengusir nyamuk adalah sage. Cara menggunakannya adalah bisa dikeringkan kemudian digunakan untuk membuat semprotan serangga.

7. Catnip

Tanaman hias pengusir nyamuk ini mudah ditemukan karena banyak tumbuh di mana saja dan tergolong sebagai tanaman komersial dan gulma.

Sebuah penelitian di Iowa State University menyatakan bahwa tanaman ini sepuluh kali lebih efektif daripada DEET, bahan kimia yang digunakan pada sebagian besar obat pengusir serangga.

8. Lemon Balm

Lemon Balm tak hanya tanaman hias pengusir nyamuk tapi juga tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Lemon Balm memiliki bunga putih dan aroma lemon yang lembut serta beberapa manfaat untuk menyembuhkan.


9. Basil atau Kemangi

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa kemangi yang memiliki aroma kuat ternyata ampuh untuk mengusir serangga seperti nyamuk, lho. Aroma yang menyengat tersebut bisa membuat hama tidak tahan.

Untuk merawatnya, kamu harus menjaga kelembapannya, memperhatikan drainase yang baik, serta menyiapkan tempat dengan banyak sinar matahari.

10. Allium

Tanaman hias allium termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang tidak disukai nyamuk, seperti halnya bawang putih dan bawang bombai karena mengeluarkan aroma kuat.

Bunga allium memiliki bentuk unik dengan bola warna putih dan tampak mengambang di atas batang yang panjang dan ramping.

11. Ageratum

Ageratum atau Floss flower merupakan tanaman hias yang memiliki bunga cantik keunguan dengan serat putih yang mengelilinginya. Selain cantik, tanaman ini bisa mengusir nyamuk karena mengandung senyawa kumarin, yaitu bahan kimia alami pengusir nyamuk yang beracun.

Bagi kamu yang ingin menempatkan tanaman hias di dalam ruangan, pastikan tanaman ini jauh dari hewan peliharaan, ya.

12. Lemongrass atau Sereh

Tanaman yang kental dengan bumbu masakan ini dikenal karena baunya yang berbeda. Diketahui sereh adalah bahan alami yang paling umum digunakan untuk mengusir nyamuk karena pemeliharaannya mudah.



Simak Video "Menengok Kontes Tanaman Hias di Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(sya/tey)